Antara Baja dan Beton Mana yang Lebih Unggul?

Posted by purnosidi
on 19/03/2015
Antara Baja dan Beton Mana yang Lebih Unggul

Kami akan mengajak Anda untuk mencari tahu; antara baja dan beton mana yang lebih unggul? Baja dan beton merupakan jenis material yang banyak digunakan untuk bangunan. Perusahaan-perusahaan besar juga menggunakan kedua bahan yang kuat ini untuk proyek bangunannya.

Antara Baja dan Beton Mana yang Lebih Unggul?

Tetapi, pertanyaan pentingnya adalah antara baja dan beton mana yang lebih unggul? Untuk mengetahui jawabannya, berikut perbandingan antara baja dan beton itu sendiri.

1. Kekuatan

Bila baja dan beton dibandingkan dari sisi kekuatan, maka bajalah yang menjadi pemenangnya. Hal ini didapat dari melihat kekuatan terhadap daya tekan yang didapat kedua material ini. Untuk beton, kekuatan maksimal dalam hal ini adalah sekitar 100 Mpa. Sedangkan material baja jauh lebih unggul. Dapat kita ambil contoh untuk baja jenis BJ37, dengan fy sekitar 240 Mpa dan fu sekitar 370 Mpa. Melihat dari data ini saja, dapat dikatakan baja ini 3 kali lebih kuat dari beton.

2. Fleksibilitas

Mungkin Anda berpikir bila beton mudah dibentuk daripada baja. Memang, hal tersebut benar adanya. Akan tetapi, kemudahan pembentukan ini juga dipengaruhi oleh struktur bentuk yang diinginkan dalam bangunan. Bila desain struktur yang digunakan cukup rumit, beton juga membutuhkan bekisting yang rumit pula, dan hal ini tidak mudah untuk dilakukan.

3. Harga

Beton memang mempunyai harga lebih murah daripada baja. Tetapi hal ini hanya berlaku pada segi pengadaan bahan. Sedangkan, biaya yang dibutuhkan untuk membangun dengan menggunakan beton jauh lebih mahal daripada baja. Dibutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dan hal ini tentunya akan memakan banyak biaya. Hal ini terjadi khususnya bila jenis bangunan dan desain strukturnya cukup rumit. Baja, di lain sisi, memiliki kemudahan dalam penggunaan, artinya waktu yang dibutuhkan untuk membangun akan lebih cepat. Hal ini akan menghemat lebih banyak biaya daripada beton. Anda dapat melihat buktinya pada banyak bangunan, misalnya gedung maupun jembatan. Banyak perusahaan konstruksi, yang lebih memilih menggunakan baja. Jadi, bila ditotal, harga baja jauh lebih murah dari beton.

4. Berat Bahan

Berbicara mengenai berat kedua bahan ini, Anda dapat mengingat saat Anda belajar dahulu. Anda pasti pernah mendapatkan pertanyaan, antara 1 kg kapas dan 1 kg besi, manakah yang lebih berat? Sejatinya kedua benda tersebut mempunyai berat yang sama, yaitu 1 kg. Hanya saja, volume kapas jauh lebih banyak daripada besi. Hal ini dikarenakan berat jenis kapas jauh lebih kecil dari besi. Dan, bila melihat dari sisi berat jenis, maka berat jenis beton yang hanya 2.400 kg/m3 dan baja yaitu 7.850 kg/m3, tentu membuat baja terkesan lebih berat dari beton. Jadi, untuk masalah berat, kita menggunakan definisi yang mana?

Tanggapan atas artikel diatas:

Memang, bila dilihat dari kekuatan mekanis, maka baja lebih unggul daripada beton. Akan tetapi, bukan berarti beton lebih lemah dari sisi kekuatan daripada baja. Informasi diatas memang sedikit membingungkan mengenai hal ini. Selain itu, struktur yang rumit juga tentunya akan membuat setiap bahan akan sulit digunakan. Sedangkan untuk soal harga, yang dibutuhkan disini adalah harga bahan baku. Jadi, penggunaan analogi dengan biaya pelaksanaan dan lainnya, tidak berkaitan sama sekali.

Jadi, pertanyaan pentingnya, untuk penulis artikel ini:

Saat membandingkan sisi kekuatan, mengapa penulis tidak mencantumkan nilai maupun faktor pembanding? Selain itu, mengapa jenis kekuatan yang dibandingkan juga tidak dicantumkan? Apakah perbandingan ini menggunakan kekuatan mekanis, daya tahan terhadap krosifitas atau lainnya? Jikalau penulis menggunakan kekuatan mekanis sebagai pembanding, maka apa yang digunakan? Apakah yield strength atau tensile strength?

Yang cukup mengecewakan adalah tidak adanya nilai tetap sebagai pembanding, jadi terkesan sebagai artikel opini tanpa dasar saja. Jadi, seperti membandingkan temperatur tinggi, tetapi tidak ada data mengenai suhu dalam Celcius atau Kelvin didalamnya.

Antara Baja dan Beton Mana yang Lebih Unggul Terjawab sudah. Sedangkan, kita semua disini membahas mengenai ilmu sipil atau engineering. Dan, dalam engineering, bidang yang digeluti PT Nikifour karawang (https://nikifour.co.id) kontraktor sipil terbaik berpengalaman, data yang memiliki kuantitas sangat dibutuhkan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id