Manfaat Peraturan Wajib Tidur Pekerja Proyek Bangunan

Posted by purnosidi
on 21/03/2015

Tahukah Anda keuntungan peraturan wajib tidur pekerja proyek ini?. Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Karena sifat butuh itulah bahkan sampai ada yang merasa tergantung dengan tidur. Pembaca, artikel ini akan menjelaskan sedikit tentang manfaat peraturan wajib tidur pekerja proyek bangunan. Ya, ketika tubuh merasa lelah, bosan dan jenuh lambat laun mata akan merasakan kantuk. Apalagi jika rasa lelah, bosan dan jenuh tersebut terjadi di tempat kerja. Sebagian orang atau perusahaan yang memperkerjakan banyak orang seperti kami, PT Nikifour karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman pasti ingin memiliki karyawan yang rajin dan ulet.

Dan mereka pasti akan merasa tidak suka jika Anda karyawan atau pekerja yang bekerja sambil mengantuk. Lebih-lebih jika melihat salah satu karyawab sampai tertidur, pasti karyawan tersebut langsung mendapat sangsi. Tetapi, tahukah Anda bahwa ternyata kebutuhan tidur para karyawan itu sangat penting? Terutama di jam-jam yang paling menjunukan seperti siang hari.

Jika karyawan tetap dipaksa bekerja maka pekerjaan justru akan semakin lambat karena karyawan mengerjakanya dengan malas, loyo dan hasilnya pun pasti tidak memuaskan. Akan berbeda jika karyawan diberikan waktu untuk tidur beberapa menit, dimana banyak peneliti membuktikan bahwa hasilnya ketika karyawan bangun tidur, mereka akan kembali fresh, segar dan dapat bekerja dengan penuh semangat.

Efeknya tentu saja akan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal dan dapat menambah keuntungan pada perusahaan.

Manfaat Peraturan Tidur Bagi Pekerja Proyek Bangunan

Banyak sekali manfaat positif yang akan didapatkan dengan memberikan peraturan tidur bagi para pekerja proyek bangunan seperti misalnya karyawan atau pekerja PT Nikifour karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman.

  • Tidur adalah fase dimana seluruh organ gerak tubuh tidak bergerak kecuali organ-organ vital yang memang selalu bekerja. Maka dari itu banyak sistem atau proses tubuh seperti misalnya proses metabolisme yang terjadi saat tidur. Maka dari itu, tidur merupakan cara terbaik untuk mengembalikan stamina dan kesegaran tubuh termasuk kelancaran berfikir. Peraturan wajib tidur yang hanya beberapa menit sama sekali tidak masalah karena pemenuhan kebutuhan tidur bukan dilihat dari lamanya melainkan dari kualitas tidurnya.
  • Jika ada dinas malam, kewajiban untuk meluangkan sedikit waktu tidur di jam kerja malam juga akan menambah kemudahan petugas keamanan untuk melakukan pekerjaanya.
  • Seperti yang telah disinggung diatas, jika kebutuhan tidur karyawan terpenuhi maka kesehatan karyawan akan semakin terjaga sehingga mengurangi fenomena izin atau tidak masuk karena sakit.
  • Tidur akan membuat fikiran menjadi tenang dan rileks, disaat tenang dan tidak memikirkan apapun itulah terkadang inspirasi tak terduga yang dapat menyelesaikan masalah muncul.
  • Memberikan waktu khusus untuk tidur juga akan menanamkan sikap disiplin kepada karyawan. Mengapa begitu? Karena dengan memberikan waktu khusus mengenai hal-hal yang ingin dilakukan seperti tidur akan membuat karyawan mengerti kapan waktu yang tepat untuk tidur dan kapan waktu harus mulai bekerja, sehingga menurunkan angka pelanggaran tidur di jam kerja.
  • Tak hanya berdampak secara fisik, memberikan waktu tidur juga akan membuat karyawan merasa diperhatikan kesehatanya. Dengan begitu loyalitas karyawan terhadap perusahaan dan pimpinan juga akan semakin meningkat.

Alternatif Waktu Wajib Tidur Pekerja Proyek

Jika Anda sudah mulai berminat untuk mengadakan jam tidur untuk karyawan seperti kami PT Nikifour karawang sebagai kontraktor sipil terbaik berpengalaman, berikut ini ada beberapa pilihan waktu yang tepat untuk diberlakukan.

  • Siang hari adalah waktu yang tepat untuk memberikan waktu tidur setidaknya 30 menit sekitar pukul 1 siang sampai setengah 2 siang. Mengapa begitu? Karena pada jam itu, tubuh sedang berada di titik lelah sehingga tidur yang berkualitas akan meningkatkan tenaga dan stamina pekerja hingga berlipat-lipat.
  • Untuk para pekerja malam, memberikan waktu tidur kurang lebih pukul setengah 8 malam hingga setengah 9 malam merupakan waktu yang tepat. Karena jam-jam tersebut adalah jam dimana rasa kantuk manusia sedang tinggi, jika ditidurkan sejenak akan membuat pekerja dapat bekerja tanpa rasa mengantuk selepas pukul 9 malam.
  • Nah. Sedangkan untuk pekerja yang harus berada di kantor malam hari dan kembali pagi harinya, tak akan ada masalah jika karyawan diberikan waktu tidur selama 5 jam hingga pukul 3 pagi, sehingga karyawan tidak akan tampak lesu begitu harus kembali ke kantor lagi pagi harinya.

Kesimpulanya, wajib tidur pekerja proyek akan memberikan waktu tidur kepada karyawan yang memiliki beban kerja tinggi merupakan cara yang baik dan solusi yang tepat untuk menstabilkan kualitas karyawan dan memaksimalkan produksi perusahaan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id