Tips Perawatan Rumah Kayu dan Bagian Dinding agar Tidak Cepat Lapuk

Nice wooden ranch home with beautiful landscape in the countryside.

Tips Perawatan Rumah Kayu

Renovasi-rumah.net Menarik memang, bila kita memiliki rumah dengan desain dan material yang tidak biasa. Misalnya saja pada rumah kayu. Jenis rumah yang satu ini umumnya dipakaioleh masyarakat pedesaan di jaman dahulu dan sebagiannya juga masih bertahan hingga sekarang. Rupanya bentuk dan kesan sejuk dari rumah kayu ini menarik untuk diadaptasi menjadi salah satu desain rumah di perkotaan.

Pada dasarnya, anda tidak perlu menggunakan kayu murni sebagai pondasi atau bahan inti dari pembuatan rumah. Karena rumah yang seperti itu tentu memiliki banyak kelemahan, diantaranya mudah lapuk terpapar panas dan hujan, gangguan serangga, bencana alam, kebakaran dan lain sebagainya.

Walaupun kini anda bisa menggunakan material kayu yang siap pakai yang sudah diproses sedemikian rupa agar lebih tahan lama.Anda cukup mengadopsi desainnya, misalnya gunakan material kayu pada lantai yang atau dinding yang telah dipelester sebelumnnya. Namun apa pun itu, memiliki rumah kayu tentu memerlukan perawatan khusus agar selalu tampak indah dan yang terpenting adalah awet.

Bagi anda yang tertarik umtuk membuat rumah kayu minimalis atau memang anda sudah memiliki rumah dengan gaya ini, ada baiknya anda ketahui betul cara-cara merawatnya. Oleh karena itu berikut ini kami berikan informasinya untuk anda mengenai beberapa cara merawat rumah kayu.

Log two story great room

Bersihkan material kayu setiap hari dengan kemoceng atau lap dengan kain halus sedikit basah lalu segera keringkan. Hal ini termasuk ke dalam perawatan harian yang jangan ditinggalkan agar debu atau kotoran tidak semakin menumpuk dan membuat rumah kayu anda semakin sulit untuk dibersihkan

Bila anda berniat mengepel, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Ada beberapa hal harus anda perhatikan, bahwa lantai kayu tidak boleh dipel sembarangan atau menggunakan kain yang basah sekali atau juga dengan cairan pembersih lantai sekalipun.

Penggunaan bahan kimia dikhawatirkan akan membuat kayu menjadi rusak. Sebaliknya, anda disarankan untuk menggunakan ramuan atau obat pel tradisional, misalnya dari air rendaman cengkeh yang terbukti membuat kayu tahan lama dan bebas dari serangan rayap yang umumnya senang memakan kayu-kayuan.

Kegiatan sehari-hari dalam rumah kayu pun harus dilakukan dengan hati-hati. Misalnya saja bila anda ingin memindahkan suatu benda seperti meja atau kursi dan lainnya, sebaiknya harus hati-hati dan lebih baik diangkat bukan digeser. Gesekan dengan benda semacam itu akan meninggalkan goresan yang sulit dihilangkan.

Bila ada tanaman di sekitar rumah kayu anda, usahakan jangan sampai menutupi kayu yang menjadikannya lembab sehingga mudah berjamur. Bila perlu, pangkaslah tanaman tersebut secara rutin agar tidak mengganggu rumah kayu anda.

Begitu juga cahaya matahari yang mengenai rumah kayu anda, sebaiknya batasi dengan gorden atau tiai lainnya agar tidak langsung terpapar secara terus menerus yang membuat kayu cepat kusam dan pecah-pecah. Demikian juga pada ruangan memasak atau dapur, buatlah agar asap tidak masuk ke area yang menggunakan material kayu agar warnanya tidak menghitam atau juga kusam.

Hindari menempatkan benda yang terlalu berat dalam waktu yang terlalu lama. Hal ini bisa menyebabkan lantai kayu rumah anda rusak atau sedikit ambles sehingga merusak penampilan dan sulit untuk diperbaiki.

Selain perawatan secara harian, anda juga harus menyiapkan jadwal perawatan lebih intensif secara berkala. Misalnya satu atau dua bulan sekali. Perawatan yang lebih intensif ini bisa berupa pemusnahan dan pencegahan munculnya serangga atau rayap, tikus, dan pencucian dinding bagian luar rumah. Bila kayu tidak bisa lagi dihindarkan dari goresan dan warnanya pun sudah memudar, sebaiknya lakukan coating atau pengecatan ulang agar tampilannya kembali menarik dan terlihat mengkilap.

Demikian tadiinformasi singkat yang dapat kami berikan tentang beberapa cara merawat rumah kayu. Bila anda merasa kesulitan melakukan perawatan ini sendirian, kini telah banyak dibuka jasa perawatan terhadap rumah dengan material kayu dann tentunya anda harus menyiapkan budget lebih untuk melakukan hal tersebut. Terimakasih, semoga informasi tadi bermanfaat dan menginspirasi anda.

Cara Merawat Dinding Rumah Kayu

Renovasi-rumah.net – Rumah, sekarang ini bukan hanya sebagai kebutuhan manusia untuk bertempat tinggal, menetap dan terlindung dari panas, hujan, maupun terpaan angin. Dewasa ini rumah juga menjadi cara manusia untuk memenuhi kebutuhan akan eksistensi dan kreatifitas. Pasalnya, semakin hari akan kita temukan berbagai gaya desain rumah yang menarik untuk dijadikan contoh.

Desain rumah sekarang pun tidak lagi berpatokan pada beberapa jenis desain yang ada, seperti misalnya desain rumah klasik, minimalis, mediterania, tropis, dan lain sebagainya. Kini desain rumah lebih berkembang dan berfariasi seperti misalnya rumah minimalis dengan aksen modern sehingga disebut sebagai desain modern minimalis.

Atau perpaduan antara klasik dan minimalis yang menghasilkan desain rumah klasik minimalis, dan lain sebagainya. Anda juga bebas membuat kesan klasik hanya pada salah satu ruangan saja misalnya. Atau memberikan kesan klasik hanya dengan membuat salah satu elemen rumah terbuat dari kayu. Misalnya saja dinding rumah.

Bagian yang satu ini memang lebih bisa dieksplore untuk mendapatkan nuansa tertentu dari sebuah hunian. Seperti anda bisa membuat dinding rumah minimalis anda dengan material dari kayu untuk menciptakan nuansa rumah kayu minimalis, atau sekedar ingin membuat tampilannya terkesan berbeda, unik dan menarik.

Ya, memiliki rumah dengan dinding yang terbuat dari kayu memang bukan konstruksi mayoritas penduduk kita yang umumnya menggunakan dnding batu bata. Sehingga rumah akan terkesan sejuk dan lebih menarik dengan dinding bermaterial kayu ini. Namun, tentu ada harga yanng harus anda bayar untuk mendapatkan tampilan rumah yang lebih apik dari pemanfaatan material kayu di dinding ini.

Anda harus ekstra melakukan perawatan karena sifat kayu yang mudah lapuk bila tidak terawat. Oleh karena itu, berikut ini kami berikan informasinya untuk anda beberapa tips merawat dinding rumah kayu.

Lakukan perawatan kebersihan secara berkala atau setiap hari, misalnya dengan selalu membersihkannya dari debu dengan mennggunakan kemoceng atau lap kering. Perawatan harian yang sederhana ini terbilang penting agar debu atau kotoran lainnya tidak sempat menumpuk dan menjadi semakin sulit dibersihkan.

Bila pada dinding biasa atau dinding batu bata anda mungkin tidak perlu melakukan hal ini, namun bila dinding anda terbuat dari kayu sebaiknya masukkan dalam daftar kegiatan bersih-bersih anda setiap harinya.

Bersihkan juga selalu bagian pojok ruangan yang atas atau sela-sela dinding kayu. Bagian ini biasanya banyak ditempati sarang laba-laba, sehingga anda perlu mengecek dan membersihkannya dengan kemoceng atau bila letaknya terlalu tinggi gunakan spider web stick atau sapu panjang yang memang digunakan untuk menjangkau dan membersihkan bagian tersebut.

Untuk perawatan yang satu ini anda bisa melakukannya cukup dengan seminggu sekali saja atau bersihkan bila terlihat ada sarang laba-laba yang menempel saja karena letaknya yang tinggi dan perlu alat khusus yang akan tidak efektif bila anda mengerjakannya setiap hari.

Bila mungkin, tiap 1 minggu sekali juga lakukan perawatan lebih ekstra, misalnya dengan mengelap secara menyeluruh bagian dari dinding rumah anda yang terbuat dari kayu dan memolesnya dengan cairan khusus furniture kayu atau biasa dikenal sebagai furniture polish agar bersih dan terlihat mengkilap alami.

Bersihkan selalu dengan segera bila terkena percikan air atau percikan kotoran apapun. Jangan lupa untuk selalu segera mengeringkannya setiap kali anda mengelap dinding kayu dengan kain basah.

Hindarkan dinding kayu rumah anda dari hal-hal yang mungkin akan menggores permukaannya. Misalnya saja menggantung sesuatu dengan cara memakunya juga tidak disarankan.

Bila memang anda hendak memajang suatu hiasan tertentu di dinding rumah anda, sebaiknya pertimbangkan dari awal, sehingga saat pemasangan material kayu, anda bisa memberi sedikit celah atau dipasang dengan jarak tertentu per papannya.
Apabila dinding kayu anda sudah terlihat kusam atau benar-benar sulit dibersihkan, anda bisa melakukan coating ulang agar tamak mengkilap kembali.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.