Tips Building Maintenance Bangunan Komersial PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Tips Building Maintenance

Pemeliharaan bangunan atau sering disebut sebagai building maintenance merupakan hal penting yang biasanya dilakukan oleh kontraktor bangunan independen seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Hal ini menjadi lebih penting lagi ketika bangunannya merupakan bangunan komersial yang menghasilkan uang tentunya. Bukan tidak mungkin jika building maintenance itu dilewatkan sebuah bangunan komersial tidak akan bisa memberikan hasil seperti sebelumnya lagi. Benar adanya bahwa pemeliharaan bangunan komersial akan menjaga nilai dari bangunan tersebut.

Semakin sering hal – hal dibiarkan membusuk tanpa pemeliharaan dan perbaikan sudah tentu nilai bangunan akan turun. Selain itu juga ketika bangunan tersebut disewakan untuk pihak lain maka nilai sewanya akan lebih bagus dengan pemeliharaan rutin.

Pemeliharaan bangunan tentu membutuhkan biaya yang bisa saja besar. Namun jika tidak dilakukan secara berkala biayanya bisa menjadi lebih besar lagi karena adanya kerusakan yang sudah sulit diperbaiki atau sudah terjadi di banyak titik. Jadi sangat penting untuk selalu menjaga kondisi dan fungsi dari sebuah bangunan khususnya bangunan komersial seperti pusat perbelanjaan dimana semakin terawatt bangunannya maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk datang.

Mereka bisa saja datang sebagai pengunjung atau juga sebagai pengguna bangunan dalam kapasitas sebagai penyewa.

Terkait dengan building maintenance itu sendiri ternyata ada beberapa hal yang menjadi patokan atau pokok – pokok pentingnya. Dalam prosesnya patokan – patokan penting ini tidak boleh dilewatkan agar penanganan pemeliharaan bangunannya bisa tepat sasaran dan memberikan hasil yang maksimal secara spesifik sesuai dengan bangunannya.

Perbaiki Hal – Hal Kecil

Hal ini memang terkesan remeh namun bagi PT Nikifour Kontraktor di Karawang tidak ada hal yang remeh dalam building maintenance. Seperti kata pepatah sedikit – sedikit lama – lama menjadi bukit, kerusakan – kerusakan kecil itu bisa terkumpul menjadi banyak nantinya. Ketika sudah menjadi banyak tentu menjadi hal yang besar karena proses perbaikannya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan membutuhkan biaya besar juga. Belum lagi jika kerusakan – kerusakan kecil tersebut bisa merembet ke hal – hal dan kerusakan – kerusakan lain maka bisa semakin runyam. Oleh karena itu penting untuk secara berkala memeriksa adanya kerusakan – kerusakan kecil sebelum menjadi terlampau banyak.

Periksa Kebutuhan dan Penggunaan Listrik

Menelaah perihal kebutuhan listrik untuk sebuah bangunan komersial juga termasuk dalam pokok penting building maintenance. Hal ini ketika dilakukan akan memberikan gambaran kebutuhan listrik yang tepat untuk bangunannya dan juga menemukan celah – celah yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi penggunaan listrik. Bangunan komersial tentu memiliki kebutuhan listrik yang luar biasa besar, oleh karenanya memastikan bahwa semua hal terkait dengan hal tersebut sudah dibuat seefisien mungkin itu sangat penting.

Beberapa hal yang kemudian bisa dilakukan untuk menekan biaya listrik seperti penggantian bohlam ke lampu model led keluaran terbaru yang hemat energi. Selain itu juga penggunaan sekat – sekat ruangan yang tepat juga bisa memastikan kebutuhan listrik tidak membengkak. Yang paling sering terjadi adalah penggunaan AC yang tidak benar – benar dikondisikan dalam ruangan tertutup sehingga daya yang dibutuhkan semakin besar dan biaya listriknya juga semakin banyak.

Pastikan Generator Listrik Berfungsi

Sebuah bangunan komersial tentu akan memiliki generator listrik yang bisa difungsikan ketika pasokan utama listrik terhenti. Ketika pemadaman listrik terjadi paling tidak masih akan ada daya listrik pada bangunan. Oleh karena itu pastikan generator tersedia dalam jumlah atau kapasitas yang cukup dan juga fungsinya terjaga. Karena memang generator listrik itu berupa mesin maka perlu untuk menyalakan generator secara berkala meskipun tidak sedang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk menghindari kerusakan generator karena tidak pernah digunakan.

Renovasi Secara Berkala dan Berkelanjutan

PT Nikifour Kontraktor di Karawang juga merupakan penyedia berbagai bahan konstruksi dan juga tenaga konstruksi yang akan diperlukan dalam tahap renovasi dari bangunan komersial. Terkait dengan building maintenance ternyata renovasi juga diperlukan secara berkala. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga agar supaya bangunannya selalu menyesuaikan situasi dan kondisi serta tren terkini. Jika renovasi tidak pernah dilakukan sama sekali bisa saja pengunjung dan pengguna bangunan akan memilih untuk pergi ke bangunan lain yang lebih menarik menurut mereka. Sebagai contoh coba saja bandingkan bangunan – bangunan pusat perbelanjaan yang baru saja selesai didirikan dan mulai beroperasi dengan yang sudah lama beroperasi. Pasti akan terlihat jelas adanya perbedaan secara visual dan fungsional. Disitu peran dari renovasi dalam building maintenance tidak bisa diremehkan.

Utamakan Perbaikan Fasilitas – Fasilitas Bangunan

Sangat mengganggu rasanya ketika di sebuah bangunan komersial terdapat suatu fasilitas yang menguntungkan namun ternyata tidak bisa digunakan karena rusak. Hal – hal terkait dengan fasilitas mendasar seperti elevator, kamar mandi, AC, dan lain – lain sangat penting dijaga fungsinya. Seandainya dana yang dialokasikan untuk pemeliharaan bangunan sedang terbatas maka prioritaskan untuk fasilitas – fasilitas dasar tersebut. Hal ini penting agar supaya pengunjung dan pengguna tetap merasa nyaman ketika berada di dalam bangunan dan juga tidak merasa kapok datang ke lokasi.

Periksa Perangkat dan Fasilitas Terkait Keamanan

Nah selanjutnya yang juga menjadi pokok penting dalam building maintenance adalah berbagai perangkat dan juga fasilitas keamanan. Sebagai kontraktor independen yang sudah berpengalaman, PT Nikifour Kontraktor di Karawang selalu merekomendasikan pemeriksaan keamanan dari bangunan komersial. Hal – hal terkait dengan keamanan ini seperti penerangan darurat, jalur evakuasi, penanda jalur evakuasi dan jalan keluar darurat, alarm tanda bahaya, pengeras suara, dan juga perangkat – perangkat pembantu dalam keadaan darurat lainnya. Hal – hal tersebut perlu diperiksa keberadaannya dan juga fungsinya agar supaya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan tidak akan menjadi semakin buruk situasinya.

Dengan mengutamakan hal – hal pokok tersebut maka proyek pemeliharaan bangunan khususnya bangunan komersial akan bisa dilakukan dengan tepat. Kebutuhan pemeliharaan dari bangunan komersial tentu berbeda ketika dibandingkan dengan bangunan perkantoran misalnya. Oleh karena itu sangat penting dalam tahap inspeksi untuk bisa menelaah segala sesuatunya dengan teliti dan akurat. Adanya catatan pemeliharaan rutin lengkap dengan kendala – kendala yang terjadi dari pihak pemilik dan pengelola bangunan akan sangat membantu pihak kontraktor dalam menjalankan tugasnya melakukan pemeliharaan bangunan.

Sangat penting untuk bisa mempercayakan proyek pemeliharaan bangunan kepada satu kontraktor yang memang sudah teruji mampu melakukan dan menyiapkan serta menyediakan segala sesuatunya. Kontraktor yang mampu mencakup segala sesuatu ketika melaksanakan proyek building maintenance akan mempersingkat waktu pengerjaannya dan juga meminimalisir kebutuhan dana karena semuanya dikerjakan oleh satu pihak secara umum. PT Nikifour Kontraktor di Karawang adalah salah satu kontraktor independen yang juga merupakan penyedia bahan – bahan kebutuhan konstruksi termasuk jasa tukang yang bisa dalam sistem borongan maupun satuan atau harian.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..