Tips Cat Warna Untuk Rumah Minimalis agar Tampak Elegan

Posted by purnosidi
on 22/08/2017
Tips Cat Warna Untuk Rumah Minimalis agar Tampak Elegan

Ingin rumah minimalis Anda tampil elegan? Ini dia beberapa tips cat warna untuk rumah minimalis Anda.

Rumah minimalis, sekarang ini banyak digunakan untuk konsep hunian nyaman di kota-kota besar. Dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, kita dituntut untuk mendesain rumah ini supaya nyaman dan menyenangkan tentunya. Nah, selain desain bangunan ternyata memilih cat untuk rumah minimalis juga merupakan suatu masalah yang banyak dipertanyakan orang.

Tren warna untuk rumah minimalis sekarang ini masih didominasi warna putih. Tren warna tersebut menampilkan kesan warna yang “ada”, dan warna yang “tidak ada” serta campuran dari keduanya. Artinya, kesan yang ingin ditimbulkan adalah kontras antara cat warna yang mengusung prinsip desain yang simple dan sederhana dengan tampilan rumah yang menonjol, menarik tetapi tetap elegan.

Beberapa tren warna cat rumah minimalis berikut mungkin bisa menginspirasi Anda. Prinsip yang diusung adalah kesederhanaannya.

Warna netral

Tidak masalah jika Anda pun juga memilih warna ini untuk warna cat rumah Anda. Warna-warna netral memang menjadi tren darri warna rumah minimalis. Begitu banyak varian warna netral  yang bisa Anda temukan di pasaran. Kombinasikan warna putih dengan warna-warna netral  tersebut supaya Anda mendapatkan warna yang lebih soft dan unik. Beberapa diantaranya yang bisa Anda pilih adalah warna krem, abu-abu, beige, dan sebagainya.

Skema warna monokrom

Gaya minimalis juga identik dengan skema warna monokrom. Hal ini bisa Anda buktikan sendiri karena tentu banyak Anda temukan di sekitar Anda beberapa rumah minimalis dengan konsep warna yang mirip. Skema monokrom yang merupakan salah satu elemen dari desain minimalis ini akan menonjolkan aksen yang dimiliki bangunan tersebut. Paduan warna yang dipilih para desainer pun biasanya lebih berani dan ekspereimental supaya kontras dan terlihatnya aksen bisa lebih tegas dengan skema warna monokromatis tersebut.

Perhatikan dalam konsep minimalis yang ingin Anda usung untuk rumah Anda, sembarangan memasukkan warna cerah bisa mengaburkan konsep tersebut, sehingga kombinasinya menjadi tidak pas. Karena warna cerah terlalu mencolok dan menarik perhatian. Untuk itu, skema warna monokromatis dapat mengatasi hal ini. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan spektrum warna monokromatis dari paduan warna shades, tints, dan tones. Pilihan warna yang dihasilkan dari spektrum warna ini bisa Anda gunakan di setiap bagian desain rumah minimalis Anda.

Sejuk dan Hangat

Jika Anda memilih warna-warna sejuk untuk dinding rumah Anda, seperti misalnya warna biru, abu-abu, ungu, atau hijau, sebaiknya padukan juga dengan warna putih yang akan memberikan kesan sejuk yang lebih (cool white). Begitu pula jika Anda ingin mengusung tema hangat, misal dengan menggunakan warna nuansa merah, peach, cokelat, kuning, atau oranye untuk warna dinding. Kombinasikan warna-waran tersebut dengan warna yang memberi kesan lebih hangat lagi yakni putih (warm white).

Pemilihan warna-warna tadi tentu akan lebih berkesan ketika diaplikasikan untuk desain interior rumah Anda. Hal ini disebabkan aktivitas yang akan Anda lakukan kebanyakan terjadi di dalam rumah. Oleh karena itu, aplikasi cat warna tadi lebih cocok untuk desain interior daripada eksterior rumah minimalis. Jika Anda tinggal di daerah yang panas, pilih kombinasi cat warna yang memberikan kesejukan di dalam rumah.  Sebaliknya jika Anda tinggal di daerah yang dingin, Anda dapat mengaplikasikan kombinasi cat warna rumah yang memberikan kesan hangat.

Menyukai Kontras

Banyak orang yang salah paham tentang konsep rumah minimalis. Mereka menganggap tampilan rumah minimalis terlalu umum dan sudah basi. Hal ini bisa diatasi dengan penambahan kontras yang akan ditimbulkan untuk menambah nilai estetika yang ada. Contohnya Anda dapat memainkan beberapa pola warna di bagian tertentu sehingga akan menimbulkan kesan kontras yang mampu menambah daya tarik istana kecil Anda.

Tekstur sebagai Kombinasi Warna Putih

Warna putih yang memegang juara untuk tren rumah minimalis memang banyak diakui. Hal ini terkadang warna putih menjadi terlalu umum dan biasa diaplikasikan di setiap rumah bergaya minimalis. Untuk mengatasi hal itu, Anda dapat mengkombinasikan tekstur sebagai salah satu aksen yang kontras dengan warna putih. Tampilkan desain yang memberi kesan eye-catching tetapi tetap berpedoman pada desain minimalis di rumah Anda.

Cerah dan Tekstur

Selain warna putih, tekstur yang ingin ditonjolkan sebagai aksen dalam konsep minimalis juga dapat dipadukan dengan warna cerah. Penataan jendela, tiang, dan kisi-kisi yang dipadukan dengan latar belakang warna cerah yang tepat dapat memberikan efek memikat dan mencolok. Mungkin Anda bisa mencoba mengkreasikannya untuk memperindah hunian nyaman Anda.

Sedikit Aksen

Jika Anda ingin memperlihatkan desain minimalis yang sederhana, tidak suka unsur yang dominan, maka Anda bisa menggunakan warna mencolok untuk menghidupkan kesan tersebut. Salah satunya Anda bisa memilih warna merah yang mencolok, tanpa terlalu banyak memberikan aksen di rumah minimalis Anda.

Itu tadi beberapa tips yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mendesain rumah Anda supaya lebih nyaman lagi ditempati. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengaplikasikannya langsung, Anda bisa menghubungi PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id