Tips Bekerja Dari Rumah (WFH) di Tahun 2021. Wabah virus corona membuat lebih banyak orang bekerja dari rumah daripada sebelumnya. Jika Anda baru bekerja dari jarak jauh, tips dari ahli rumahan ini dapat membantu Anda tetap produktif dan menjaga keseimbangan.

Penyebaran global COVID-19, virus korona baru, membuat orang tidak betah. Sebagian besar dunia terkunci, dan, bahkan di tempat yang tidak, orang didorong untuk tinggal di rumah. Jika memungkinkan, pemberi kerja mendorong atau mengharuskan orang untuk bekerja dari rumah untuk waktu yang tidak ditentukan.

Jika Anda baru mengenal gaya hidup WFH, baik karena virus corona atau karena Anda telah berhasil menemukan pekerjaan berbasis jarak jauh, Anda perlu mengubah beberapa kebiasaan dan rutinitas agar bekerja dari rumah sukses.

1. Tentukan ruang kerja

Siapkan area rumah Anda untuk digunakan sebagai ruang kerja. Duduk di ruang ini mengirimkan sinyal yang jelas ke otak Anda bahwa inilah saatnya untuk fokus. Jauhi ruang kerja yang ditentukan saat Anda tidak bekerja.

Setelah Anda menyelesaikan hari kerja, tahan keinginan untuk memeriksa kewajiban profesional apa pun sampai Anda mulai bekerja lagi.

2. Bergerak

Jika membuat ruang kerja bergerak membantu Anda berkonsentrasi, siapkan beberapa ruang di rumah tempat Anda dapat bekerja. Ini dapat membantu postur Anda karena Anda akan mengubah posisi duduk Anda. Memberi diri Anda waktu tertentu di setiap lokasi dapat membantu Anda mengatur waktu.

Pastikan ruang kerja Anda ergonomis. Ini akan menghilangkan faktor risiko yang menyebabkan cedera muskuloskeletal dan memungkinkan peningkatan kinerja dan produktivitas. Saat duduk di sofa yang nyaman atau tempat tidur Anda mungkin terdengar bagus, mengetik di laptop sambil melakukannya untuk waktu yang lama dapat membuat punggung atau leher Anda tegang.

3. Bersiaplah untuk hari itu

Luangkan waktu untuk menjalani rutinitas pagi seperti biasa, mandi, dan berpakaian untuk hari itu. Jika Anda biasanya pergi ke gym, lengkapi rutinitas Anda dengan latihan beban tubuh atau latihan kekuatan.

Tentukan beberapa pakaian kerja, meskipun lebih nyaman daripada pakaian profesional Anda pada umumnya. Jika Anda lebih suka menata rambut dan riasan, lakukanlah, meskipun itu hanya untuk Anda.

Atau biarkan kulit Anda bernapas dan gunakan waktu ini untuk meningkatkan kesehatannya hanya dengan menggunakan serum, toner, atau masker.

4. Tetapkan jadwal

Alih-alih memiliki rencana yang tidak jelas, buatlah jadwal harian dan tuliskan. Buat jadwal digital atau catat dengan pena dan kertas, dan tempelkan di tempat yang terlihat. Munculkan daftar tugas mendetail yang dipecah ke dalam kategori berdasarkan kepentingan.

5. Buat rencana makan

Rencanakan makanan dan camilan Anda sebelumnya, seperti di awal minggu atau hari kerja. Ini mencegah Anda bekerja sampai kelaparan dan kemudian berebut untuk memutuskan apa yang akan dimakan. Anda juga harus menghindari makan di tempat kerja Anda.

Pilih makanan untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kewaspadaan, seperti biji labu, cokelat hitam, dan telur. Batasi asupan karbohidrat olahan, makanan olahan, dan minuman manis.

6. Bekerja dengan bayi

Gunakan gendongan atau pembungkus bayi agar Anda dapat menjaga anak Anda tetap dekat dengan Anda. Agar tangan Anda tetap bebas, gunakan aplikasi dikte. Jika Anda sedang menelepon, Anda dapat memberi tahu penerima bahwa Anda memiliki bayi di rumah jika ada gangguan atau suara apa pun.

Gunakan waktu tidur siang mereka secara efisien, dan cobalah untuk menjadwalkan pekerjaan yang membutuhkan fokus intens atau panggilan konferensi selama waktu-waktu ini.

Anda mungkin ingin berdiskusi dengan atasan Anda tentang perubahan jadwal yang cocok untuk Anda berdua saat bekerja dari rumah dengan bayi.

7. Bekerja dengan anak yang lebih besar

Jika Anda memiliki anak kecil, Anda pasti ingin berfokus pada kebutuhan mereka. Tetapi jika Anda memiliki anak yang lebih besar yang dapat mengambil tanggung jawab tambahan, Anda dapat mengaturnya dengan beberapa instruksi dan kegiatan yang sangat jelas untuk membantu merawat anak yang lebih kecil atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Anda mungkin ingin bekerja di pagi hari atau larut malam saat anak Anda tidur, terutama saat Anda perlu fokus pada tugas-tugas kompleks.

8. Perhatikan kebutuhan emosional mereka

Anak-anak Anda mungkin membutuhkan cinta, kasih sayang, dan perhatian ekstra selama waktu ini – bahkan jika amukan membuat semua orang yang terlibat merasa lelah atau frustrasi.

Anak-anak Anda terserap ke dalam emosi Anda, serta energi dunia secara keseluruhan. Mereka mungkin kesulitan menyesuaikan diri dengan rutinitas baru atau merasa terlalu terstimulasi.

Mainkan musik yang menenangkan di seluruh rumah Anda untuk membantu merangsang perasaan rileks.

9. Seimbangkan struktur dan permainan

Dorong anak Anda untuk menghibur diri sendiri, tetapi bantu mereka mengatur waktu dengan bijak. Siapkan aktivitas yang sesuai agar mereka tetap terlibat.

Anak-anak juga bisa terlalu terstimulasi, jadi batasi waktu layar mereka dan biarkan kebosanan sesekali muncul. Bersikaplah tegas dalam pendekatan Anda dan tetapkan batasan, harapan, dan konsekuensi yang jelas.

10. Berbagi layar

Jika Anda berbagi layar dengan seorang anak, jelaskan bahwa pekerjaan Anda adalah prioritas. Beri mereka waktu untuk menggunakan layar yang sesuai dengan jadwal Anda. Gunakan waktu ini untuk melakukan tugas yang tidak membutuhkan layar atau istirahat sejenak.

11. Kondisi dunia

Buat keputusan Anda sendiri tentang jenis media yang Anda ikuti, terutama saat Anda bekerja. Jika Anda tidak ingin melihat berita apa pun yang terkait dengan COVID-19, siapkan aplikasi yang akan memblokir berita tersebut di perangkat Anda.

Demikian pula, beri tahu orang yang Anda cintai jika Anda tidak ingin berdiskusi tentang virus atau infeksi.

12. Tetap terinformasi, tetapi tidak berlebihan

Jika Anda ingin tetap mendapat informasi tetapi merasa beritanya berlebihan, alokasikan waktu yang ditentukan setiap pagi atau sore hari saat Anda bisa membaca berita.

Atau tanyakan kepada teman apakah Anda dapat menelepon mereka untuk pengarahan singkat selama 10 menit. Mereka akan dapat menyampaikan berita apa pun dengan lembut dan membantu Anda tetap mendapat informasi tanpa merasa kewalahan.

13. Orang yang Anda cintai

Jika Anda mengkhawatirkan kesehatan orang yang Anda cintai, beri tahu mereka tentang kekhawatiran Anda. Pastikan mereka melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan akan menghubungi Anda jika mereka mulai mengalami gejala COVID-19.

Luangkan waktu untuk memberi tahu mereka betapa berartinya mereka bagi Anda, baik secara lisan maupun tertulis.

14. Mendapat Lockdown

Menikmati seharian bekerja di rumah terasa berbeda jika itu karena perintah pemerintah yang bertujuan menghentikan penyebaran virus.

Ciptakan ruang yang menyenangkan, baik saat melihat keluar jendela, memvisualisasikan pemandangan alam yang damai, atau melihat gambar yang menenangkan.

15. Selalu Terhubung

Hubungi ahli kesehatan mental atau temukan seseorang yang mendukung dan dapat membantu Anda mengelola perasaan, terutama jika perasaan ini menghalangi produktivitas Anda.

Jujurlah dengan perasaan Anda. Mengetahui bahwa seseorang hanya berjarak satu panggilan telepon atau obrolan video dapat membantu Anda mengelola perasaan cemas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.