Bagaimana Cara Teknik Mengecat Cepat dan Tepat?

Posted by purnosidi
on 03/06/2015
Teknik Mengecat Cepat

Ingin tahu bagaimana cara dan teknik mengecat cepat untuk mengefisiensi waktu pengerjaan painting eksterior dan interior? Merenovasi rumah tidak harus dengan merubah bentuk bangunan atau membeli furniture baru. Jika dana Anda terbatas, Anda tetap bisa merenovasi rumah dengan cara yang sederhana. Ketimbang membeli furniture atau bahkan membongkar bangunan, Anda bisa merenovasinya dengan cara mengecat dinding sekitar rumah Anda.

3 Teknik Mengecat Cepat dengan Efektif

Walaupun tampak sederhana namun kegiatan mengecat ini bisa jadi sangat menyita waktu Anda. Selain itu, jika Anda tidak mengetahui cara yang tepat, hasil pengecatannya juga tidak akan bagus. Nah, sebelum melakukan pengecatan, ada baiknya bagi Anda untuk mempelajari teknik mengecat cepat dengan hasil yang maksimal.

01. Sebelum melakukan pengecatan

Sebelum mengecat, persiapkan semua alat yang Anda perlukan. Peralatan yang diperlukan antara lain, kuas, kaleng cat, kaleng air, tangga, dan lain sebagainya. Usahakan untuk menyiapkan semuanya secara lengkap. Dengan persiapan semacam ini, proses pengecatan akan lebih cepat karena Anda tidak harus berhenti terlalu lama saat membutuhkan sesuatu. Semua sudah tersedia dan siap digunakan.

Menyiapkan cat yang akan digunakan. Baca petunjuk menyiapkan cat yang tersedia pada kaleng. Aduk dengan rata selama beberapa menit. Jika sudah siap maka Anda bisa dengan mudah dan cepat menggunaka cat tersebut.

Jika peralatan dan cat sudah siap, jangan lupa untuk membersihkan dinding yang akan dicat terlebih dahulu. Membersihkan dinding juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara tergantung tebal tidaknya kotoran yang melekat di dinding.

Jika kotoran yang melekat pada dinding tidak terlalu tebal, Anda hanya perlu menggunakan sapu atau kemoceng untuk membersihkannya. Namun, jika kotoran yang melekat pada dinding sangat tebal, gunakan sikat dan air atau produk khusus pembersih dinding.

02. Proses pengecatan dinding

Agar prosesnya cepat dengan hasil yang maksimal, Anda harus memberikan cat dasar terlebih dahulu. Walaupun terkesan rumit dan membuang waktu tapi justru cara ini akan membuat proses pengecatan lebih cepat. Setelah pemberian warna cat dasar selesai, biarkan mengering. Proses pengeringan biasanya memakan waktu sekitar 1 jam hingga 2 jam.

Siapkan cat warna yang akan Anda gunakan. Campur cat tersebut dengan air dan aduk hingga rata. Aduk dengan rata selama beberapa menit saja.

Proses pengecatan yang cepat adalah dengan cara menyapukan kuas secara zig-zag dari atas ke bawah. Lakukan proses tersebut berulang kali. Jika sudah selesai, biarkan mengering terlebih dahulu. Setelah mengering baru lapisi kembali dengan warna yang sama.

03. Proses pengeringan

Proses ini dilakukan beberapa sesi. Proses pengeringan di lakukan pertama kali setelah Anda memberikan warna dasar. Setelah itu, proses pengeringan berlanjut saat pemberian warna utama.

Setelah proses pemberian warna utama tahap pertama, Anda harus mengeringkan dinding tersebut. Setelah itu, barulah Anda boleh mempertebal kembali dengan warna yang sama. Lakukan proses pengeringan dan pengecatan kembali hingga merata. Proses pengeringan hanya memerlukan 1 hingga 2 jam.

Intinya, melakukan teknik mengecat cepat justru tidak akan memperumit Anda. Dengan teknik yang tepat seperti penjelasan di atas, proses pengecatan dapat dilakukan dengan cepat. Selain cepat, cat yang dihasilkan juga maksimal. Maksimal artinya dinding akan tampak bersih dan mengkilap dengan warna cat yang rata dan tebal.

Mengecat dinding sendiri justru mengurangi biaya ketimbang Anda harus memanggil orang lain untuk mengecatnya. Jadi, selamat mencoba tenik mengecat cepat ini dan semoga hasilnya sesuai dengan apa yang Anda bayangkan. Renovasi rumah secara sederhana namun maksimal pun bisa Anda lakukan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id