9 Tips Rumah di Musim Hujan

Posted by purnosidi
on 04/01/2016

Sebelum memasuki musim penghujan, Nikifour kontraktor terbaik menyarakan lakukan sembilan hal ini pada rumah Anda. Inilah 9 tips rumah di musim hujan.

Nikifour kontraktor terbaik yang beroperasi khususnya di KIIC Suryacipta Karawang hingga Jababeka Cikarang Bekasi ingin berbagi tips dengan Anda. Kita tinggal di negeri dengan iklim tropis yang memiliki curah hujan tinggi menyarankan pemilik rumah perlu mempersiapan pencegahan untuk memasuki musim penghujan.

Hal ini dilakukan selain bentuk pencegahan juga menjadi bagian perawatan rutin setiap tahun dalam menghadapai musim penghujan. Berikut ini adalah sembilan hal yang bisa Anda dilakukan pada rumah Anda sebelum memasuki musim penghujan.

9 Tips Rumah di Musim Hujan

Pemeriksa rumah sebelum musim penghujan

Periksa rumah Anda dengan benar sebelum musim penghujan datang. Lihat apakah terdapat retakan atau kerusakan pada ubin yang bisa diperbaiki untuk menghindari rembesan.

Kebocoran

Periksa atap dan teras untuk melihat apakah ada kebocoran dan retakan. Jika terdapat retakan, maka Anda bisa mengaplikasikan lapisan kedap air. Selain itu, bersihkan pipa talang yang akan dialiri air hujan untuk memastikan drainase air hujan dari atap berjalan lancar. Sebaiknya, gunakan jasa seseorang yang ahli untuk memperbaiki saluran pipa yang berkarat atau rusak, seperti Nikifour Kontraktor Terbaik.

Cat

Semua eksterior rumah harus dicat sebelum datangnya musim hujan. Selain itu, sangat penting untuk memilih cat yang tepat dan mengecat dengan cara yang benar. Sebab cat tidak hanya untuk melindungi dinding dari air hujan, tetapi juga mencegah air hujan merembes melalui dinding. Cobalah untuk menggunakan cat tahan air dan tambahkan water sealant yang berguna untuk memberikan lapisan pelindung pada dinding beton.

Lantai

Lantai dan pintu yang terbuat kayu akan lebih lembap di musim hujan, Anda bisa mengaplikasikan wax untuk mencegah terjadinya kelembapan. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari menggunakan karpet di dalam rumah Anda selama musim hujan. Sebaiknya gunakan matras yang terbuat dari bambu atau rubber yang bisa menyerap air lebih mudah.

Pintu

Cat ulang bingkai pintu dan jendela yang terbuat dari logam untuk menghindari terjadinya karat serta rembes. Pintu dan jendela yang terbuat dari kayu dapat mengembang  selama musim hujan jika tidak diperbaiki denga benar. Sebaiknya gunakan jasa orang yang ahli, seperti Nikifour Kontraktor Terbaik untuk memperbaiki pintu dan jendela yang rusak sebelum musim hujan.

Sambungan listrik

Periksa semua sambungan dan saklar listrik untuk melihat apakah ada kabel yang mengelupas dan rentan terkena air hujan. Jika Anda menemukan hal ini segera tutupi sambungan listrik sesegera mungkin untuk menghindari kemungkinan terjadinya sengatan listrik atau hubungan arus pendek. Selain itu, perbaiki semua kabel listrik yang rusak agar lingkungan rumah menjadi lebih aman selama musim hujan.

Perawatan mebel

Mebel kayu kemungkinan akan mengalami bau apek bahkan kerusakan karena serangan jamur atau rayap. Untuk itu sebaiknya letakan kamper, daun nimba, atau cengkeh di dalam lemari untuk melindungi pakaian dan barang berharga lainnya dari kelembapan. Pastikan Anda membersihkan mebel sering mungkin dengan kain kering atau vakum sepanjang musim hujan.

Drainase

Pastikan drainase di rumah Anda diperiksa secara berkala untuk menghindari terhentinya aliran air hujan. Untuk itu pastikan selokan dibuat berlawanan arah dengan jalan masuk ke rumah Anda. Hal ini dilakukan agar aliran air hujan tidak memasuki rumah Anda.

Interior yang mudah lembab

Intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam rumah selama musim hujan sangat minim, sehingga untuk menggantikan musim panas berat sebaiknya gunakan tirai yang bisa menembus cahaya untuk mendapatkan sinar matahari sebanyak yang Anda bisa. Kondisi lembap di dalam rumah, tidak hanya membuat bau yang tidak sedap, tetapi juga dapat merusak dinding rumah, dan perabotan rumah Anda.

Semoga informasi tentang 9 tips rumah di musim hujan tersebut di atas bisa membantu Anda melakukan perawatan rutin tahunan dalam menghadapai musim penghujan. Jika Anda membutuhkan jasa orang yang ahli untuk memperbaiki rumah Anda, Anda bisa menggunakan jasa Nikifour Kontraktor Terbaik.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id