6 Jenis Bangunan Modern yang akan Segera Lenyap diTelan Zaman

Posted by purnosidi
on 09/07/2018
Bangunan modern yang akan segera lenyap

Kami akan berbagi artikel pengetahuan perkembangan arsitektur modern, inilah 6 bangunan modern yang akan segera lenyap. Suatu bangunan pada umumnya dibangun berdasarkan kadar kebutuhan, apa yang sedang tren pada saat itu dan seberapa besar minat masyarakat terhadap bangunan yang bersangkutan. Bangunan memiliki kaitan yang sangat erat dengan arsitektur. Jika ingin membuat suatu bangunan sudah pasti terlebih dahulu harus didesain dengan arsitektur yang sesuai.

Setiap bangunan akan didesain sesuai dengan arsitektur yang sesuai dengan jamannya. Seiring dengan semakin cepatnya jaman berubah, arsitektur suatu bangunan juga akan mengalami perubahan. Bangunan yang sudah ketinggalan jaman arsitekturnya akan segera hilang, digantikan dengan bangunan lainnya lagi yang disesuaikan dengan kondisi jaman.

Keterkaitan Antara Arsitektur Suatu Bangunan Dengan Zaman

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pada setiap jaman selalu ada banyak bangunan yang didirikan. Bangunan-bangunan yang berdiri tersebut biasanya dibangun dengan desain arsitektur yang indah dan disesuaikan dengan jaman yang ada pada saat itu.

Meskipun suatu bangunan dibangun sudah berdasarkan dengan arsitektur yang sedemikian indah namun pada saatnya jika memang waktu menentukan demikian bangunan tersebut akhirnya akan musnah juga, lebih tepatnya dihilangkan, lenyap, tidak bersisa lagi sedikit pun.

Kalaupun ada yang masih tersisa, hanyalah kenangan historisnya, yang berkaitan langsung dengan emosi. Emosi yang dirasakan pada saat bangunan yang bersangkutan masih berdiri, di waktu memasuki bangunan tersebut.

6 Bangunan modern yang akan segera lenyap tergerus zaman

Inilah 6 jenis bangunan modern yang akan segera lenyap ditelan perubahan zaman dalam beberapa tahun ke depan:

1. Toko atau kios yang berlokasi di sudut jalan

Bangunan modern yang akan segera lenyap

Toko kelontong yang bertempat di ujung sebuah jalan ini biasanya menyimpan berjuta kenangan yang sulit untuk dilupakan. Bagaimana mengumpulkan uang sedikit demi sedikit demi mendapatkan barang yang diinginkan, entah itu berupa makanan kesukaan atau buku favorit. Namun sering dengan kemajuan jaman di mana saat ini banyak bermunculan toko wara laba, toko-toko kelontong yang ada di sudut jalan itu pun mulai tergerus jaman. Satu per satu lenyap.

2. Gardu telepon umum

Bangunan modern yang akan segera lenyap

Dulu mungkin gardu telepon umum ini memiliki banyak sekali kegunaan. Mereka yang tidak mempunyai telepon di rumahnya bisa memakai sarana ini. Namun karena semakin majunya jaman di mana sekarang banyak sekali telepon seluler muncul dengan beraneka macam merk dan model membuat gardu telepon ini lenyap, tak bersisa satu pun.

3. Toko penyewaan video

Bangunan modern yang akan segera lenyap

Pada jaman video masih menjadi tontonan favorit, toko yang menyewakan video banyak sekali diburu oleh masyarakat untuk menonton segala sesuatu yang menjadi kegemarannya, apakah itu film, music, tarian dan lain sebagainya. Namun di era sekarang di mana segala sesuatunya sudah terhubung dengan internet maka toko-toko persewaan video tersebut mulai lenyap. Karena masyarakat lebih memilih menontonnya lewat streaming atau lewat you tube.

4. Pompa bensin

Bangunan modern yang akan segera lenyap

Pompa bensin pada saat yang akan datang juga akan musnah, tergerus oleh jaman yang semakin maju karena penggunaan bahan bakar yang semakin turun dan semakin mahalnya biaya lahan.

5. Kios surat kabar

Bangunan modern yang akan segera lenyap Bangunan modern yang akan segera lenyap

Kelima dari 6 bangunan modern yang akan segera lenyap adalah kios / lapak majalah dan koran. Seiring dengan perkembangan jaman, kios surat kabar akan lenyap karena masyarakat lebih memilih mencari informasi terkini lewat internet.

6. Photo booth / tempat untuk berswafoto

Bangunan modern yang akan segera lenyap Bangunan modern yang akan segera lenyap

Terakhir dari bangunan modern yang akan segera lenyap adalah photobooth. Tempat untuk berswafoto yang akrab disebut dengan nama photo booth memang sudah lama ada. Namun kini karena masyarakat bisa melakukan foto sendiri atau berselfi dengan menggunakan telepon genggamnya, photo booth menjadi terlupakan. Karena terlupakan dengan sendirinya banyak yang lenyap. Ada yang masih berdiri tapi tidak banyak.

Sumber tulisan: https://www.archdaily.com/896553/6-modern-building-types-that-will-soon-disappear-forever

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id