Tips Merawat Rumah Agar Awet

Posted by purnosidi
on 22/01/2016
Tips Merawat Rumah Agar Awet

Ingin rumah awet sepanjang masa hidup Anda. Rumah kalo bisa seawet mungkin hingga diwariskan ke anak cucu. Bagaimana tips merawat rumah agar awet?

Rumah merupakan tempat tinggal yang biasanya dihuni oleh sebuah keluarga. Di dalam rumahlah keluarga tinggal, berlindung, berinteraksi, dan lain sebagainya. Rumah yang nyaman dan aman tentunya menjadi impian banyak keluarga.

Tips Merawat Rumah Agar Awet

Nah, salah satu hal yang perlu dilakukan agar rumah nyaman dihuni adalah dengan melakukan perawatan rumah. Perawatan rumah mencakup perawatan bagian dalam (interior) dan perawatan bagian luar (eksterior) rumah.

Tim Nikifour kontraktor terbaik memberikan tips dan langkah melakukan perawatan rumah agar tahan lama, tidak mudah rusak, dan nyaman dihuni. Yuk simak informasi dan ulasannya berikut ini!

Perawatan Interior Rumah

Bagian dalam atau interior rumah mencakup segala sesuatu yang berada di dalam rumah itu seperti dinding, lantai, plafon, dapur, kamar mandi, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, dan lain sebagainya.

Perawatan interior rumah harus diperhatikan secara maksimal karena di sinilah keluarga itu tinggal dan menetap dalam jangka waktu lama. Sehingga aspek kebersihan, pemeliharaan perabotan, dan perawatan bangunan harus terus-menerus dilakukan.

Beberapa aspek penting yang disarankan tim Nikifour kontraktor terbaik terkait perawatan interior rumah adalah sebagai berikut.

  • Memperbaiki lantai keramik. Kadangkala karena cara pemasangan yang tak sempurna lantai keramik mudah pecah atau terlepas sehingga butuh perbaikan. Caranya adalah kemarik yang retak atau terlepas dilepas. Kemudian nat dikorek-korek dengan benda tajam. Selanjutnya pasangkan keramik baru dengan membuat dasar pemasangannya dengan baik.
  • Mengecat dinding. Agar dinding awet cara yang dilakukan adalah dengan memberi lapisan cat yang tak mudah terkelupas. Caranya dengan membatasi penggunaan plamur. Selain itu lakukan pengecatan dengan cat berkualitas pada saat dinding kering. Bila cat dinding mengelupas karena kondisinya sudah lama, maka pengecatan ulang bisa dilakukan 6 bulan sekali.
  • Kebersihan kamar mandi yang mencakup lantai, dinding, bak mandi, pembuangan, dan kloset (jika menyatu dengan toilet). Bagian-bagian tersebut mudah sekali kotor dan berkerak sehingga perawatan dan kebersihannya harus rutin dilakukan. Cara yang bisa dilakukan dengan membersihkan kerak dengan sikat, setelah itu gunakan asam sitrat/citroenzuur (diamkan selama 1 jam), dan sikat hingga bersih.
  • Mengatasi jamur dalam rumah. Jamur adalah masalah yang membuat rumah tidak nyaman dihuni dan bisa membuatnya tak tahan lama. Cara membersihkan jamur di rumah bisa dilakukan dengan fungsida, cuka atau cairan disinfektan menggunakan lap kain.
  • Bagian plafon yang rusak atau bocor bisa diganti dengan plafon yang baru.
  • Untuk menjaga kusen pintu dan jendela supaya aman dari gangguan rayap gunakan obat anti jamur agar rayap tak menghinggapi dan bersarang.

Intinya perawatan interior rumah dilakukan dengan menjaga kebersihan, memperbaiki dan mengganti bagian rumah yang rusak, dan menjaga perabotan rumah agar tetap awet dan bersih.

Perawatan Eksterior Rumah

Tak berbeda jauh dengan perawatan interior, perawatan eksterior rumah juga penting dilakukan. Terlebih bagian luar rumah sering dilihat orang lain karena posisinya yang paling nampak.

Merawat bagian eksterior rumah bisa dilakukan dengan menjaga dan memelihara bagian atap, dinding luar rumah, selasar/teras, dan bagian luar lainnya. Anda bisa memperbaiki atap yang rusak dan bocor, mengecat dinding rumah, memperbaiki teras, dan bagian luar rumah lainnya.

Bagian dalam dan luar rumah yang terawat dan terjaga dengan baik menunjukkan bahwa pemilik rumah memiliki benar-benar orang yang peduli akan kenyamanan tempat tinggalnya.

Nah demikianlah setidaknya beberapa tips merawat rumah agar awet. Supaya perawatan rumah (interior dan eksterior) Anda benar-benar terjaga dengan baik, Anda bisa menggunakan jasa Nikifour kontraktor terbaik.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id