Tips dan Motivasi Mendapatkan Pekerjaan

DCIM100MEDIA

Jika anda saat ini sedang bingung mencari pekerjaan, maka anda bisa mendapatkan tips dan motivasi dari artikel kali ini. Sejak tahun 2000 an, beberapa pabrik di Jakarta sudah mulai bermutasi ke Karawang, Purwakarta, dan sekitarnya. Tak heran jika banyak pelamar kerja yang ingin mencoba nasib pekerjaan mereka di Karawang. Terdapat 6 kawasan industri di Karawang, tak heran jika Karawang juga identik dengan kota idaman bagi pelamar kerja, salah satunya konveksi Karawang.

Nah jika anda ingin mencari kerja di Karawang, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu:

Karawang kota industri yang padat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika Karawang adalah kota industri. Jadi ketika anda mencari kerja di kota tersebut, maka hampir 85 persen merupakan lowongan di sektor industri. Entah itu berasal dari industri otomotif, textile, makanan, kimia, dan lainnya. Sisanya lowongan kerja juga berasal dari bidang pelayanan yaitu, resto, Mall, hotel ataupun public servicenya lainnya.

Persaingan ketat

Anda tahu sendiri jika sebuah kota yang mempunyai banyak kawasan industri atau lapangan pekerjaan pasti tidak pernah lepas dari persaingan ketat. Ada beberapa hal yang harus anda tahu, yaitu mental, sumber daya manusia, dan keberuntungan. Jika sumber dayanya rendah maka perusahaan mungkin akan enggan merekrut kalian. Jika mental lemah, maka anda mungkin merasa minder jika harus bersaing dengan calon pekerja lainnya. Hal tersebut juga membuat perusahaan merekrut anda, pada intinya anda jangan malu. Nah, faktor keberuntungan adalah hal yang tidak bisa kita duga. Tidak sedikit karyawan yang bisa diterima di perusahaan karena faktor keberuntungan, mungkin ada relasi atau teman yang membuat mereka bisa beruntung diterima di perusahaan tersebut.

Tahu lokasi iklan lowongan pekerjaan

Banyak orang yang sudah tak asing lagi dengan istilah BKK, yaitu bursa krja khusus. Biasanya BKK sudah ada di sekolah-sekolah kejuruan ataupun di luar kejuruan. Biasanya SMK mempunyai lembaga BKK tersebut. Untuk yang berada di luar sekolah, banyak yayasan yang bisa membantu layanan gratis selama proses perekrutan. Tempat-tempat tersebut biasanya mempunyai banyak informasi seputar lowongan di sektor industri.

Mengetahui proses perekrutan

Anda harus tahu jika proses perusahaan dalam merekrut calon pegawainya memang mempunyai cara yang berbeda. Namun ada penjelasan secara umumnya, seperti mengikuti test psikotest terlebih dahulu, tahap ini mengharuskan anda untuk mengisi beberapa soal, untuk jenis soal bisa melakukan pencarian di internet. Lalu tahap interview, dimana pelamar akan diberikan pertanyaan seputar keterampilan, motivasi, dan masih banyak lainnya. Biasanya interview sendiri akan dilakukan dua proses seperti interview dengan HRD dan interview user.

Selanjutnya beberapa perusahaan akan melakukan medical test atau tes kesehatan. Tahap satu ini mungkin kalian akan diperiksa kondisi kesehatan yang bertujuan agar perusahaan bisa mengetahui bagaimana kesehatan calon karyawan. Nah setelah anda lulus dari tahapan satu ini, biasanya perusahaan akan memberikan surat perjanjian kontrak. Sistem kerja di perusahaan biasanya tak bisa lepas dari pekerja kontrak waktu tertentu, dan kalian akan diberikan kurun waktu tertentu untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. Hal terakhir dalam proses perekrutan adalah training dan hanya dilakukan ketika anda sudah diterima di perusahaan tersebut, dan akan menempuh proses pelatihan, anda akan diberikan pengarahan, pengetahuan, dan seluk beluk terkait perusahaan tersebut.

Selalu hati-hati dengan segala jenis penipuan

Maksud dari hati-hati adalah ketika anda sedang mencari pekerjaan, mungkin ada pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan kalian untuk masuk ke perusahaan tersebut dengan cara lebih mudah, tentunya anda harus memberikan timbal balik, entah berupa barang ataupun uang. Anda harus selalu selektif, dan hindari dari kegiatan calo tersebut. Bisa jadi malah uang anda yang hilang mengingat banyak sekali kasus penipuan serupa. Akan lebih baik jika anda selalu merasa percaya diri dengan kemampuan anda, jangan bangga untuk bekerja di perusahaan besar namun dengan cara tidak baik.

Kalkulasi biaya hidup di karawang

Jika kalian sudah tingga di karawang, maka anda pasti sudah mengetahui harga makanan atau biaya hidup dibandingkan dengan daerah lain.  Banyak orang berasumsi jika hidup di Karawang bisa dikategorikan mahal. Untuk harga kosan atau kontrakan mulai dari 600 ribuan hingga lebih dari 1 juta untuk setiap bulannya bergantung pada fasilitas apa yang akan anda dapatkan. Untuk makanan bisa dibilang cukup mahal, namun anda bisa mendapatkan banyak hiburan jika tinggal di Karawang seperti Bioskop, Mall, Festival, dan masih banyak lainnya.

Tips pelamar kerja tetap semangat dalam mencari pekerjaan

Jika anda kehilangan pekerjaan atau belum mendapatkan pekerjaan hingga sekarang, maka hal tersebut mengganggu emosional hingga financial anda. Anda mungkin merasa seperti ditolak dan mulai mengkhawatirkan tentang masa depan. Anda mungkin ingin mendapatkan pekerjaan secepat mungkin dan berharap jika anda bisa menemukannya dengan cepat.

Ketika proses mencari pekerjaan menghabiskan hitungan bulan, maka wajar jika terkadang anda merasa putus asa. Tabungan anda mungkin tidak akan bertahan selamanya. Dalam lingkungan pencarian pekerjaan yang semakin sulit, banyak orang yang bahkan berbakat mencari pekerjaan selama berbulan-bulan. Meskipun terkadang sulit untuk selalu bersikap optimis bahwa keadaan akan segera membaik, sangat penting jika anda harus selalu bersikap positif. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam menjaga semangat anda dalam mencari pekerjaan.

Anda bisa menganggap pencarian kerja seperti pekerjaan

Karena anda sudah menganggapnya seperti bekerja, maka anda bisa habiskan waktu sekitar delapan jam tiap harinya untuk mendapatkan pekerjaan, baik dilakukan secara online maupun anda bisa mengunjungi perusahaan secara langsung. Ketika bangun di pagi hari seperti apa yang anda lakukan saat bekerja. Sikap positif satu ini bisa memberikan anda dengan outlook positif.

Anda bisa lakukan beberapa hal yang tidak sempat dilakukan saat bekerja

Satu hal yang baik jika anda belum mendapatkan pekerjaan adalah mempunyai jadwal yang lebih fleksibel. Hal tersebut bisa memberikan anda kesempatan untuk mengambil waktu istirahat pada siang hari dan melakukan beberapa hal yang tidak bisa anda lakukan ketika anda sudah bekerja. Misalnya, anda bisa mengikuti program karya wisata sekolah anak anda, makan siang bersama teman-teman dan masih banyak lainnya.

Jangan lupa lakukan istirahat cukup

Jika anda menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan, maka anda harus bisa mengambil waktu untuk beristirahat seperti waktu makan siang, dan menghabiskan beberapa jam saat malam hari untuk melakukan suatu hal yang anda sukai. Berolahraga, membaca, dan melakukan hobi bisa sedikit membuang kejenuhan anda. Selama anda bisa menikmati waktu istirahat, maka jangan pernah lewatkan pengumuman pekerjaan apapun. Pastikan anda selalu membuat rencana untuk sekedar bertemu dengan teman-teman anda untuk menghilangkan kejenuhan anda. Bahkan anda juga bisa mencari lowongan di konveksi Karawang

Anda bisa membantu pekerjaan rumah tangga

Saat anda sedang bekerja, pasti anda merasa kelelahan setiap pulang kerja. Kondisi tersebut sering membuat pekerjaan rumah anda rentan terbengkalai. Untuk menikmati masa dimana anda belum mendapatkan pekerjaan, maka anda bisa melakukan pekerjaan rumah tangga.

Selalu belajar keterampilan baru

Belajar merupakan sesuatu yang bisa membuat anda merasa lebih baik. Tentunya hal satu ini bisa meningkatkan keterampilan anda. Jika anda tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk mengikuti kursus, maka anda bisa mengikuti ragam kursus online gratis.

Bergabung menjadi relawan

Mencari hal yang bisa menguatkan anda merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan bakat dan ketrampilan yang sudah anda punya. Anda bisa bekerja sama dengan program atau proyek social di akhir pekan. Selain itu, menjadi seorang relawan juga bisa memberikan kesempatan besar dalam membuka relasi. Dalam membantu orang lain juga membuat anda bisa merasa lebih baik.

Anda bisa bergabung dengan kelompok pencari kerja

Anda juga bisa menemukan kelompok pencari kerja dari beberapa situs online dengan lebih mudah. Bahkan anda juga bisa bergabung dengan ragam komunitas lain seperti rumah ibadah, perpustakaan setempat ataupun pusat komunitas. Anda bisa membagikan pengalaman anda dengan orang lain yang berada di situasi yang sama. Hal tersebut bisa membuat beban anda semakin ringan.

Kiat mudah membuat anda selalu termotivasi saat proses mencari pekerjaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika motivasi bisa semakin melemah setelah berusaha mencari pekerjaan dengan bidang dan posisi yang sama, namun dengan nama perusahaan yang berbeda. Mungkin sudah berulang kali anda mengecek email masuk anda, namun hasilnya tetap tidak sesuai. Tak ada satu email yang masuk ke dalam inbox email yang mengajak anda untuk masuk ke dalam sesi wawancara atau menerima anda dengan hangat ke dalam perusahaan mereka.

Salah satu tantangan terbesarnya adalah mempertahankan motivasi anda untuk terus berjuang, terutama jika anda sedang berurusan dengan penolakan yang sering muncul. Namun jika anda bisa memotivasi diri anda dengan membuat perubahan proses pencarian kerja. Anda harus selalu fokus dalam mengecek kembali resume dan surat lamaran yang anda buat, dan sebenarnya apa yang diinginkan dari pekerjaan tersebut. Kali ini artikel akan membahas seputar kiat-kiat supaya anda tetap termotivasi dalam mencari pekerjaan, walaupun anda sering menghadapi penolakan.

Selalu cek resume dan merancang target mingguan

Ketika anda merasa motivasi sedang menurun, tugas anda untuk mencari jaringan baru atau menghubungi kembali jaringan yang anda miliki bisa menjadi langkah bagus untuk anda. Jika anda mengecek kembali resume anda, dan teliti apakah anda perlu menambahkan sesuatu atau ada bagian mana yang harus anda hilangkan.

Selain itu, anda harus mampu menata ulang strategi terbaik anda, misalnya saja saat anda melamar pekerjaan, anda bisa menjangkau dua kontak langsung di dalam satu hari atau bahkan lebih. ANda juga bisa membuat target mingguan terkait sudah berapa jumlah perusahaan yang sudah anda hubungi dan posisi apa yang ingin anda dapatkan. Hal tersebut merupakan tujuan realistis yang bisa memungkinkan anda untuk bisa lebih fokus pada pembuatan alokasi pekerjaan terbaik untuk setiap minggunya.

Anda jangan berfokus pada website kerja saja

Jika anda sedang mencari pekerjaan dan menemukan deskripsi bahwa perusahaan tersebut membutuhkan beberapa tahun pengalaman di bidang tertentu, mungkin hal tersebut membuat anda selalu merasa frustasi saat membacanya. Anda tidak usah terlalu khawatir akan hal tersebut. Sebagian besar orang sukses selalu membuat  putaran, dan selalu menghadapi beberapa kegagalan untuk mencapai posisi mereka saat ini.

Pastikan anda tidak selalu terpaku dengan beberapa website kerja yang hanya itu-itu saha. ANda bisa mampir ke beberapa website pekerjaan terkenal. dan carilah orang-orang yang mempunyai pekerjaan impian anda atau yang bekerja di beberapa perusahaan yang anda inginkan. ANda bisa melihat berbagai cara yang membuat anda bisa sampai ke tempat tersebut, dan mengingatkan anda jika tak ada jalan lurus menuju kesuksesan.

Tuliskan tujuan karir anda dan selalu tanamkan ke dalam diri

Mempunyai tujuan hidup adalah hal penting untuk membuat hidup anda lebih terarah. Selalu tanyakan diri anda di mana anda bisa melihat anda dalam jangka waktu 10 tahun ke depan. Anda bisa luangkan waktu untuk selalu membuat list semua impian anda. Menuliskan impian anda di atas kertas bisa membuat anda selalu berpikir tentang apa yang anda inginkan dan selalu berusaha untuk menjadi pribadi lebih baik lagi. Hal tersebut bisa memotivasi anda untuk melihat setidaknya satu tujuan yang anda punyai di dalam hidup anda. Dengan melihat impian tersebut bisa membuat anda merasa lebih bersemangat untuk mencari pekerjaan dan tidak gampang menyerah.

Selalu berikan kritik yang konstruktif

Anda harus tahu kritik dan umpan balik merupakan hal penting dalam mengembangkan diri anda menjadi lebih baik. Mencari seseorang yang bisa menjadi kritikus yang bisa membantu anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Anda bisa mencari saran dari rekan anda dulu, orang tua, atau sahabat. Anda bisa tanyakan pendapat mereka terkait bagaimana bisa meningkatkan potensi anda. Jika anda selalu merasa kegagalan saat melamar pekerjaan, coba tanyakan pada mereka untuk mendapatkan beberapa kritik konstruktif.

Pastikan selalu identifikasi di mana anda saat ini sedang berjuang, apakah anda harus membuat resume atau tingkatkan kepercayaan diri anda saat berada di tahap wawancara, selalu minta saran dari orang yang tepat untuk mendorong kepercayaan diri anda. Berdasarkan pengetahuan mereka terkait kelemahan dan kekuatan anda, mereka mungkin bisa memberikan anda dengan saran yang bagus dan jujur. Hal tersebut bisa membuat anda merasa lebih termotivasi untuk selalu mempraktikkan dibandingkan kiat umum yang anda baca.

Anda juga bisa selalu motivasi diri anda supaya selalu terjamin secara finansial dengan mendapatkan gaji bulanan saat anda sudah mendapatkan pekerjaan. Hal tersebut merupakan motivasi kerja yang paling banyak digunakan dalam memotivasi diri sendiri dan selalu memberikan semangat dalam mencari pekerjaan dan saat sudah mendapatkan pekerjaan. Mempunyai gaji setiap bulannya tentu memberikan kemudahan dalam hidup. Dikarenakan salah satu prinsip kebahagiaan adalah financial. Fasilitas yang mempermudah kehidupan hampir 80 persen bisa didapatkan saat anda mempunyai uang dan pemasukan. Gaji bulanan tersebut akan membantu kebutuhan hidup anda, mulai dari kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, hingga tersier.

 

Jenis motivasi tersebut bisa membuat anda semakin semangat dalam mencari pekerjaan dan bekerja ketika anda mendapatkan imbalan finansial untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang anda miliki. Nah, semoga artikel kali ini bisa memberikan anda beberapa tips dan memotivasi anda untuk mendapatkan pekerjaan, seperti di konveksi Karawang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.