9 Rumah Keren dengan Desain Anti Mainstream

Rumah Gantung di Tebing

Rumah Menggantung di Tepi Tebing (Sumber: Modscape)

Memiliki rumah keren dengan desain berbeda dari hunian lain dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Terlebih lagi jika model rumah tersebut menjadi trendsetter di kemudian hari.

Di berbagai belahan dunia, ada banyak rumah keren dengan menerapkan berbagai strategi cerdik. Sehingga lebih menonjol dari tetangganya.

Seperti beberapa model rumah yang dilansir dari Homedit berikut ini. Dengan desain anti mainstream dan detail yang mengagumkan, hunian ini menjadi sangat menarik.

A cliff-like roof

Rumah Aneh

Casa Acantilado (Sumber: Gilbartolome Architects)

Karena menempel pada tebing, membuat rumah keren di Granada, Spanyol yang dirancang oleh Arsitek Gilbartolome ini sangat unik.

Hal yang membuat hunian bernama Casa del Acantilado ini istimewa adalah karena menghadap langsung ke laut Mediterania.

Belum lagi dengan desain atap yang tidak biasa. Terbuat dari ubin seng buatan tangan yang disusun secara rumit, bentuk desainnya bergelombang yang terinspirasi dari lingkungan sekitar.

Balancing Barn

Umumnya, ayunan digantung pada pohon maupun tiang. Lalu, bagaimana jika permainan ini justru tergantung langsung pada bagian bawah rumah?

Bukan hal tak mungkin, karena berkat MVRDV, rancangan rumah unik di Suffolk, Inggris tersebut tercipta. Bernama Balancing Barn, hunian ini memiliki luas 210 meter persegi.

Balancing Barn

Balancing Barn (Sumber: MVRDV)

Dimaksudkan sebagai rumah liburan, struktur rumah ini dirancang menyerupai lumbung tradisional yang menyatu dengan lingkungan sekitar. Meskipun demikian, elemen modern tetap dimasukkan pada proyek tersebut.

Pertama kali melihatnya, bangunan ini tampak sederhana, namun ketika menelusuri bagian belakang, konstruksinya sangat menarik. Panjang bangunan ini adalah 30 meter dengan penopang 15 meter di atas lereng. Terdapat ayunan yang tergantung dari kantilever.

Turning boxes

Pernah membayangkan ruangan pada rumah dapat diputar? Bukan sekadar konsep, hunian seperti ini memang ada.

Terletak di Teheran, Iran, rumah bernama Sharifi-ha House tersebut dirancang oleh Nextoffice – Alireza Taghaboni.

Rumah anti mainstream

Rumah Unik yang Fleksibel (Sumber: Homedit)

Dengan luas 1.400 meter persegi, hunian ini terdiri dari empat lantai. Menariknya, keseluruhan proyek dicirikan oleh fleksibilitas tinggi yang diwujudkan dalam desain tidak biasa.

Dimana tiga tingkat teratas diatur dalam serangkaian kotak putar. Sehingga memungkinkan ruang menjadi terbuka atau tertutup, tergantung pada kebutuhan.

Strategi desain ini mengubah fasad dua dimensi menjadi 3D. Selain itu, rumah keren ini memiliki Zemestan-Neshin, yaitu ruang tamu musim dingin. Kemudian terdapat pula Taabestan-Neshin yang merupakan ruang tamu musim panas.

Cantilevered swimming pool

Terletak di Madrid, Spanyol, desain rumah unik ini dirancang oleh Ensamble Studio pada tahun 2008 yang lalu.

Desain Rumah Unik

Rumah dengan Kolam Renang Unik (Sumber: Ensamble Studio)

Dapat dikatakan bahwa titik fokus pada rumah ini adalah kolam renang. Sebab, tidak sama seperti kolam pada umumnya, kolam renang ini justru menggantung pada platform dan kantilever di atas taman.

Dengan meninggikan kolam seperti ini, arsitek membebaskan tanah serta memberi kesan lapang dan luas, baik di dalam maupun luar rumah.

Bahkan, strategi desain satu ini juga memberikan tampilan yang dramatis sekaligus ­eye-catching pada hunian.

Hanging on a cliff

Berada tepat di atas lautan di Victoria, Australia, rumah keren ini sangat anti mainstream. Terlebih lagi hunian ini menempel di tebing curam layaknya teritip yang menempel pada isi kapal.

Rumah Gantung di Tebing

Rumah Menggantung di Tepi Tebing (Sumber: Homedit)

Bangunan yang dirancang oleh Modscape ini merupakan rumah prefab dengan pintu masuk terletak di tingkat teratas dan dapat diakses melalui carport.

Karena dibangun untuk memanfaatkan pemandangan, maka rumah ini memiliki tiga fasad kaca. Sementara itu, interior dirancang seminimal mungkin agar tidak menghalangi panorama samudera.

Tree houses

Rumah Pohon Unik

Rumah Pohon Unik (Sumber: Baumraum)

Dirancang oleh Baumraum, desain rumah keren ini cukup unik karena tidak terlalu membutuhkan pohon untuk menopangnya.

Bentuk hunian ini menyerupai kapsul silinder yang bertengger di atas kaki kurus dan membuatnya tampak seperti laba-laba.

Transparent tubular construction

Dirancang oleh Aibek Almassov dari A.Masov Architects, rumah ini membuat kita seolah tinggal di terarium.

Rumah Transparan

Rumah Transparan (Sumber: A. Masow Architects)

Rumah kaca berbentuk tabung ini merupakan interpretasi dari konsep rumah pohon. Itulah mengapa, proyek ini juga dinamakan ‘Tree in a House’.

Berada di dalam bangunan ini, membuat penghuninya dapat menikmati pemandangan alam dari segala sisi.

Snake-like design

Struktur rumah keren ini dirancang oleh Luis dan Tiago Rebelo de Andrade. Dibangun di Bornes de Aguiar, Portugal, luasnya hanya 27 meter persegi saja.

Rumah Berbentuk Ular

Rumah Berbentuk Ular (Sumber: Homedit)

Konsepnya masih terkait dengan rumah pohon. Bentuknya menyerupai pohon raksasa yang meluncur di antara pepohonan. Kemudian digantung pada tiang-tiang, yang meminimalkan dampak pada lingkungan.

Material kayu digunakan untuk pembangunan rumah ini. Sehingga hunian ini tampak alami dan seolah berintegrasi dengan lingkungan sekitar.

Menariknya, secara keseluruhan, proyek ini ramah lingkungan. Dimana menampilkan insulasi yang diperkuat, air yang dapat digunakan kembali, panel surya, serta pencahayaan LED.

Floating houses

Sampai saat ini, rumah apung mungkin masih membuat Anda terkagum-kagum. Seperti hunian di Thailand yang dirancang oleh Agalio Studio ini.

Rumah Apung Unik

X-Float (Sumber: Homedit)

Dengan luas 110 meter persegi, bangunan ini memang merupakan salah satu dari banyaknya rumah apung di area sekitar. Namun, rumah bernama X-Float yang merupakan tambahan dari Proyek X2 River Kwai Resort ini memiliki desain yang rumit dan canggih.

Rumah keren ini dibangun dengan menggunakan rangka baja ringan dan serat semen serta kelongsong kayu lapis.

Itulah sederet rumah keren dengan desain anti mainstream di seluruh dunia. Anda tertarik untuk tingga di salah satunya?

Sumber: https://www.homedit.com/cool-houses-with-unexpected-designs/

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?