Tantangan dalam Building Maintenance PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Tantangan dalam Building Maintenance PT Nikifour Kontraktor di Karawang

Sebuah proyek building maintenance atau pemeliharaan bangunan yang menjadi tugas kontraktor seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang memiliki tantangannya sendiri. Building maintenance jelas tidak seperti proses konstruksi bangunan dari awal. Secara awam dapat dilihat jelas bahwa proses perbaikan dalam sebuah bangunan yang sudah jadi dan berfungsi bisa saja menjadi rumit ketika yang harus diperbaiki ternyata berada pada bagian – bagian yang tidak mudah dijangkau begitu saja.

Namun itu tadi hanya merupakan sebuah pandangan umum saja. Dibalik itu sangat bisa dan sangat mungkin ditemukan berbagai hal yang menjadi tantangan bagi pemilik atau pengelola sebuah bangunan ketika berhadapan dengan building maintenance.

Tidak perlu khawatir dengan hal tersebut karena setiap tantangan atau kendala tentu memiliki kemungkinan solusinya. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi tantangan besar dalam pemeliharaan gedung serta kemungkinan solusinya yang semoga saja bisa membantu siapa saja yang hendak melakukan pemeliharaan bangunan.

Catatan Pemeliharaan Bangunan

Sebuah bangunan yang dipergunakan oleh banyak orang setiap harinya seperti perkantoran lalu juga pusat perbelanjaan sudah seharusnya memiliki catatan pemeliharaan bangunan. Hal ini ternyata menjadi sebuah tantangan besar khususnya untuk bisa mengumpulkan catatan pemeliharaan harian menjadi sebuah kumpulan catatan yang akan sangat berguna bagi kontraktor ketika diperlukan adanya pemeliharaan bangunan dalam skala besar.

Dalam hal ini tantangannya adalah untuk bisa menyimpan dan menggabungkan catatan – catatan harian yang dimaksud dalam sebuah kumpulan yang rapi dan mudah diakses di kemudian hari jika dibutuhkan. Pencatatan manual yang disimpan dalam buku tentu akan membuatnya sulit untuk disimpan dan repot juga untuk mencari – cari bagian spesifik. Oleh karena itu di era digital ini sudah sangat wajar menggunakan bantuan perangkat lunak dalam komputer untuk mencatat laporan pemeliharaan bangunan secara berkala.

Mereka yang bertugas sebagai pengelola dan pemelihara bangunan bisa melakukan pencatatan manual terlebih dahulu sebelum kemudian memindahkannya dalam perangkat lunak di akhir tugas setiap harinya. Jika memungkinkan akan lebih baik lagi untuk sedari awal sudah dicatat dalam format digital sehingga mempermudah pengumpulannya.

Biaya Pemeliharaan Bangunan

Selanjutnya untuk melakukan building maintenance oleh kontraktor seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang tentu dibutuhkan biaya yang bisa saja tidak sedikit. Hal ini menjadi tantangan besar karena bahkan masih mungkin dari pihak petinggi perusahaan yang mana bangunannya membutuhkan pemeliharaan seolah enggan menggelontorkan dana yang mencukupi untuk keperluan ini. Bagian pemeliharaan tentu menjadi kebingungan dalam mengatur agar supaya pemeliharaan bisa dilakukan namun tidak dalam biaya yang besar.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi biaya besar dalam pemeliharaan bangunan. Biaya listrik adalah salah satu biaya terbesar dalam pengelolaan bangunan. Ada banyak aspek yang sesungguhnya bisa dioptimalkan lagi agar supaya penggunaan listrik bisa ditekan. Seandainya seluruh pengguna bangunan bisa bekerja sama dengan pengelola bangunan untuk memaksimalkan penggunaan listrik secara tepat maka biaya listrik bisa ditekan. Ketika biaya listrik ditekan tentu dananya bisa dianggarkan lebih untuk pemeliharaan.

Menelaah kinerja dari kontraktor yang bertanggung jawab dalam proses pemeliharaan seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang juga bisa membantu menekan biaya pemeliharaan. Sangat disarankan untuk menggunakan jasa dari beberapa kontraktor kemudian membandingkan kinerja dan biaya masing – masing. Dari situ akan bisa terlihat kontraktor mana yang paling efisien dan efektif dalam menangani pemeliharaan bangunan sehingga biaya tetap terjaga namun bangunan juga terkondisikan.

Satu lagi yang bisa dilakukan untuk menekan biaya dalam building maintenance adalah merencanakan pemeliharaan secara tepat dan akurat. Bagian pemeliharaan bangunan bisa menggunakan laporan – laporan pemeliharaan yang sudah dikumpulkan dan disimpan untuk merencanakan pemeliharaan – pemeliharaan yang diperlukan bangunan. Identifikasi masalah yang ada dalam bangunan mulai dari yang paling memberikan dampak luas sangat penting agar perencanaan pemeliharaan bisa berfokus pada masalah – masalah mendesak terlebih dahulu. Perencanaan ini akan sangat membantu pengaturan biaya agar pada suatu waktu tidak terlampau banyak yang dikeluarkan.

Penanganan Keadaan Darurat

Selanjutnya untuk bisa memastikan biaya pemeliharaan bangunan atau gedung tidak membengkak, fitur – fitur dan perangkat – perangkat terkait penanganan keadaan darurat perlu ditelaah. Dalam keadaan darurat di sebuah bangunan ada fitur – fitur yang harus siap sedia digunakan dan difungsikan. Memilih dan memilah mana saja yang harus disiapkan untuk menanggapi keadaan darurat sangat penting. Jika yang disiapkan kurang maka akan berbahaya. Namun jika yang disiapkan berlebihan maka akan menambah beban finansial juga.

Oleh karena itu penting untuk bisa menelaah kemungkinan – kemungkinan keadaan darurat yang bisa menimpa sebuah bangunan terkait lokasinya den keadaan di sekitar. Setelah itu akan bisa dilihat apa saja yang perlu diadakan dan disiapkan sehingga ketika keadaan darurat terjadi tidak akan terjadi masalah yang lain lagi dan keadaan darurat bisa ditangani serta dilewati segera. Jangan sampai ketika terjadi keadaan darurat tidak ada kesiapan sama sekali karena bisa sangat berbahaya.

Bangunan yang Tahan Lama

Sebuah bangunan yang mampu bertahan lama tentu akan mengurangi kemungkinan biaya besar dalam pemeliharaannya. Apa saja yang mampu membuat bangunan itu tahan lama dalam fungsinya? Salah satu yang penting adalah desain dari bangunan itu sendiri. Dalam pemeliharaan bangunan, oleh kontraktor seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang, renovasi menjadi salah satu hal yang wajar dilakukan. Cukup sering renovasi dilakukan untuk memberikan tampilan lebih terkini pada bangunan karena dirasa sudah tertinggal oleh zaman. Oleh karenanya penting untuk bisa menggunakan ide bangunan yang dirasa akan bisa terlihat menarik dalam waktu lama sehingga tidak akan diperlukan renovasi dalam waktu yang lama.

Selain itu fitur – fitur dan layanan – layanan yang ada dalam bangunan juga wajib diperhatikan. Penambahan hal – hal yang bersifat lebih maju atau modern sangat bisa menambah lamanya sebuah bangunan akan bertahan dari gempuran banyaknya bangunan – bangunan baru yang lebih terkini. Tidak jarang ditemukan sebuah perusahaan berpindah bangunan pusat kantornya ke bangunan yang lebih terkini karena bangunan yang lama dirasa sudah tidak bisa lagi menyesuaikan. Hal tersebut harus bisa dihindari jika ingin tetap menjalankan fungsi bangunan dan mengurangi biaya pemeliharaan bangunan sebagai tantangan terbesarnya.

Memilih Kontraktor Konstruksi dan Pemeliharaan Bangunan

Menentukan pilihan kontraktor independen untuk melakukan proyek building maintenance sangat penting demi mendapatkan hasil yang terbaik. Pengalaman dari kontraktor yang hendak dipilih patut dijadikan acuan yang mana rentang waktu 10 tahun bisa menjadi patokan. Selain itu perlu dilihat juga penawaran yang bisa diberikan oleh kontraktor dalam hal layanan dan juga biaya apakah memang sesuai. PT Nikifour Kontraktor di Karawang dengan pengalaman mengerjakan berbagai konstruksi dan pemeliharaan bangunan selama 10 tahun menjadi salah satu pilihan utama kontraktor independen di Indonesia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..