9 Proyek Arsitektur Keren dari Material Daur Ulang

Material daur ulang

Yuk kita bahas proyek arsitektur yang sangat keren yang terbuat dari konstruksi material daur ulang. Tidak selamanya mantan atau bekas itu menjadi masalah berkepanjangan. Seperti benda-benda berikut ini yang ternyata bermanfaat menjadi material untuk proyek konstruksi. Mulai dari kayu bekas, palet bekas, plastik, botol bahkan pintu di tangan-tangan kreatif bisa menjadi solusi akan daur ulang. Daur ulang penting untuk kelanjutan kehidupan di muka bumi ini. Bersumber dari architizer.com, menurut National Association of Homebuilders, “Jika semua kayu olahan yang bekas digunakan untuk membangun 1,2 juta rumah baru yang dibangun di Amerika Serikat setiap tahunnya,  diletakkan dari ujung ke ujung, maka kayu-kayu itu akan mencapai jarak 2 juta mil, setara dengan pergi ke bulan dan kembali enam setengah kali ”- betapa itu statistik yang serius, itu baru kayu bekas, belum lagi termasuk bahan bangunan lainnya.

Memilah limbah dengan patuh, memisahkan logam dan plastik dari kertas untuk aliran daur ulang yang berbeda adalah bagian dari kehidupan modern. Beberapa daerah bahkan memiliki pengumpulan limbah makanan untuk kompos masyarakat.

Arsitek dan desainer seharusnya memperhatikan manfaat yang ditawarkan oleh daur ulang dan penggunaan kembali. Menggunakan bahan yang diselamatkan tidak hanya memiliki dampak lingkungan yang positif dengan mengurangi limbah, tetapi juga menawarkan bahan arsitek yang biasanya tidak tersedia.

9 Proyek Arsitektur Keren yang berasal dari material daur ulang

Sementara itu, architectmagazine.com menuliskan bahwa hampir bertahun-tahun, ada upaya global besar untuk mendaur ulang. Dari kaleng aluminium hingga ke ponsel, orang Amerika didesak untuk mempertimbangkan daur ulang daripada hanya membuang barang-barang ke tempat sampah dan tempat pembuangan sampah yang berlebihan. Tapi apa gunanya semua daur ulang jika tidak ada penggunaan akhir untuk semua materi itu? Itulah pertanyaan yang diajukan oleh Sandra Leibowitz Earley, kepala Sustainable Design Consulting, sebuah perusahaan yang berbasis di Richmond, Va yang berspesialisasi dalam bangunan hijau.

Earley menyarankan bahwa lebih banyak pengembang dan pemilik multi-keluarga harus mempertimbangkan untuk menggunakan bahan bangunan dengan konten daur ulang. “Dewasa ini cukup mudah untuk menemukan bahan bangunan yang tidak semuanya‘ baru, ‘”katanya.

Plus, proyek yang dibangun dengan bahan yang memiliki konten daur ulang selangkah lebih dekat untuk diakui oleh Kepemimpinan Dewan Bangunan Hijau AS dalam Desain Energi dan Lingkungan, umumnya dikenal sebagai LEED), sistem nasional yang menilai kinerja pembangunan di lima bidang utama: situs berkelanjutan, efisiensi air, energi dan atmosfer, bahan dan sumber daya, dan kualitas lingkungan dalam ruangan.

Bahan dengan konten daur ulang tersedia baik untuk penggunaan eksterior maupun interior, kata Earley. Misalnya, baja memiliki persentase konten daur ulang yang tinggi dan sesuai untuk berbagai penggunaan struktural. Selain itu, bahan atap seperti sirap tembaga tidak hanya menggunakan persentase tinggi bahan daur ulang, tetapi juga perawatannya rendah dan tahan lama.

Melihat fenomena penggunaan material daur ulang untuk konsttruksi, inilah 14 Proyek Arsitektur Keren yang berasal dari material daur ulang, sepertinya sangat baik untuk proyek reklamasi. Sumber: weburbanist.com.

1. Asrama dari Kayu Palet Bekas

  • Desain mirip benalu yang menempel di pohon ini adalah hasil karya arsitek dan seniman grafiti Prancis Stephane Malka. Diberi nama ‘Ame-Lot ini merupakan serangkaian palet yang didaur ulang dan bahan reklamasi lainnya yang melekat pada arsitektur yang sudah ada.

Material daur ulang

  • Palet terlipat dan terbuka untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk ke interior, dan struktur dapat secara teratur disusun ulang dan ditambahkan sesuai kebutuhan untuk pertumbuhan, menjadi meteran konsumsi visual di kota.

 Material daur ulang Material daur ulang

2. Bangunan dari Besi Bekas

  • Lembaran besi bergelombang yang menyerupai gudang yang sering terlihat di pedesaan Selandia Baru sangat kontras dengan tanaman hijau di Lembah Kauaeranga di ‘K Valley House’ oleh Herbst Architects.

Material daur ulang

  • “Kami memposisikan bentuk yang melintasi punggung bukit, bergerak dengan kemiringan di ujung yang tinggi dan mengapung di atas tanah saat jatuh,” kata mereka.

 Material daur ulang Material daur ulang

3. Paviliun Botol Bekas

  • Bangunan ini merefleksikan bola sempurna di permukaan kolam yang tenang. Bernama ‘Rising Moon’ proyek ini dibangun oleh studio yang berbasis di Hong Kong, Daydreamers Design adalah kubah geodesik yang dilengkapi dengan 4.800 botol air polikarbonat lima galon, masing-masing berfungsi sebagai lentera untuk membantu struktur berseri.

Material daur ulang

Pada malam hari, mereka mentransmisikan cahaya dari dalam ke luar, sedangkan pada siang hari, interior diterangi oleh matahari. Obor LED dipasang pada modul segitiga pra-fabrikasi dengan botol terpasang di atasnya, dan 2.300 botol tambahan digantung di langit-langit.

Material daur ulang Material daur ulang

4. Paviliun dari Pintu Bekas

  • Encore Heureux Architects menamakan instalasi ini sebagai Pavilion Circular Pavilion ’, tidak mengacu pada bentuknya – yang tidak melingkar sama sekali – tetapi lebih kepada penggunaan komponen daur ulang.

Material daur ulang

  • Mereka menjelaskan bahwa dengan proses eksperimental ini, kami ingin menunjukkan bahwa akses ke simpanan bangunan baru bergantung pada hubungan baru dengan mereka yang bertanggung jawab mendekonstruksi dan membongkar bangunan.

 Material daur ulang

  • Selain itu, peningkatan fokus pada sumber daya dan material yang ada akan memungkinkan kami untuk mengurangi konsumsi sumber daya utama kami, serta menghindari produksi dan akumulasi limbah.

Material daur ulang

5. Pipa Baja Bekas

  • Di Singapura, pipa-pipa beton menjadi tempat duduk dan menjadi tempat-tempat membaca buk. Tidak itu saja, drum minyak juga didaur ulang menjadi pot penanam besar, sementara itu kontainer berubah menjadi jembatan.

Material daur ulang

  • Itu semua adalah proyek ‘Desa yang Memampukan’ oleh WOHA, yang mengubah bangunan tahun 1970 yang tidak berfungsi menjadi pusat komunitas.

 Material daur ulang Material daur ulang

6. Plastik Palet Bekas

  • 1.000 palet plastik daur ulang menjadi ‘lanskap tektonik’ di Daegu Art Museum Korea Selatan oleh HG-A + arsitek langsung, menciptakan lapisan tiga dimensi bagi pengunjung untuk memanjat, bermain, dan beristirahat.

Material daur ulang

  • Instalasi adalah hasil dari studi tentang bagaimana palet ini dapat digunakan kembali dengan cara yang bermanfaat dan berkelanjutan.

 Material daur ulang

7. Rumah dari Pintu Bekas

Didesain oleh S + PS Architects, arsitektur ini berupa lebih dari selusin pintu dan jendela reklamasi yang diselamatkan dari rumah-rumah yang dihancurkan di kota Mumbai. Konstruksi ini membentuk fasad bergaya kolase yang sangat tidak biasa dan kreatif untuk tempat tinggal.

Material daur ulang

Nampak seperti dinding gorden ganda, arsitektur ini membuat daya tarik trotoar dengan sangat mencolok. Pada bagian dalam, pintu-pintu bekas ini menghasilkan nada suasana, terutama untuk ruang tamu.

Material daur ulang

Selain pintu-pintu bekas, arsitek juga memasukkan bahan-bahan lain yang ditemukan ke dalam rumah, seperti sisa-sisa pipa logam yang disatukan seperti bambu untuk membentuk dinding pipa.

  Material daur ulang

8. Sisa Konstruksi Olimpiade

  • Pasca Olimpiade dan Paralimpik 2012 di London, banyak sekali bahan-bahan sisa dari acara pembukannya.Perusahaan lokal LYN Atelier menyelamatkan sebagian darinya dan memasukkannya ke ‘Hub 67,’ pusat komunitas di Hackney Wick.

Material daur ulang

  • Struktur sementara mengeksplorasi penggunaan kembali bahan sambil menjaga warisan Olimpiade melalui penggunaannya – mendorong pemuda untuk meningkatkan keterampilan mereka sehingga mereka dapat memperkuat masyarakat pada gilirannya.

 Material daur ulang Material daur ulang

9. Stedsans in the Woods

  • Arsitektur ini adalah pertanian dan retret permakultur yang terletak di hutan Swedia selatan ini akan berfungsi sebagai “laboratorium untuk menemukan cara yang lebih baik untuk makan, hidup, dan terhubung dengan alam,” termasuk restoran pertanian-ke-meja dan koleksi pondok mirip rumah pohon yang indah yang dibuat dari limbah kayu, pecahan lumbung tua dan gelas dari rumah kaca yang ditinggalkan.

Material daur ulang Material daur ulang

Untuk konsultasi material konstruksi yang tepat pada proyek bangunan di lokasi Anda baik baru, renovasi, maupun pemeliharaan, hanya gunakan jasa kontraktor berpengalaman. Kami, PT Nikifour Karawang adalah perusahaan kontraktor konstruksi dengan legalitas dan sertifikat lengkap dan berpengalaman dengan banyak proyek residens maupun industri, akan mendedikasikan layanan terbaik baik kami untuk keberhasilan visi konstruksi Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..