Jenis-Jenis Baja dan Penggunaannya untuk Konstruksi Rumah

Posted by purnosidi
on 28/12/2017

Ini dia info terlengkap tentang jenis-jenis baja dan penggunaannya untuk konstruksi rumah. Apa sajakah jenis-jenis baja dan penggunaannya? Baja merupakan salah satu logam yang paling banyak digunakan dalam dunia konstruksi, bukan hanya konstruksi bangunan megah saja, melainkan juga digunakan dalam konstruksi bangunan rumah. Mungkin beberapa orang masih bingung membedakan mana yang besi dan mana yang baja. Secara komposisi, besi dan baja ini memang berbeda, meskipun besi dan baja memiliki kandungan unsur utama yang sama yakni Fe, namun kadar karbon lah yang membedakan besi dan baja.

Kandungan karbon inilah yang berfungsi untuk membedakan tingkatan antara baja yang satu dengan jenis baja yang lainnya. Tujuan terpenting mencampurkan kandungan karbon ini adalah untuk menguatkan dan mengeraskan baja tersebut sehingga cocok digunakan dalam konstruksi bangunan. Selain kandungan karbon, baja juga memiliki komposisi zat lain, misalnya mangan, krom, vanadium, serta campuran lainnya. Awtnya bahan dari baja ini juga disebabkan karena sifatnya yang sangat keras sehingga cocok untuk konstruksi jenis apapun. Begitupun dengan konstruksi rumah.

Bagi anda yang berkeinginan untuk membangun rumah dengan menggunakan bahan yang kuat serta berkualitas, anda bisa mencoba menggunakan konstruksi berbahan baja. Dalam hal ini akan dijelaskan terkait jenis-jenis baja yang sering digunakan dalam sebuah konstruksi.

Jenis-jenis Baja dan Penggunaannya

Baja Wide Flange (IWF)

Baja jenis ini merupakan jenis baja yang paling sering digunakan dalam dunia konstruksi. Baja wide flange ini biasanya digunakan untuk konstruksi kolom jembatan, tiang pancang, bottom chord member, kanopi, dan berbagai konstruksi bangunan lainnya.

Baja Kanal U (UNP)

Hampir sama dengan jebis baja wide flange, baja kanal U ini juga biasa digunakan dalam konstruksi kolom jembatan. Meskipun sangat jarang digunakan karena lebih mudah mengalami lekukan.

Baja CNP (Lipped Channel)

Jenis baja CNP ini paling sering digunakan dalam konstruksi yang lebih rumit, antara lain untuk balok dudukan penutup, girts atau elemen yang digunakan untuk pegangan penutup dinding, dan konstruksi lainnya. Baja CNP ini juga biasa disebut dengan kanal C, balok purlin, profil C.

Baja H-Beam

Baja H-Beam biasa digunakan dalam konstruksi kolom jembatan, tiang pancang, kanopi, dan berbagai jenis konstruksi lainnya. Nama dari baja H-Beam ini adalah baja IWF, WF, UB.

Baja Siku

Jenis baja ini memiliki 2 macam, yakni baja siku biasa dan siku berlubang. Ukuran yang dimiliki pun  antara 50 mm sampai 250 mm. tipe baja jenis ini pun juga bermacam-macam, yakni tipe equal angel dan unequal angel sedangkan jenis baja siku lubang biasanya digunakan untuk sandaran buku dan rak lemari.

Steel Pipe

Jenis baja yang satu ini biasa digunakan untuk konstruksi bracing, baik secara horizontal maupun secara vertical. Biasanya juga digunakan dalam pembuatan rangka atap, kolom arsitektur, serta support komponen arsitektur lainnya karena memang baja steel pipe ini memiliki nilai artistic yang bagus karena memilii bentuk silinder. Nama lain dari baja steel pipe ini adalah steel tube dan pipa.

Baja T-Beam (Hot Rolled)

Jenis baja T-Beam ini memang dikhususkan untuk sebuah konstruksi yang membutuhkan kekuatan bahan bangunan. Baja T-Beam ini memiliki sebuah struktur berupa load-bearing-logam yang berbentuk seperti huruf  T. Bentuk T ini berfungsi untuk melawan adanya tegangan tekan, sedangkan bagian baja yang berbentuk balok pada bagian flens berfungsi untuk melawan tegangan tarik. Baja T-Beam ini biasanya digunakan untuk pembuatan rangka kanopi dan balok lantai. Sebutan lain untuk Baja T-Beam ini adalah balok T.

Keuntungan Menggunakan Material Baja Sebagai Konstruksi Rumah

Jenis-jenis baja dan penggunaannya yang sudah disebutkan di atas memang biasa digunakan dalam konstruksi bangunan, termasuk bangunan rumah. Jenis-jenis baja dan penggunaan konstruksi baja dalam bangunan rumah memang memiliki banyak keuntungan karena cepat, bisa digunakan dalam skala besar, serta harganya lebih murah jia dibandingkan dengan material beton, namun dalam pengerjaannya, material baja membutuhkan keakuratan yang cukup tinggi.

Material baja dibuat oleh pabrik, sehingga kualitas mutunya memang sudah bagus. Selain itu, baja juga relatif lebih ringan dibandingkan dengan beton sehingga pengerjaannya lebih mudah. Selain pengerjaan yang lebih mudah, juga dapat berfungsi untuk mengurangi berat dan keseluruhan bangunan sehingga lebih meminimalkan kerusakan saat terjadi runtuhan (biasanya disebabkan oleh gempa atau getaran lainnya).

Baja Bisa Menjadi Solusi Hemat Untuk Membangun Rumah Impian Anda

Konstruksi baja yang digunakan untuk membangun rumah memang memiliki banyak keuntungan. Keuntungan yang pertama yakni cepat. Penggunaan baja dalam konstruksi rumah lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan beton cor yang lebih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengeringannya. Keuntungan yang kedua yakni lebih menghemat biaya. Penggunaan konstruksi baja untuk membangun rumah tidak diperlukan papan dari tripleks untuk membangun tiang seperti yang dilakukan pada beton cor.

Sudah mengetahui tentang Jenis-jenis baja dan penggunaannya? Untuk mengetahui lebih lanjut, anda bisa menanyakan hal ini dengan tukang bangunan langganan anda. Demikian informasi terkait dengan jenis-jenis baja dan penggunaannya untuk konstruksi rumah. Semoga bermanfaat untuk anda yang merencanakan untuk memperkuat bangunan rumah anda.

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id