10 Gedung Berkonstruksi Rangka Baja Tertinggi di Dunia

Posted by purnosidi
on 07/11/2017

Inilah 10 gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia yang ingin kami bagikan sebagai informasi seputar rangka baja dan peranannya dalam konstruksi. Nikifour adalah perusahaan kontraktor yangmenerima pengerjaan konstruksi dan pemeliharaan bangunan gedung, baik kantor, pabrik, gudang, maupun tempat tinggal.

Baja pernah menjadi satu-satunya elemen untuk membuat struktur gedung tinggi. Karena sifatnya yang berat makak ketinggian gedung saat itu tidak bisa lagi dibuat lebih tinggi. Struktur baja mencapai batas puncak penggunaannya di saat itu. Hingga tahun 1960 ketika seorang insinyur muda menawarkan sebuah sistem dengan desain yang sama sekali baru agar gedung bisa dibangun lebih tinggi lagi dengan tetap menggunakan struktur baja.

Dia adalah Fazlur Khan yang kemudian hari dikenal sebagai bapak desain pencakar langit modern. Sistem desainnya adalah sistem struktural tabung yang diperkenalkan pertama kali saat ia bekerja di kantor perusahaan di Skidmore Owings dan Merill’s Chicago. Dengan cepat sistem temuannya itu kemudian diaplikasikan di banyak proyek konstruksi gedung-gedung pencakar langit. Lalu sebagian besar gedung-gedung tinggi di Amerika Serikat memliki rata-rata tinggi lebih dari 40 lantai sejak saat itu. Dan kini desain sistem tabung Fazlur Khan dijadikan pedoman utama dalam konstruksi gedung tinggi.

Pada desain sistem tabung Fazlur Khan ada tiga variasi yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan strurktural gedung yang berbeda-beda. Tabung ber-rangka (framed Tube) adalah yang paling mudah untuk diterapkan pada gedung-gedung berbentuk kotak, bulat, persegi dan bentuk-bentuk bebas.

Sedangkan desain Trussed Tube (tabung pengikat) atau Braced Tube (tabung pendukung) lebih jarang digunakan dan lebih banyak digunakan pada kolom-kolom ekxterior dengan ruang lebih yang memerlukan pengikatan satu dengan lainnya dengan menggunakan penguatan luar.

Adapun untuk sistem desain Bundled Tube digunakan pada struktur beberapa bangunan yang disatukan guna meningkatkan kekuatan rusuk.

Sistem Tubular yang diciptakan oleh Fazlur Khan ini selain indah juga luar biasa karena gedung bisa dikonstruksi menggunakan baja atau beton, atau menggunakan gabungan keduanya guna mendapatkan ketinggian yang direncanakan Burj Khalifa yang ternyata dibangun oleh Skidmore Owings and Merill, kantor tempat kerja Fazlur Khan, menggunakan desain Bundled Tube dan menggunakan gabungan baja dan beton untuk menghasilkan ketinggian 828 meter yang tercatat rekor. Jika dikalkulasi, desain Burj Khalifa menggunakan setengah dari jumlah baja yang digunakan untuk mengkonstruksi Empire State Building! Sistem tubular ciptakan Fazlur benar-benar hebat.

Daftar 10 gedung rangka baja tertinggi di dunia berikut ini dibuat oleh Council of Tall Buildings and Urban Habitat (semacam institusi pengatur bangunan tinggi dan masyarakat perkotaan). Pada tulisan ini tidak dihitung proyek yang sedang berlangsung pada gedung-gedung tersebut, juga tidak dihitung gedung-gedung tinggi baru yang masih dalam rencana, juga tidak masuk dalam hitungan artikel ini aneka tiang pemancar telekomunikasi yang tertancap di gedung tersebut.

Gedung Berkonstruksi Rangka Baja Tertinggi di Dunia

Kami juga menggunakan istilah dari Council tersebut untuk mendefinisikan gedung-gedung baja dimana konstruksi vertical utama dan elemn-elemen konstruksi rusuk dan sistem lantai yang dibuat dari baja.

Juga dikarenakan industri kosntruksi yang terus berkembang, daftar 10 gedung rangka baja tertinggi di dunia berikut ini tentu akan berubah seiring waktu ketika proyek-proyek gedung tersebut terselesaikan.

1. Willis Tower (dulunya bernama the Sears Tower)

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Gedung yang terbuat dari baja ini berlokasi di kota Chicago. Dengan tinggi 442 meter, gedung dengan 110 lantai ini selesai dibangun pada tahun 1974 dan diperuntukan sebagai kantor.

Pada tahun 1970 fenomena pembangunan gedung-gedung tinggi di Amerika Serikat berhenti. Tapi begitu gedung monolithic Sears Tower didirikan di Cichago, trend pembangunan gedung tinggi kembali menggeliat.

Menggunakan prinsip kontruksi Bundled Tube ciptaan Fazlur Khan, gedung ini memiliki kekuatannya dari kombinasi sembilan struktur utama yang diatur menjadi tiga rangkaian s yang cukup kompleks.

Gedung ini merupakan rangkaian yang cerdas; semua menara dibuat setinggi 50 lantai di mana di bagian timur laut dan tenggara adalah lantai teratas. Tujuh menara lainnya berlanjut hingga lantai ke 66 di mana di bagian timur laut dan tenggara struktur gedung berhenti, dan pada 90 lantai, di utara, selatan dan timur lantai-lantai puncak. Dua tower tersisa, tower barat dan tower utama yang menjulang hingga 110 lantai, menjadi puncak gedung. Gedung ini dibuat dengan sistem yang sama yang digunakan untuk membangun burj khalifa.

Pengerjaan Sears Tower ini bermula pada tahun 1970 dan selesain tiga tahun kemudian. Menerima banyak penghargaan struktural semenjak diresmikannya pada 1973, struktur konstruksi Sears Towers kemudian banyak diikuti.

Hak cipta penamaan The Sears bergulir pada tahun 2003 hingga 2009 ketika perusahaan pialang saham yang berbasis di Inggris, Willis Group Holdings setuju untuk menyewa sebagian gedung dan mengambil alih hak cipta penamaan.

Pemilik gedung kemudian menunjuk SOM untuk memasang ruang kotak kaca seluas 10 kaki persegi sebagai balkon di bagian Skydeck pada lantai ke 103 untuk menawarkan 5 sisi pemandangan di ketinggian 1353 kaki.

Kotak kaca itu ditempatkan di dalam rangka baja dan bisa ditarik ke dalam gedung jika akan dilakukan pembersihan.

2) Empire State Building

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia no 2 ini adalah pencakar langit pailng ikonik yang pernah ada. Gedung ini menjadi setting sebuah film yang menggambarkan kera raksasa yang bergelantungan di puncaknya dan ditembaki pesawat. Status gedung ini sangat panjang umur sebagai gedung tertinggi di New York setelah WTC lenyap, dan termasuk gedung paling mudah dilihat di langit oleh pengunjung kota ini.

Gedung Art Deco ini menjadi standar baru dunia konstruksi ketika selesain dibangun pada tahun 1931 dan menyandang gelar sebagai gedung tertinggi di dunia selama lebih dari 40 tahun sebelum rekor tersebut diambil alih oleh World Trade Center pada tahun 1972.

Sejarah gedung in lebih menarik, didanai oleh john J Raskob, pendiri DuPont dan wapres GM, gedung ini didesain oleh para arsitek dari perusahaan Shreve dan Lamb & Harmon Associates. Di kisah lain versi, Raskob memberdirikan sebuuah pensil di ujungnya dan bertanya pada William F Lamb, “Bill, bagaimana caramu agar pensil ini tidak jatuh?”

Akhirnya gedung ini memiliki tinggi 381 meter. Baja yang digunakan sebagai rangka dikonstruksi hanya dalam 13 bulan oleh kontraktor. Pemilik gedung memang ingin segera selesai pembangunannya agar bisa segera mendapatkan uang dari menyewakan setiap lantainya. Selain saat itu sedang masa depresi, gedung juga berlomba mendapat predikat gedung tertinggi di dunia dengan Chrysler yang juga sedang membangun.

Kontraktor Starrett Brothers dan Eken dengan cepat melacak proyek ini melalui perencanaan yang cermat. Balok baja yang diminta untuk dibuat panjang tiba di lokasi yang ditandai dengan tempatnya di dalam kerangka bangunan yang bertanda jelas, dan baja-baja ini juga ditandai dengan jumlah derek yang akan mengirimkan ke posisinya. Para pekerja kemudian bisa memancangkan ke tempatnya dengan cepat, seringkali hanya beberapa hari setelah baja diluncurkan dari pabrik baja Pittsburgh.

Efisiensi yang sama ditemukan ketika 10 juta baja diangkut dan dipasangkan ditempatnya hingga jadilah ragka gedung yang utuh. Empire State Building kemudian diresmikan oleh presiden USA Herbert Hoover pada awal Mei 1931.

3) Aon Centre

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia no 3, AON center ini berlokasi di Chicago dengan tinggi 346 meter dan selesai dibangun pada tahun 1973

4) The Centre

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia no 4 ini berlokasi di Hong Kong, gedung The Centre ini memiliki tinggi 346 meter. Terbuat dari rangka baja dan selesain dibangun pada tahun 1998.

5) John Hancock Centre

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia
Sunplus Corp.

Berlokasi di Chicago, gedung berrangka baja yang diperuntukan sebagai perkantoran dan tempat tinggal ini memiliki tinggi 344 meter dan selesai dibangun pada tahun 1969.

6) Minsheng Bank Building

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Berada di kota Wuhan, China, gedung dengan rangka baja setinggi 331 meter ini selesai dibangun pada tahun 2008 dan digunakan sebagai kantor.

7) China World Trade Centre III

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Dengan tinggi 330 meter, gedung perkantoran dan hotel yang berlokasi di kota Beijing, China ini rampung pembangunannya pada tahun 2009.

8) The Chrysler Building

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Berlokasi di kota: New York, Amerika Serikat, gedung perkantoran dengan tinggi 319 meter ini selesai dibuat di tahun 1930. The Chrysler Building ini adalah gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia no 8.

9) The New York Times Tower

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia no 9 ini berlokasi di kota New York, Amerika Serikat. Gedung setinggi 319 meter ini selesai dibangun pada tahun 2007 dan diperuntukan sebagai perkantoran.

10) The US Bank Tower

Gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia

Berada di kota Los Angeles, Amerika Serikat, gedung berkonstruksi rangka baja tertinggi di dunia no 10 ini memiliki tinggi 310 meter. Selesai dibuat pada tahun 1990, gedung ini digunakan sebagai kantor.

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id