Penggunaan Aluminium untuk Konstruksi

Penggunaan Aluminium untuk Konstruksi

Aluminium untuk Konstruksi

Bagaimana penggunaan Aluminium untuk konstruksi? PT Nikifour adalah perusahaan konstruksi di Karawang dengan layanan maintenance, renovasi dan bangun baru semua jenis bangunan. Kami berpengalaman dengan aluminium di banyak area industri baik Jababeka, KIIC, Suryacipta, KIM di Karawang.

Sesungguhnya arsitektur modern tidak akan mungkin tanpa aluminium. Pencakar langit yang indah dan menakjubkan yang ditemukan di seluruh dunia adalah bukti fleksibilitas dan kekuatan aluminium.

Ada beberapa logam yang memberikan kombinasi keserbagunaan dan keterjangkauan yang sebanding dengan apa yang ditawarkan aluminium. Namun, aluminium adalah salah satu logam non-ferrous yang paling banyak tersedia di planet ini, dan meskipun tidak tersedia secara langsung, dan harus diekstraksi dari bauksit, prevalensinya pada abad ke-20 telah menyebabkan banyak sekali inovasi yang membuatnya menjadi komponen yang sangat diperlukan di sebagian besar industri. Industri bangunan dan konstruksi tidak terkecuali. Selama hampir seratus tahun, paduan aluminium telah diterapkan dalam pembangunan rumah dan gedung perkantoran.

Konstruksi bangunan yang paling terkenal, Empire State Building adalah salah satu struktur modern pertama yang sangat bergantung pada aluminium, termasuk puncak ikonnya. Sekarang, aluminium diakui secara luas sebagai salah satu bahan konstruksi paling efisien dan berkelanjutan yang tersedia di pasaran.

Aluminium tidak hanya dapat diandalkan karena fungsionalitas dan efektivitas terhadap biaya, tetapi juga memungkinkan variasi estetika dan lingkungan yang lebih besar selama proses desain. Karena semua keutamaan itulah, aluminium akan semakin populer sebagai material konstruksi bangunan.

PT Nikifour Karawang berpengalaman dengan banyak paduan aluminium (Aluminum Alloy) pada banyak proyek konstruksi. Aluminum alloy menawarkan daya tahan, keserbagunaan, dan kemudahan penggunaan untuk memenuhi semua kebutuhan konstruksi Anda. Apa pun skala konstruksinya, PT. Nikifour Karawang akan bangga menjadi mitra sumber daya teknis bagi infrastruktur Anda.

Pentingnya aluminium dalam konstruksi

Ada banyak alasan mengapa aluminium sangat cocok sebagai bahan bangunan. Salah satu keunggulan aluminium untuk konstruksi  yang paling istimewa adalah rasio kekuatan dan beratnya yang tinggi pada penggunaan industri apapun. Adapun penggunaannya dalam konstruksi bangunan, karakteristik istimewa tersebut memiliki banyak keunggulan yagn lebih spesifik.

Kekuatan bentang menopang kaca

Sebagai contoh, pada infrastruktur perkantoran modern dan gedung pencakar langit, paduan aluminium mampu menanggung beban bentang kaca yang berat. Banyak bangunan yang menggunakan begitu banyak kaca memungkinkan lebih banyak sinar matahari, sehingga mengurangi biaya pencahayaan sekaligus menghemat pemanas dan pendingin udara, Aluminium berperan sangat besar karenanya.

Kemampuan Sesak Udara

Manfaat lain dari menggunakan aluminium untuk konstruksi adalah sesak udara. Retakan yang secara alami dapat terjadi pada material dalam bingkai jendela merupakan sumber utama kebocoran udara, yang dapat meningkatkan beban pemanasan dan pendinginan bangunan. Sementara itu aluminium dikenal karena udara yang ketat dan tidak mengalami kerusakan yang sama seperti bahan-bahan seperti baja dan kayu. Karenanya pada tahun 90-an, kerangka baja Empire State Building digantikan oleh kerangka aluminium yang lebih baru untuk membantu meningkatkan efisiensi energi tengara.

Tahan Korosi

Adapun keunggulan utama aluminium untuk konstruksi berikutnya dibandingkan matrerial lainnya adalah daya tahan terhadap korosi yang sangat tinggi. Aluminium yang sudah diproses anodized sangat mudah menerima pemolesan dan tahan lama. Daya tahan ini sangat penting bagi industri konstruksi, karena biaya perawatan jangka panjang akan jauh lebih rendah daripada bahan yang sebanding.

Tahan Cuaca

Aluminium juga tidak rentan terhadap kondisi cuaca dan dapat bertahan di iklim yang lembab dan kering dengan sangat baik, juga tidak rapuh pada suhu rendah. Paduan aluminium juga sangat dihargai karena penampilannya. Karena daya penerimaan aluminium untuk dipoles, dimungkinkan untuk mendapatkan finishing yang halus dan cerah yang menyenangkan secara estetika.

Aluminium juga dapat mengambil warna apa saja setelah proses anodisasi dengan merendamnya dalam bak pewarna hangat, menjadikannya favorit bagi desainer untuk bekerja dengannya. Bahkan, salah satu penggunaan aluminium paling awal dalam proses pembangunan adalah untuk tujuan dekoratif.

Ringan

Karena keserbagunaan dan bobotnya yang ringan, aluminium juga jauh lebih mudah dikerjakan daripada kebanyakan bahan lainnya. Sifat ringanya memudahkannya untuk diangkut sehingga berimbas pada penghematan biaya yang besar selama proses konstruksi sebuah bangunan.

Fleksibel

Paduan aluminium dapat dilas, dituang, ditempa, diekstrusi, atau digulung, yang berarti bahwa aluminium dapat ditemukan di seluruh gedung, dari struktur pendukung utamanya hingga elemen dekoratif dan perlengkapan listrik.

Aluminium Sangat Ramah Terhadap Lingkungan

Dengan kepedulian lingkungan yang semakin menonjol, arsitek dan pemilik bangunan telah membuat menemukan bahan hijau yang dapat berkontribusi pada keberlanjutan bangunan secara keseluruhan menjadi perhatian penting. Penggunaan paduan aluminium telah membantu banyak proyek bangunan memenuhi syarat untuk standar Kepemimpinan dalam Desain Energi dan Lingkungan (LEED).

Karena refleksivitas aluminium yang tinggi, bangunan yang menggunakan aluminium dapat memantulkan panas dan menghemat biaya pendinginan. Seperti yang disebutkan, aluminium cukup kuat untuk menahan panel kaca besar juga, cara lain untuk mengatur suhu bangunan. Dengan mengurangi jumlah pemanasan dan pendinginan yang dibutuhkan, ini juga secara signifikan menurunkan jejak karbon keseluruhan bangunan selama masa pakainya.

Mudah Didaur Ulang

Aluminium 100% dapat didaur ulang dan tidak akan kehilangan sifatnya selama proses daur ulang. Jika Anda menggunakan aluminium daur ulang, maka Anda akan berhemat konsumsi energi hingga 90% dibandingkan dengan harus menggunakan aluminium baru. Dan karena kemampuan beradaptasi dan kemampuan bentuknya, aluminium sering digunakan untuk merenovasi bangunan yang lebih tua, menjadikannya lebih hemat energi dan tahan lama.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.