5 Bangunan Unik dengan Rangka Baja Termewah Di Dunia

Posted by purnosidi
on 27/01/2018

Kerangka baja memang diketahui menjadi struktur konstruksi banyak bangunan megah di dunia. Dan dari banyak bangunan megah berkonstruksi baja, inilah dia 5 bangunan unik dengan rangka baja termewah di dunia.

Besi baja dikenal sebagai salah satu bahan bangunan yang kuat dan tentunya sangat fenomenal, karena selain kuat ia juga dapat menjadikan bangunan tampil kokoh dengan kesan mewah. Tidak hanya itu saja, bahan bangunan ini juga dikenal sebagai salah satu jenis bahan bangunan yang sangat mudah untuk dibentuk sedangkan untuk ketahanannya itu sendiri tidak perlu anda ragukan kembali.

5 Bangunan unik dengan rangka baja termewah

Merujuk pada hal tersebut tidak heran jika besi baja pun mulai banyak digunakan dalam pembuatan bangunan dan bahkan diminati oleh banyak orang. Lebih dari itu beberapa bangunan termegah yang ada di dunia pun bahkan menggunakan bangunan dengan struktur baja, seperti halnya beberapa bangunan di bagian bawah ini :

1. Empire State Building

Bangunan Unik dengan Rangka Baja

Salah satu bentuk bangunan yang juga dijadikan sebagai simbol kemegahan dan dibangun dengan menggunakan rangka baja adalah bangunan dari Empire State Building. Bangunan unik dengan rangka baja pencakar langit yang satu ini dibangun dengan menggunakan teknologi canggih, hal ini disertai dengan bantuan dari rangka baja yang tentunya memiliki kekuatan tinggi. Karena itulah tidak heran jika bangunan ini masih berdiri kokoh hingga saat ini meskipun dia berada dalam ukuran besar dan tinggi yang tentunya cukup berisiko. Namun karena rangka yang digunakannya adalah rangka baja, maka tidak perlu heran jika bangunan ini mampu bertahan hingga saat ini dan bahkan nampak masih sangat kokoh.

2. Eiffel Tower

Bangunan Unik dengan Rangka Baja

Eiffel adalah salah satu menara yang cukup populer dan bahkan hampir terkenal di seluruh dunia. Selain dikenal sebagai bangunan yang ada di kota Paris, Perancis, menara bangunan unik dengan rangka baja ini juga dikenal sebagai salah satu menara-menara tertinggi yang ada di dunia. Ketinggian dari menara ini bahkan mencapai angka lebih dari 30 ribu meter meskipun ia pada dasarnya hanya dibangun dengan menggunakan rangka besi baja namun ia nampak berdiri dengan kokoh dan tidak mudah goyah. Hal ini dikarenakan struktur besi yang dimilikinya bukanlah besi sembarangan, melainkan besi baja yang tentunya dikenal dengan kekuatan tinggi. Menara ini dibangun oleh salah satu arsitek Paris yang bernama Gustave Eiffel, karena itulah menara ini pun diberi nama Eiffel. Dengan kemegahan yang dimilikinya, tidak heran jika banyak masyarakat yang merasa kagum dengan keindahan menara Eiffel ketika melihatnya. Bangunan yang satu ini selesai dibangun pada tahun 1889 dan tentunya telah lebih dari seratus 100 tahun lalu, namun bangunan ini masih berdiri dengan kokoh tanpa adanya kerusakan. Hal ini juga tidak lepas dari bobotnya yang luar biasa, yaitu mencapai hitungan 7300 ton, sehingga ia pun masih berdiri kokoh di kota Paris tersebut.

3. Beijing National Stadium

Bangunan Unik dengan Rangka Baja

Bukan hanya bangunan yang tinggi saja tentunya yang dapat dibuat dengan rangka baja, karena di negara Cina juga terdapat bangunan besar yang juga dibuat dengan rangka baja. Bangunan ini dikenal dengan sebutan Beijing National Stadium, yaitu sebuah bangunan stadium dengan lubang di bagian tengahnya dan menjadi salah satu stadium paling besar di kawasan negara Cina. Bangunan ini dinyatakan mampu menampung hingga 90 lebih ribu orang ke bagian dalamnya. Bangunan ini juga  memiliki kesan mewah bukan karena tampilannya yang cukup besar, tetapi penampilannya yang sangat unik dan menarik, apalagi bangunan ini dibuat dengan struktur baja, sehingga membuat mata yang memandang akan terpesona dengan mudahnya. Dikenal sebagai bangunan termegah, stadium ini juga dikenal sebagai bangunan dengan angka terberat yang dapat anda temukan di negara Cina. Pasalnya bangunan ini juga terdiri dari 7 lantai  dengan bahan baja, sehingga tidak heran jika bangunan ini memiliki ukuran yang berat namun juga tetap kokoh karena menggunakan struktur baja tersebut.

4. Sydney Harbour Bridge

Bangunan Unik dengan Rangka Baja

Selain beberapa bangunan di atas tadi ada pula Sydney Harbour Bridge yang juga dikenal sebagai bangunan dengan rangka baja yang dimilikinya. Pada bangunan ini terdapat banyak struktur baja yang digunakan, khususnya dalam pembangunan jembatan. Bahkan dinyatakan sekitar 53 ribu ton dari bahan-baja tersebut telah digunakan dalam pembuatan jembatan dan tentunya dapat diselesaikan dalam jangka waktu 6 tahun masa pembangunan. Bangunan dari jembatan ini cukup banyak dikunjungi karena memiliki tampilan unik dan menarik, bahkan banyak pula diantaranya para wisatawan yang mengabadikan momen bahagia di tempat ini dengan rangka baja yang dimilikinya.

5. Burj Khalifa

Bangunan Unik dengan Rangka Baja

Selain beberapa kota di bagian atas tadi, salah satu kota dari timur tengah pun  juga memiliki bentuk bangunan unik dengan rangka baja yang dimilikinya, bangunan ini dikenal sebagai salah satu menara pencakar langit dan bahkan dinyatakan sebagai gedung paling tinggi serta megah yang dapat anda temukan di dunia untuk saat ini. Karena ketinggian yang dimilikinya, mereka yang tinggal di bagian dalam dari bangunan ini pun bahkan memiliki waktu berbuka puasa yang berbeda. Hal ini tidak lepas dari pengaruh penyinaran yang ditunjukkan oleh sinar matahari. Meskipun dikenal sebagai bangunan paling tinggi, namun bangunan itu sendiri tetap berdiri kokoh hingga saat ini. Hal ini tidak lepas dari penggunaan teknologi serta penggunaan struktur besi baja yang dimilikinya. Karena itulah anda tidak perlu heran jika bangunan dengan struktur baja ini masih saja kuat untuk menopang beban bangunan yang terdapat di bagian dalamnya.

Demikianlah 5 bangunan unik dengan rangka baja termewah di dunia. Nikifour adalah kontraktor di Karawang dengan area kerja mencakup Galuh Mas KIIC Suryacipta hingga beberapa kawasan industri di Cikarang Bekasi. Kami, Nikifour telah berpengalaman membangun baru dan renovasi banyak gedung perkantoran, pabrik dan juga residen.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id