15 Gedung Rumah Sakit dan Klinik Terkemuka Berdesain Artistik

Inilah 15 Gedung Rumah Sakit dan Klinik Terkemuka berdesain Artistik. Mengapa gedung perawatan kesehatan harus dingin dan impersonal? 15 desain ini untuk fasilitas terkait perawatan kesehatan yang dibangun dan yang belum dibangun bertentangan dengan tradisi dengan banyak cahaya alami, taman, dan detail pahatan.

Sementara beberapa mencerminkan siapa mereka sebenarnya – fasilitas medis canggih dengan semua lonceng dan peluit modern – yang lain menyembunyikan fungsi teknis mereka dalam desain yang hangat dan ramah yang terasa lebih seperti museum seni modern atau rumah yang lebih indah daripada rumah rumah sakit atau klinik.

Sumber: https://weburbanist.com

1. Center for Brain Health by Frank Gehry

Ini adalah proyek arsitektur Frank Gehry: Cleveland Clinic Lou Ruvo Center for Brain Health di Las Vegas. Fasilitas ini akan menjadi infrastruktur kesehatan pusat utama untuk studi dan pengobatan gangguan otak seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, dan Huntington.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Bangunan medis berwarna putih kuning, yang menampung pasien, dilengkapi dengan selasar berlapis baja tahan karat yang menghubungkannya ke gedung kedua di kampus, Pusat Aktivitas Kehidupan.

2. Champalimaud Center for the Unknown

Champalimaud Center ini adalah infrastruktur kesehatan di Lisbon, Portugal, yang dirancang oleh Charles Correa. Fasilitas ini dibangun untuk riset dan studi penyakit-penyakit baru yang belum diketahui obatnya. Fasilitas canggih ini, yang terletak di laut, terdiri dari tiga unit – satu untuk dokter dan ilmuwan, dan satu lagi untuk kantor, teater, dan ruang pameran.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Sement unit ketiga adalah ampthiteater umum. Kata Correa, “Yang paling membuat saya bangga tentang proyek ini bukanMuseum Seni Modern. Sebaliknya, ia menggunakan tingkat tertinggi ilmu pengetahuan dan pengobatan kontemporer untuk membantu orang yang bergulat dengan masalah nyata; kanker, kerusakan otak dan menjadi buta.

Dan untuk menampung kegiatan-kegiatan mutakhir ini, kami mencoba membuat sebuah arsitektur. Arsitektur sebagai Patung. Arsitektur sebagai Kecantikan. Kecantikan sebagai terapi. “

3. Helios Rehab Sanctuary Concept

Gedung pencakar langit dengan bentuk melintir tajam ini menjulang dari lanskap dalam desain Team CLS untuk ‘Helios Rehab Sanctuary’.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Menara ini dibagi menjadi tiga bagian, dari bawah ke atas: tubuh, pikiran, dan jiwa. Setiap bagian berfokus pada fungsi perawatan yang berbeda. Di dalam inti adalah rumah sakit, sementara perumahan yang dipenuhi cahaya dan jalur hijau melapisi kulit luar.

4. Life Activity Center by Frank Gehry

Ciri khas gaya Gehry yang jauh lebih banyak daripada bangunan medis adalah Pusat Aktivitas Kehidupan, struktur mencolok yang dibalut baja tahan karat reflektif.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Daripada menampung pasien atau penelitian, Life Activity Center adalah ruang untuk acara. Keuntungan dari acara ini akan bermanfaat bagi penelitian di gedung medis yang berdekatan.

5. Mobile Hospital Made of Semi-Trailers

Membawa pengobatan Barat ke negara-negara dunia ketiga yang membutuhkan, terutama setelah bencana, bisa menjadi jauh lebih mudah jika konsep rumah sakit keliling oleh Hord Coplan Macht + Spevco ini berhasil.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Desainnya terdiri dari 58 semi-trailer yang berisi 48 tempat tidur pasien selain ruang operasi, imaging, ruang bedah, apotek, laboratorium, dan bahkan toko suvenir. Seluruh kompleks seluas 55.380 kaki persegi dapat dibongkar, dipindahkan dan dirakit kembali dalam dua minggu.

6. Mornington Center Nursing Home by Lyons

Dari kejauhan, fasilitas kesehatan ini terlihat menyerupai kayu. Inilah Mornington Centre di Victoria, Australia sebenarnya terbuat dari batu bata cetak dan ukiran dalam berbagai corak hangat dan berpasir. Perusahaan arsitektur Lyons menginginkan panti jompo dan rumah sakit ini menyerupai rumah atau hotel pesisir, hangat dan ramah, tanpa kesan impersonal yang sering dikaitkan dengan fasilitas semacam itu.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Kamar pasien memiliki jendela ceruk yang sangat besar yang dapat dibuka untuk memungkinkan udara segar dan sinar matahari menyusup ke dalam ruangan. Adapun suang klinis tersembunyi di bagian dalam untuk membuat area umum terasa lebih nyaman bagi pasien dan keluarganya.

7. National Heart Center in Singapore

Dengan semua dinding kaca dan tanaman hijau, desain untuk National Heart Centre di Singapura ini lebih terlihat seperti kompleks apartemen daripada rumah sakit.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Arsitek Broadway Malyan, yang ingin menekankan interaksi antara pasien, staf, dan pekerja, menyediakan banyak area umum terbuka yang luas yang dipenuhi tanaman dan dibanjiri cahaya alami. Bangunan ini akan berbentuk modular untuk memungkinkan konstruksi yang cepat dan mudah serta renovasi di masa mendatang.

8. New Santa Lucia University General Hospital

CASA sólo arquitectos telah merancang Rumah Sakit Umum Universitas Santa Lucia yang baru di Murcia, Spanyol, sebuah kompleks yang tidak hanya mencakup rumah sakit pendidikan tetapi juga ruang untuk olahraga, rekreasi dan belanja.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Penutup bayangan geometris menjadi ciri eksterior, menjangkau dari volume utama rumah sakit di atas pertokoan dan fasilitas olahraga hingga trotoar luar. Kamar pasien, yang terletak di sepanjang ‘tulang belakang’ desain, menghadap ke taman atap dua tingkat yang terletak di atas unit diagnostik dan rawat jalan.

9. Pictou Landing Health Center

Dengan kontur yang mengalir dan konstruksi kayu yang hangat, Pusat Kesehatan Pendaratan Pictou lebih terlihat seperti bangunan pertanian daripada kompleks medis.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Terletak di komunitas nelayan Mi’kmaq First Nation di pesisir Nova Scotia, desain pusat kesehatan memiliki sistem struktur yang terbuat dari pohon cemara berdiameter kecil yang dibentuk dengan warna hijau oleh anggota komunitas.

Teknik bangunan ini menghubungkan pusat dengan tradisi asli bersejarah dalam konstruksi rumah dan pondok.

10. Placebo Pharmacy by KLAB 1

Pernahkah Anda menebak bahwa gedung ini adalah apotek? Rumah desain Yunani, KLAB, melilitkan fasad bundar yang tertusuk huruf braille di sekitar apotek plasebo yang ada di Athena dan merenovasi interiornya.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Di dalam, dinding putih melengkung, jalur landai, dan kotak pajangan kaca yang diterangi menunjukkan museum seni daripada bangunan medis. Pola radial membawa cahaya alami jauh di dalam struktur segi delapan internal.

11. Rehabilitation Center Groot Klimmendaal

Terletak di hutan Belanda yang tenang, Pusat Rehabilitasi Groot Klimmendaal oleh Architectenbureau Koen van Velson termasuk di antara enam proyek yang terpilih untuk Penghargaan Mies Van Der Rohe 2011, Penghargaan Eropa untuk Arsitektur Kontemporer. Di dalamnya terdapat klinik, kantor, fasilitas olahraga, kolam renang, restoran, dan teater.

Rumah Sakit Berdesain Artistik

Dengan jendela kaca reflektif dan kelongsong aluminium anodized netral, bangunan dimaksudkan untuk menyatu dengan alam sekitarnya. Desainnya menekankan cahaya alami dan kekuatan penyembuhan koneksi ke luar ruangan.

“Ambisi desainnya bukan untuk menciptakan sebuah pusat dengan tampilan gedung kesehatan tetapi sebuah bangunan sebagai bagian dari lingkungannya dan komunitasnya.”

12. Suzhou Children’s Hospital

Proposal berbentuk gelombang untuk Rumah Sakit Anak Suzhou di China ini menggabungkan panel besar berwarna-warni yang mengingatkan pada layang-layang yang ‘mengapung’ di atas taman dan area bermain. Praktik arsitektur HKS membayangkan tempat yang damai yang akan meredakan stres pasien muda dan keluarganya.

Rumah sakit ini akan memiliki 600 tempat tidur, klinik rawat jalan, 14 ruang operasi dan unit gawat darurat layanan lengkap serta ruang penelitian dan perumahan staf, dan akan sangat mudah diakses melalui angkutan massal.

Semua kamar pasien menghadap ke selatan untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang maksimal dan dapat dibuka dengan angin sepoi-sepoi dari laut, karena orang China menganggap akses ke alam penting dalam penyembuhan.

13. Taiwan Center for Disease Control Complex

Desain berlapis yang penuh dengan atap hijau dan fasad penyaringan cahaya membentuk visi Studio Shift untuk Pusat Kompleks Pengendalian Penyakit Taiwan.

Meskipun proposal multi-level ini tidak dipilih sebagai desain akhir, namun proposal tersebut menerima Honorable Mention dan memberikan perspektif yang menarik tentang fungsi kompleks tersebut dan bagaimana ia berinteraksi dengan publik.

Hamparan rumput yang luas memberikan suasana dan ruang rekreasi yang alami dan ramah. Laboratorium ditumpuk di dalam menara pusat, memanfaatkan ‘tulang punggung sirkulasi pusat’ untuk layanan dan pembuangan limbah.

14. Ubuntu Center by Field Architecture

Ubuntu Center senilai $ 6 juta, yang memberi makan 2.000 anak per hari dan memberikan perawatan holistik kepada 3.500 pasien, telah membantu mengangkat komunitas Zwide Township di Afrika Selatan.

Arsitektur Lapangan yang berbasis di California menjadikan Ubuntu Center sebagai tambahan yang lebih positif untuk kota dengan menggunakan bahan-bahan yang bersumber secara lokal dan menggabungkan fitur-fitur hijau seperti energi terbarukan dan pendinginan dan pemanas pasif.

Dinding beton yang tebal menjaga suhu internal tetap stabil, dan jendela berventilasi yang ditempatkan dengan hati-hati mengalirkan udara. Bangunan ini juga mencakup taman atap yang diairi dengan air hasil daur ulang dari penggunaan rumah tangga.

15. Velez-Rubio Health Center, Almeria, Spain

Pusat Kesehatan Velez-Rubio di Almeria, Spanyol ini dibangun secara dramatis dan dinamis dengan meniru warna alami lanskap pegunungan bersalju yang berkarat di belakangnya dan langit biru di atasnya.

Bentuknya yang agak amorf meniru pegunungan; berbagai entri ke berbagai bagian bangunan diumumkan kepada pengunjung dengan warna-warna cerah.

Kata arsiteknya, “Solusi fasad menawarkan kebingungan pada dimensi bangunan yang sebenarnya, yaitu membuatnya tampak besar meskipun faktanya hanya memiliki dua lantai. Skala nyata muncul pada saat bangunan berinteraksi dengan seseorang, kendaraan, atau objek lain dari dimensi yang berbeda.”

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?