7 Museum di Amerika Selatan dengan Desain yang Cerdas dan Artsy

museum di Amerika Selatan

Perot Museum of Nature ang Science (Sumber: Visit Dallas)

Beragam desain bangunan di Amerika Serikat bagian selatan dipenuhi oleh karya para arsitektur luar biasa. Baik dari perusahaan lokal maupun internasional.

Mewujudkan karya paling unik dan kuat, museum di Amerika Serikat bagian selatan dalam beberapa tahun ini mulai memamerkan ide serta kemajuan luar biasa.

Desain pada museum tersebut optimis, sensitif, berani, dan tenang. Para arsitek menggabungkan tata letak yang cerdas. Begitu pula dengan pengaturan ruang publik yang proporsional di samping karya seni yang hebat.

Bangunan yang muncul di antara perkotaan dan alam ini berhasil mewujudkan hubungan antara ruang interior dan eksterior yang harmonis, melalui kondisi spasial, formal, dan pengalaman.

Entah itu di sebelah danau, menghadap perbukitan, maupun di pusat kota, masing-masing museum di Amerika Serikat bagian Selatan tersebut menunjukkan arsitektur yang terbuka untuk umum serta dirancang untuk pendidikan, kesenangan, maupun sekadar apresiasi.

Terkait hal tersebut, dimana saja letak dari museum-museum di Amerika yang artsy? Dilansir dari Architizer, inilah 7 proyek yang menunjukkan bagaimana ide-ide cerdas para arsitek dalam melahirkan karya berupa museum yang sangat artsy.

Fort Worth Zoo Museum of Living Art, Texas

Museum of Living Art

Museum of Living Art (Sumber: Architizer)

Museum of Living Art merupakan bangunan tambahan dari kebun binatang yang memang sudah ada di area Fort Worth.

Desain museum baru di Amerika Selatan ini terinspirasi oleh lingkungan alam, baik dari lanskap maupun satwa liar yang ada di kebun binatang.

Pengunaan material ramah lingkungan sepert galvalum yang mengapung di atas struktur mengingatkan pada perbukitan padang rumput di sebelah barat Fort Worth.

Lalu panel galvalum yang melengkung mengikuti bentuk atap, persis seperti sisik ular yang melengkung di sekitar tubuhnya. Sementara dinding fieldstone Cedar Hill Cream menggunakan batu gamping.

Perluasan Kimbell Art Museum, Fort Worth, Texas

Museum di Amerika

Kimbell Art Museum (Sumber: ArchDaily)

Awalnya, museum ini dirancang oleh Louis Kahn pada tahun 1972. Setelah itu, Renzo Piano Building Workshop (RPBW) menambah bangunan baru. Yaitu Museum Seni Kimbell guna mengakomodasi program pameran dan pendidikan museum yang sedang berkembang.

Bangunan baru ini menyediakan ruang galeri untuk pameran sementara, ruang kelas, studio untuk departemen pendidikan museum, auditorium besar dengan 299 kursi, perpustakaan yang diperluas, dan parkir bawah tanah.

Gedung rancangan RPBW ini memiliki dua struktur yang saling terhubung. Bangunan baru ini pun memainkan tata letak, skala, serta ketinggian  gedung Kahn, sekaligus menjadi lebih terbuka dan transparan.

Jepson Center for the Arts, Savannah

Bangunan di Amerika

Jepson Center (Sumber: Telfair Museum)

Bangunan baru dari Museum Seni Telfair di Savannah ini terletak di Telfair Square dan seberang Telfair Academy. Situs ini berada di jantung distrik bersejarah Savannah dan ditentukan oleh kisi-kisi jalan yang diselingi oleh alun-alun kota yang teduh.

Sementara Jepson Center yang dirancang oleh Safdie Architects ini dibuat dengan struktur museum kontemporer tanpa mengesampingkan bangunan bersejarah. Foyer besar pada bangunan ini menghadap ke alun-alun dan dikelilingi oleh dinding melengkung.

Ketinggian dan massa museum berhubungan dengan struktur di sekitarnya. Fasad kaca di York Street menampilkan Telfair Square dengan pepohonan yang berjajar sekaligus dibentuk oleh dua dinding kaca bingkai layar beton putih.

Baca juga: 9 Proyek Arsitektur Keren dari Material Daur Ulang

Perot Museum of Nature and Science, Dallas

museum di Amerika Selatan

Perot Museum of Nature ang Science (Sumber: Visit Dallas)

Dirancang oleh Morphois, bangunan yang cukup baru di Kota Dallas ini membuat pengunjung dapat menikmati seluruh gedung, baik dari tingkat jalan, galeri seni, hingga ruang pendidikan.

Menariknya, area luar museum di Amerika Selatan ini, terdapat lanskap khusus yang aman untuk angin dan dirancang oleh Talley Associates. Museum berbentuk kubus sederhana ini pun mempertemukan lanskap bergelombang serta tonjolan dan bukaan kaca yang unik.

Lousiana State Museum, Baton Rouge

Lousiana State Museum

Lousiana State Museum (Sumber: Architizer)

Rancangan Eskew, Dumez, dan Ripple ini dibuat untuk memberikan pengunjung sejarah negara bagian yang komprehensif.

Terletak di seberang gedung DPR, Lousiana State Museum menggunakan teras tertutup dan menampilkan pemandangan eksterior yang termodulasi. Lebih dari itu, desainnya memadukan antara galeri, auditorium, serta ruang perjamuan.

Perez Art Museum Miami, Miami

Museum di Miami

Perez Art Museum Miami (Sumber: Conde Nast Traveler)

Museum ini sebagai bagian dari pembangunan kembali Teluk Biscayne ini dirancang sebagai tanggapan langsung terhadap iklim serta kondisi lingkungan Florida.

Sebagaimana namanya, museum ini mengedepankan seni yang ditempatkan di atas permukaan gelombang badai. Sementara kanopinya menciptakan ruang publik di seluruh gedung.

Kemudian jendela tersembunyi berfungsi untuk meminimalkan dampak cahaya matahari. Bangunannya ditentukan oleh beranda eksterior dengan pertumbangan khusus dalma penggunaan beton.

National Center for Civil and Human Rights, Atlanta

museum HAM

National Center for Civil and Human Rights (Sumber: HOK)

Gedung rancangan HOK ini seolah menceritakan kisahnya dan menghidupkan gerakan hak sipil Amerika. Selain itu juga memperkenalkan masalah Hak Asasi Manusia International, baik di masa lalu maupun masa kini.

National Center for Civil and Human Rights memiliki dua dinding melengkung, menentukan ruang interior dan eksterior, serta galeri rumah, ruang pertemuan, lobi, dan ruang pendukung.

Desain yang dirancang mencakup pintu masuk, galeri elips, dan balkon yang menghadap ke arah Centennial Olympic Park dan pusat Kota Atlanta.

Itulah sederet museum di Amerika bagian selatan yang dirancang secara cerdas dan sangat artsy oleh arsitek luar biasa. Bahkan selain indah, salah satu diantaranya ada yang terinspirasi oleh alam dan menggunakan material ramah lingkungan seperti galvalum.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?