Rumah Unik

Rumah Unik (Sumber: ArchDaily)

Desain rumah unik seolah menjadi primadona. Tak sedikit yang mencarinya dan ingin menerapkannya pada hunian mereka.

Sebab, rumah dapat dikatakan bukan sekadar tempat berlindung. Terkadang, hunian ini juga menjadi salah satu pencitraan diri seseorang.

Di dunia ini, ada banyak model rumah dengan desain unik. Salah satunya dengan konsep yang lebih menyatu dengan alam.

Seperti yang dilansir dari Architizer, berikut ini gambar arsitektur rumah yang terletak di beberapa benua. Desainnya sangat menarik dengan rumah pohon dan alam terbuka.

Rumah Pohon di Cape Town, Afrika Selatan

Rumah Pohon

Rumah Pohon (Sumber: Van der Merwe Miszewski Architects)

Dirancang oleh Van der Merwe Miszewski Architects (VDMMA), desain rumah unik ini berada di lereng Table Mountain. Bangunan ini berbatasan dengan lembah dan sungai, serta memiliki kanopi pinus payung yang menyebar.

Adanya pepohonan yang tampak megah tersebut kemudian memberi referensi hingga terciptalah konsep untuk rumah ini. Lima struktur seperti pohon menjangkar atap ke tanah serta menyediakan perlindungan untuk fungsi di bagian bawah.

Pohon-pohon tersebut dikelilingi baja ringan dengan selungkup kaca yang sepenuhnya terpisah dan didukung di atas batu yang sangat rustic.

Sang arsitek mencoba meningkatkan pengalaman pengunjung untuk menikmati suasana rumah dengan konsep terbuka dan menampilkan lanskap Afrika.

Rumah Pohon di Italia Utara

Rumah Unik

Rumah Unik (Sumber: ArchDaily)

Peter Pichler Architecture (PPA) mengembangkan konsep rumah pohon berkelanjutan di Hutan Dolomites Italia. Rumah pohon ini sebenarnya merupakan tambahan dari hotel yang sudah ada guna menciptakan suasana yang lebih akrab dengan alam.

Desain rumah unik ini menampilkan atap tajam yang terinspirasi dari pohon cemara dan larch di sekitarnya. Ukuran setiap unitnya antara 35 meter persegi sampai 45 meter persegi pada 2 tingkat.

Lantai bawah merupakan area membaca atau lounge kecil. Sementara tingkat kedua adalah tempat tidur dengan kamar mandi kecil.

Tree Snake House di Braga, Portugal

Desain Rumah Unik

Rumah Pohon Unik (Sumber: ArchDaily)

Rancangan Luís and Tiago Rebelo de Andrade ini bermitra dengan Perusahaan Sistem Modular. Desain yang diasosiasikan dengan papan tulis dan kayu sebagai alasnya menunjukkan seekor ular yang meluncur di antara pepohonan.

Menariknya, para arsitek juga memanfaatkan teknologi baru yang sudah diuji yang memungkinkan konstruksi mudah dibawa.

Material bangunan yang digunakan dalam finishing desain rumah unik ini adalah batu tulis serta kayu. Konsistensi akan pembangunan berkelanjutan juga ditunjukkan dengan sistem pemanas, pengguaan kembali air, adanya panel surya, penerangan LED, serta menjaga tanah tidak kedap air.

Qiyunshan Tree House di Anhui, China

Rumah Pohon di Qiyunshan

Rumah Pohon di Qiyunshan (Sumber: Pinterest)

Desain rumah unik ini terletak di Kabupaten Xiuning, sekitar 33 kilometer sebelah barat Kota Huangshan, Anhui, China. Dirancang oleh Bengo Studio, proyek ini meurpakan hotel pedesaan dengan dua kamar tidur, dua kamar mandi, satu ruang tamu, dan satu kamar lanskap di bagian atas.

Berada di rumah unik ini, pengunjung dan penduduk dapat menikmati pemandangan hutan dan merasakan lingkungan sekitr dari ketinggian berbeda.

The Bob + Sunny Evans Tree House di Hot Springs, Arkansas, Amerika Serikat

Desain Rumah Unik di Hutan

Rumah Unik yang Menyatu dengan Alam (Sumber: Architizer)

Terletak di lereng bukit Gunung Quachita di sepanjang Danau Hamilton, Garvan Woodland Gardens, terdapat rumah yang dibangun pada tahun 2018 ini.

Desain rumah unik rancangan Modus Studio ini dibangun guna memberikan pengalaman pendidikan interaktif untuk mengenalkan dan membawa pengunjung kembali pada alam.

Sebanyak 113 sirip yang terdiri dari Cemara Kuning Selatan berasal dari Arkansas menciptakan bentuk yang semi transparan. Sehingga pengunjung dapat menikmati suasana Hutan Ouachita di antara pinus dan pohon oak dengan leluasa.

House in the Tree Crown di Budapest, Hungaria

Rumah Unik Minimalis

Rumah Unik Minimalis (Sumber: Nanavizio)

Tanah hutan yang curam merupakan tantangan utama proyek garapan Nanavizio ini. Namun, hal ini juga mendatangkan inspirasi pada arsitek unik memasukkan pepohonan dalam desainnya.

Berkat lereng yang curam tersebut, kanopi pepohonan di taman bawah membentang di sepanjang jendela. Pohon-pohon seperti oak yang tinggi, kastanye, hingga pinus tampak menutupi rumah sekaligus menghadirkan alam langsung di depan pintu.

Volume rumah terbuat dari dua balok berbeda yang dipasang bersama pada sudut 90 derajat. Dimana balok hitam yang solid dilengkapi dengan balok berlapis logam dengan permukaan kaca besar.

Ecology of Colour di Dartford, Britania Raya

Rumah Ekologi

Rumah Ekologi (Sumber: Divisare)

Desain rumah unik ini membawa fungsi publik ke sudut yang terabaikan di Dartford, seolah bertindak sebagai Ecology Island di Central Park.

Struktur kayunya merupakan komunitas studio seni, sebuah persembunyian untuk mengamati burung serta tempat perlindungan taman.

Terdapat ruang kelas semi outdoor dan ruang penyimpanan di lantai dasar dengan kamar tertutup di lantai atas yang menawarkan pemandangan Sungai Darent sekaligus pepohonan di sekitar.

Sementara di lantai atas, tampak daun jendela berbagai ukuran yang dapat digunakan untuk mengamati satwa liar di sekitar.

Kayu Inggris merupakan bahan bangunan utama dengan Larch yang digunakan untuk rangka bangunan rancangan Studio Weave ini. Sedangkan kelongsongnya terbuat dari Cedar.

Trunk House di Highland, Australia

Rumah Ramah Lingkungan

Rumah Ramah Lingkungan (Sumber: Paul Morgan Architects)

Rancangan Paul Morgan Architects ini merupakan kabin kecil di Dataran Tinggi Victoria Tengah. Di dalamnya terdapat ruang tamu, dapur, kecil, kamar mandi, serta dua kamar tidur.

Dalam bangunan ini, bifurkasi atau percabangan digunakan sebagai struktur kabin. Bifurkasi tersebut bersumber dari lantai hutan dan tanah pertanian. Material ramah lingkungan tersebut kemudian digabungkan ke kolom lurus dengan pelat logam internal.

Itulah beberapa desain rumah unik yang dari berbagai belahan dunia seolah membuat Anda lebih dekat dengan alam. Tertarik untuk meniru model rumah tersebut?

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?