5 Bangunan Baja Unik Paling Terkenal di Seluruh Dunia

Posted by purnosidi
on 21/03/2018
Bangunan Baja Unik Paling Terkenal di Seluruh Dunia

Baja merupakan salah satu material yang disukai para arsitek dalam mendirikan bangunan hasil kreasinya. Sampai abad ke 19 penggunaan baja pada pembuatan bangunan sangat terbatas karena produksinya yang sangat mahal. Baja hanya digunakan untuk produksi alat-alat kecil saja. Tapi setelah proses Bessemer ditemukan dan baja bisa diproduksi massal dengan biaya jauh lebih murah, baja menjadi salah satu material yang paling sering digunakan selain besi untuk konstruksi bangunan terutama bangunan bertingkat. Kami akan membahas satu persatu mana saja bangunan pencakar langit dunia sebagai bangunan baja unik dan terkenal.

5 Bangunan Baja Unik dan Tinggi di Dunia

Struktur bangunan baja terbukti kuat terhadap segala bentuk ancaman seperti kebakaran, gempa bumi, dan badai. Itulah salah satu alasan mengapa baja banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Bangunan baja di abad modern sangat banyak namun hanya beberapa saja yang dikenal orang. Berikut ini 5 contoh bangunan baja unik dan paling terkenal di dunia yang perlu Anda ketahui.

1. Menara Eiffel di Paris, Perancis

Siapa yang tidak kenal Menara Eiffel? Hampir semua orang pasti bisa menjawab dimana Menara Eiffel berada. Menara Eiffel adalah menara kebanggaan masyarakat Paris di Perancis dan menjadi ikon dari kota Paris. Menara Eiffel didesain oleh Gustave Eiffel dan dibangun dari tahun 1887 hingga 1889 dengan tujuan sebagai pintu masuk dari World Fair yang diadakan pada tahun 1889. Kala itu rancangan Menara Eiffel mendapat banyak kritik dan protes dari para arsitek dan pakar seni setempat karena dianggap kurang artistik dan tidak ada manfaatnya. Selain itu tinggi menara dikhawatirkan akan menutupi kemegahan bangunan-bangunan seni bersejarah yang berada di sekitarnya. Namun setelah Menara Eiffel berdiri para pakar yang protes ini pada akhirnya mengakui kemegahan Menara Eiffel.

Pada awalnya perusahaan yang mendirikan Menara Eiffel tidak berniat menjadikannya sebagai bangunan permanen namun pada tahun 1909, Menara Eiffel ini diputuskan menjadi permanen setelah berfungsi sebagai menara radio. Melihat Menara Eiffel bisa bertahan hingga saat ini, lebih dari 100 tahun kemudian membuktikan bahwa struktur bangunan baja tahan terhadap cuaca dan gempa bumi. Menara Eiffel sempat menyandang titel sebagai bangunan tertinggi di dunia selama hampir 42 tahun. Tidak heran jika Menara Eiffel menjadi salah satu bangunan baja yang paling terkenal di seluruh dunia.

2. Empire State Building di New York, Amerika Serikat

Gedung ini memiliki berat sebesar 365 ribu ton dan 57 ribu tonnya merupakan berat total struktur baja yang digunakan. Empire State Building dibangun pada tahun 1931 dan menjadi bangunan tertinggi di dunia selama 40 tahun sejak didirikannya. Empire State Building menjadi pencerahan di dunia arsitektur bahwa baja bisa dibentuk dan disesuaikan ke berbagai bentuk sehingga bangunan baja tidak harus kaku bentuknya. Bangunan baja bisa artistik, anggun sekaligus megah jika memang itu yang diinginkan. Bangunan 103 lantai ini sampai sekarang menjadi bangunan baja ikonik dunia dan menjadi panutan di dunia arsitektur.

3. Steel House by Robert Bruno di Lubbock, Texas, Amerika Serikat

Jika Anda pernah melihat Steel House ciptaan Robert Bruno, Anda pasti akan segera mengakui bahwa bangunan baja ini merupakan bangunan baja unik yang pernah diciptakan. Yang paling membuat bangunan ini menjadi sumber kekaguman adalah Robert Bruno sang pencipta bukanlah seorang arsitek melainkan seniman pahat baja. Robert Bruno menciptakan Steel House karena ia ingin merasakan bagaimana tinggal di dalam hasil karya pahatannya.

Robert Bruno menciptakan Steel House dari 110 ton kepingan-kepingan baja yang dilebur jadi satu lalu dengan hati-hati dibentuknya menjadi bentuk kurva. Itulah mengapa penciptaan bangunan ini memakan banyak waktu. Robert Bruno membutuhkan waktu selama 23 tahun untuk membangun Steel House, tapi sayangnya Robert Bruno meninggal dunia sebelum bisa menyelesaikannya. Metode yang dilakukan Robert Bruno dalam membangun Steel House membuatnya menjadi salah satu bangunan baja terunik di dunia.

4. Shun Hing Square Tower di Shenzen, Cina

Shun Hing Square Tower bisa dibilang merupakan bangunan baja terbesar di dunia. Bangunan ini bisa menampung ribuan kantor, toko retail hingga apartemen di dalamnya. Hebatnya lagi pembuatan bangunan ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Saat proses pembuatan, 2-3 lantai bisa dibangun hanya dalam waktu satu minggu. Hal ini membuktikan bahwa tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa mengkonstruksi bangunan baja. Bentuknya yang seperti mangkuk bersusun merupakan salah satu bangunan baja terunik di dunia.

5. Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab

Saat ini Burj Khalifa merupakan bangunan baja tertinggi di dunia. Bangunan yang dibangun dari tahun 2004 hingga 2009 ini memiliki bentuk seperti huruf Y terbalik. Lantai-lantai dasarnya membentuk sayap yang mengapit serta menopang pusat bangunan yang menjulang tinggi ke angkasa. Bagian tengah gedung yang menjadi pusat bangunan dibuat seperti tabung untuk mengkompensasi ketinggian bangunan serta untuk mengurangi hawa panas akibat iklim Dubai yang panas. Burj Khalifa memiliki 163 lantai dengan tinggi 829.8 meter. Saat ini belum ada bangunan lain yang bisa menyamai rekor ketinggian Burj Khalifa. Tinggi bangunan merupakan daya tarik sekaligus poin utama mengapa Burj Khalifa menjadi salah satu bangunan baja terunik di dunia.

Demikianlah 5 bangunan baja unik yang paling terkenal di seluruh dunia. Semoga menambah referensi pengetahuan Anda seputar informasi konstruksi gedung pencakar langit dunia. Bagi Anda yang mencari info kontraktor baja di Karawang, kami siap bekerja sama dalam proyek bangun baru dan maintenance.

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id