7 Bangunan Unik Terkecil di Dunia yang Cocok untuk Kaum Nomaden

rumah portabel unik

Portable Home (Sumber: Abaton Arquitectura)

Bangunan unik dapat ditemukan di berbagai belahan dunia. Tak hanya berbeda dari yang lain, beberapa di antaranya berukuran kecil dan dapat dipindahkan dengan mudah.

Bukan tanpa alasan mengapa bangunan seperti ini dibuat. Mengingat kebutuhan akan tempat tinggal dan keterbatasan lahan semakin meningkat, maka tidak heran jika hunian mungil menjadi pilihan.

Bahkan di sejumlah tempat di dunia, terdapat bangunan yang dapat dipindahkan dengan mudah, sehingga cocok untuk kaum nomaden.

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa bangunan unik terkecil di dunia yang dapat dipindahkan dengan mudah.

Smartdome di Slovenia

Rumah kubah ini selain unik, juga awet, efisien, dan menyenangkan untuk ditinggali. Bentuknya yang seimbang memungkinkan untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam.

rumah unik

Smartdome (Sumber: Inhabitat)

Menariknya lagi, tempat tinggal ini dapat dirakit, dibongkar, bahkan dipindahkan kemana saja dan hanya perlu lahan seluas 270 kaki persegi.

Pondasi rumah ini terbuat dari baja yang dapat menyesuaikan dengan lahan tidak rata. Kemudian rangka terbuat dari baja galvanis yang dipadukan dengan kayu.

Berkat desain yang inovatif ini, Smartdome tidak hanya unik dan nyaman untuk ditinggali. Karena berbingkai baja yang kuat, tahan lama, dan ramah lingkungan, penghuni juga dapat lebih meminimalisir kebutuhan finansial.

Hotel ÖÖD di Estonia

Hotel unik

Hotel unik di Estonia (Sumber: ÖÖD)

Kamar hotel dengan rangka baja ini dapat dikirim ke mana saja di Estonia, bahkan dpat dipasang dalam waktu 8 jam. ÖÖD pun menawarkan semua kebutuhan hidup meskipun hanya berada di atas lahan seluas 200 meter persegi saja.

Setiap unit bangunan ini dibangun dengan material dari baja, kaca dengan insulasi, kayu yang diolah secara termal.

ÖÖD pun menawarkan lantai dengan pemanas, pencahayaan LED, sound system Bose, hingga solusi off-grid.

Rumah Terapung (Floating House)

Rumah Unik

Floating House (Sumber: Turner.Works)

Arsitek Carl Turner mengusulkan pembangunan rumah seperti ini karena ada kemungkinan risiko bencana banjir meningkat.

Struktur bangunan unik di Britania Raya ini dapat di tiang atau pun di atas perahu ponton. Sementara ‘lambung’ tempat tinggal akan dibuat oleh kontraktor dan penutupnya diproduksi dengan proses penggilingan CNC.

Rumah Portabel (Portable Home)

Bangunan unik selanjutnya adalah karya Arsitek Abaton, seri ÁPH80. Dirancang sebagai rumah yang ideal untuk dua orang, bangunan ini mudah diangkut melalui jalur darat dan siap ditempatkan dimana saja.

rumah portabel unik

Portable Home (Sumber: Abaton Arquitectura)

Rumah portabel di Madrid ini layaknya hunian ada umumnya. Di dalamnya terdapat ruang tamu, dapur, kamar mandi, hingga dua kamar tidur.

Adapun sebagian besar material bangunan yang digunakan dapat didaur ulang. Sementara kayu yang ada pada hunian ini berasal dari hutan yang dikelola.

Eksterior dilapisi dengan papan kayu semen abu-abu. Fasad rumah dilengkapi dengan ventilasi serta insulasi termal sepanjang 12 centimeter. Sedangkan atap pelana yang terdapat pada rumah ini tingginya mencapai 3,5 meter.

Ecocapsule

Ecocapsule merupakan rumah yang memanfaatkan energy matahari dan angin sebagai sumber listriknya. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan. Terlebih lagi jika penghuninya pindah ke tempat terpencil yang jauh dari jangkauan infrastruktur.

Rumah di Swedia ini berbentuk elipsoid yang dirancang untuk memaksimalkan pengumpulan air hujan dan embun. Desain dinding luarnya dapat meminimalkan kehilangan banyak energi.

Rumah Kapsul Unik

Rumah Kapsul (Sumber: Ecocapsule)

Sementara celah dinding diisi dengan isolasi termal yang efisien melindungi penghuni dalam ruangan dari cuaca ekstrem.

Bangunan utama Ecocapsule terbuat dari fiberglass, dilapisi rangka baja, serta diisi dengan insulasi busa poliuretan.

Umumnya, Ecocapsule memiliki panjang 4,7 meter, lebar 2,2 meter, dan tinggi 2,5 meter (tinggi mencapai 5,2 meter jika tiang turbin diperpanjang). Beratnya saat kosong sekitar 1.300 kg dan 1.700 kg jika tangki air penuh.

Untuk daya turbin angin tersedia hingga 750W, panel surya di atap sekitar 600 W, serta kapasitas baterai mencapai 9 kWh.

Wikklehouse

Bangunan unik di Amsterdam ini dirancang oleh Arsitek Fiction Factory. Rumah ini memiliki sistem bangunan modular yang menggunakan karton yang dapat dirakit dalam satu hari tanpa pondasi.

Rumah Karton

Wikkelhouse (Sumber: Archello)

Segmen karton yang saling mengunci dengan panjang 1,2 meter dan masing-masing memiliki berat hingga 500 kg, dapat digabungkan untuk membentuk rumah atau struktur lainnya.

Selubung karton dilapisi dengan foil tahan air dan papan selubung kayu, sehingga tahan terhadap cuaca ekstrem.

Semua bahan yang digunakan dalam Wikklehouse pun dapat didaur ulang. Menariknya, meski rumah mungil ini terbuat dari karton, namun bisa bertahan hingga usia 50 tahun atau lebih. Sehingga dapat digunakan untuk sementara maupun selamanya.

Rumah Terapung Portage Bay

Arsitek Ninebark menyebut bahwa tujuan utama membangun rumah terapung ini adalah untuk menciptakan hunian modern yang memberi penghormatan pada pada karakter historis Kanal Kapal Danau Washington.

Floating Home

Floating Home (Sumber: Pinterest)

Rumah modern di Amerika Serikat ini dibangun di atas kayu pelampung yang berusia 100 tahun. Bagian luar rumah menggunakan material baja mentah dan kayu reklamasi.

Pembangunan rumah terapung ini pun tetap memegang prinsip desain ramah lingkungan. Terbukti dari penggunaan kayu reklamasi dan pemanas berseri.

Itulah beberapa bangunan unik terkecil di dunia yang dapat dibongkar pasang, sehingga cocok untuk kaum nomaden.

Hal menarik dari bangunan tersebut bukan hanya terletak pada desainnya saja. Material bangunan ramah lingkungan yang digunakan pun membuat rumah-rumah tersebut lebih istimewa.

Sumber : https://newsroom.posco.com/en/tiny-steel-homes-allow-limitless-living/

https://inews.co.uk/inews-lifestyle/homes-and-gardens/homes-nomads-beautiful-houses-can-build-anywhere-107033

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?