5 Daftar Menara Baja dan Besi Terunik di Dunia

Posted by purnosidi
on 17/01/2018

Berharap menjadi info konstruksi unik dan viral, inilah 5 daftar menara baja dan besi terunik di dunia. Semoga info pengetahuan dunia arsitektur baja ini melengkapi khazanah pengetahuan kita semua. Selamat membaca dari kami, perusahaan konstruksi dan supplier maintenance gedung di Karawang Jawa Barat.

Berbicara mengenai logam tentunya tidak lepas dari besi atau pun baja. Kedua bahan tersebut banyak digunakan dalam pembuatan bangunan, baik itu bangunan yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari sepeti halnya rumah, gedung atau bahkan bentuk bangunan lainnya. bahkan besi serta baja juga dinyatakan sebagai bahan logam yang paling banyak digunakan. Mengapa demikian? Karena selain dikenal dengan harganya yang lebih murah, kedua bahan tersebut juga memiliki beragam keunggulan dibandingkan dengan jenis bahan lainnya. Karena itulah tidak sulit bagi anda untuk menemukan kedua bahan logam tersebut.

5 Menara baja dan besi terunik di dunia

Dikenal dengan kekuatannya yang super tinggi, besi serta baja pun banyak digunakan dalam pembuatan bangunan-bangunan unik dan bahkan masuk ke dalam daftar 5 bangunan unik yang ada di dunia, ingin tau bangunan apa saja? Simaklah penjelasannya di bagian bawah ini :

1. Menara Tokyo

Tokyo dikenal dengan salah satu ikon yang dimilikinya yang bahkan ikon tersebut dikenal di seluruh dunia, apalagi jika bukan menara Tokyo atau lebih dikenal dengan sebutan Tokyo Tower.

Menara ini memiliki tinggi dengan ukuran 332,g m dan menjadi salah satu menara baja tertinggi yang ada di dunia yang tentunya tegak berdiri di bagian atas tanah. Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Tokyo Tower juga dinyatakan sebagai simbol dari kota Tokyo. Lebih dari itu, menara ini juga dapat digunakan sebagai antena atau pemancar untuk jenis TV analog, kemudian TV Lokal digital, serta radio FM. Lebih dari itu, menara ini juga dapat difungsikan sebagai radio dengan sistem gawat darurat kereta api yang tentunya hanya ada di negara Jepang. Untuk melihat keindahan dari menara baja dan besi terunik di dunia yang satu ini, akan lebih baik apabila anda mengunjunginya pada waktu malam hari, sehingga keindahan yang dimilikinya pun dapat terpancar dengan lebih baik.

2. Tower Bridge

Tower Bridge atau dikenal pula dengan sebutan jembatan menara, yaitu bangunan dalam bentuk jembatan yang dibuat membentang di bagian atas dari sungai Thames dan terdapat di kota London , Inggris.

Jembatan yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik, karena desain yang dimilikinya yang mana menggabungkan desain dari jembatan angkat serta jembatan gantung. Selain itu keunikan lain yang dimiliki oleh jembatan ini dapat anda lihat melalui kekuatan yang dimilikinya yang hingga saat ini masih terpelihara dengan baik. Lebih dari itu, untuk membangun jembatan ini juga dibutuhkan sekitar 11.000 ton dari bahan besi serta baja sehingga struktur bangunan menara baja dan besi terunik di dunia yang dimilikinya ini pun dapat menopang jembatan dengan lebih kokoh dan terjaga kekuatannya hingga saat ini.

3. Long Ta Tower

Long Ta Tower atau sering pula disebut sebagai Dragon Tower, yaitu menara indah yang terdapat di negara tirai bambu dan sudah terkenal di seluruh penjuru dunia.

Salah satu hal yang membuat menara ini tampil unik dan berbeda dari menara lainnya adalah keindahan penggunaan bahan baja serta besi yang dikaitkan antara satu dengan lainnya sehingga terbentuklah bangunan yang kuat dan kokoh. Untuk menikmati keindahan dari menara ini dengan lebih maksimal dan tampilan paling indah, maka sebaiknya anda kunjungi Long Ta Tower atau Dragon Tower tersebut pada waktu malam hari dengan beragam kerlap kerlip lampu di sekitarnya yang tentu saja membuat tampilan menara tersebut nampak jauh lebih indah dari tampilannya di pagi dan siang hari.

 4. Menara Eiffel

Eiffel, siapa yang tidak kenal dengan menara baja dan besi terunik di dunia yang satu ini? Menara ini sangat terkenal utamanya di antara kalangan anak muda. menara Eiffel dikenal sebagai menara yang dibangun dengan menggunakan bahan besi di  kawasan Champ de Mars lebih tepatnya di tepi sungai Seine dari kota Paris, Perancis,

Tempat ini ramai dikunjungi orang karena dibuka sebagai lahan wisata. Eiffel juga dikenal sebagai bangunan ikonik yang tentunya secara global dapat menunjukkan ciri dari negara Perancis. Salah satu keunikan yang muncul dari menara eiffel dan tentunya berbeda dengan menara-menara lainnya adalah konstruksi yang dimilikinya, yang mana setiap bagian besi atau baja itu pun dibuat dalam bentuk silang, dan tentunya diperkuat dengan penggunaan paku dalam jumlah banyak.

5. Menara Kobe Port

Masih dari kota Jepang, menara lain yang juga tampil dengan bahan besi serta baja dan tampilan unik yang dimilikinya, yaitu menara Kobe Port. Menara baja dan besi terunik di dunia yang satu ini dibentuk dengan pipa terstruktur dan bentuknya pun unik karena menyerupai drum tangan.

Dalam pembangunannya menara ini juga diperpanjang dengan menggunakan struktur hyperboloid, sehingga tampilan akhir yang dimilikinya pun memberikan kesan unik dan luar biasa, bahkan dinyatakan tidak ada duanya di dunia. Menara ini juga dikenal dengan sebutan menara baja indah karena bentuknya tersebut. Lebih dari itu, ia juga sering kali dinyatakan sebagai simbol dari pelabuhan kobe yaitu tempat berdirinya menara tersebut. Apabila anda mengunjungi menara ini di waktu malam hari, maka ia pun akan dihiasi dengan sinar dari lampu LED yang dimilikinya, sehingga membuat pemandangan dari Kobe sebagiannya dapat terlihat dengan begitu indah dan mengesankan

Demikianlah kiranya 5 bangunan menara baja dan besi terunik yang ada di dunia.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id