Seluk Beluk Pembangunan Rumah Sakit Sebagai Gedung Fasilitas Kesehatan Publik

Rumah sakit adalah fasilitas publik yang menjadi tempat rujukan masyarakat terkait kondisi kesehatan mereka. Sebagai bangunan vital yang menopang kehidupan berkelanjutan, rumah sakit harus dibangun dengan konstruksi yang baik. Seperti apa konstruksi dan pengerjaan pembangunan rumah sakit yang ideal?

Bicara mengenai pembangunan pastinya perlu menyiapkan pelbagai hal. Mulai dari desain bangunannya, bahan baku yang dibutuhkan, dan masih banyak lagi hal-hal yang perlu disiapkan. Apalagi membangun Rumah Sakit, tentu akan lebih banyak lagi yang perlu dikerjakan dan disediakan. Karena itu butuh kontraktor Rumah Sakit seperti PT Nikifour Kontraktor di Karawang yang ahli dibidangnya untuk membangun gedung tersebut..

 Sekiranya bila Anda memakai jasa kontraktor itu, maka jika ke depannya terdapat kendala saat pembangunan berlangsung kontraktor sigap menangani masalah dan memberi solusi terbaik. Sebab perusahaan konstruksi ini memang dikhususkan membangun bangunan yang mempunyai fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit. Pemilik proyek akan memberikan tanggung jawab penuh kepada badan usaha tersebut dalam melaksanakan pembangunan Rumah Sakit.

Jenis Jenis Rumah Sakit

Rumah Sakit pada dasarnya terdapat beberapa jenis, ada yang sifatnya lebih ke umum dan ada pula yang khusus. Di Indonesia sendiri bisa Anda temui ragam jenis Rumah Sakit. Misalnya Rumah Sakit lembaga atau perusahaan, klinik, Rumah Sakit umum, Rumah Sakit pendidikan atau penelitian, dan Rumah Sakit terspesialisasi. Adapun macam-macam bangunan Rumah Sakit yang dapat di bangun kontraktor Rumah Sakit sebagai berikut.

– Rumah Sakit Umum

Dalam pelaksanaan pembangunan ini ada beberapa fasilitas yang perlu dipenuhi kontraktor. Contohnya di sektor kapasitas yang cukup besar pada bagian rawat inap. Sebab di sana menjadi tempat perawatan pasien baik dalam waktu jangka panjang atau pendek. Sedangkan untuk fasilitas semua tergantung pada kemampuan pemilik atau penyelenggara. Misalkan fasilitas bersalin, bedah plastik, laboratorium, bedah, dan lain-lain.

– Rumah Sakit Terspesialisasi

Sistem perawatan pasien di Rumah Sakit ini lebih spesifik. Jadi bila itu Rumah Sakit anak maka tempat tersebut dikhususkan untuk anak-anak atau pada trauma center di sana akan menangani pasien yang mengalami atau mengidap suatu trauma, dan Rumah Sakit spesialisasi yang lain. Dalam hal ini kontraktor Rumah Sakit PT Nikifour Kontraktor di Karawang akan membangun sesuai jenisnya.

Desain Interior Kamar Inap dan Fasilitas Lain Rumah Sakit Bersalin dengan Konsep Modern

Apabila sebuah rumah sakit mengembangkan desain arsitek dan interiornya, maka hal ini bisa memberi efek positif pada psikologis pengguna maupun pasien Rumah Sakit tersebut. Sebut saja rumah sakit bersalin yang ada di kota Anda, bila luas bangunan memadai serta kemudahan dalam pelaksanaan peremajaan gedung dan lainnya, pastinya Rumah Sakit dapat memaksimalkan layanan pada pasien maupun pengunjung Rumah Sakit.

Observasi desain diperlukan sebelum melakukan perencanaan desain interior pada sebuah Rumah Sakit Bersalin. Untuk itu perlu dilakukan studi banding dengan RSB lainnya atau yang setara dari hasil wawancara pengguna RSB dan kuesioner. Menurut metodologi yang dijelaskan sebelumnya, dari sana Anda akan memperoleh perencanaan Rumah Sakit Bersalin dengan konsep modern yang sesuai standar Kemenkes yang berlaku.

Umumnya konsep modern memiliki karakteristik yang dapat berdaptasi dengan Rumah Sakit standar tipe C, dengan begitu akan mudah menghasilkan sebuah desain yang sesuai standar Rumah Sakit tersebut. Sementara itu, adanya konsep natural dapat membawa suasana yang fresh. Efek positif tersebut tentu tak hanya untuk pasien saja namun untuk kalangan lainnya di Rumah Sakit. Misalnya tenaga non medis, tenaga medis atau bahkan pengunjung RSB. Hal ini tentu memudahkan PT Nikifour Kontraktor di Karawang mengolah konsep bangunan.

Galeri Pekerja Konstruksi PT Nikifour

 

Perencanaan Bangunan Rumah Sakit

~ Prinsip umum

1. Memberikan perlindungan kepada pasien menjadi prioritas utama

Banyaknya lalu lintas tentu membuat pasien terganggu, terlebih dengan mengurangi efisiensi layanan terhadap pasien akan terkena infeksi meningkat. Terutama untuk pasien bedah, kebersihan perlu dijaga. Untuk memaksimalkan layanan pada pasien, jaminan terbebas dari serangan infeksi merupakan hal terpenting untuk dipenuhi.

2. Membuat sependek mungkin jalur lalu lintas

Pembuatan jalur tersebut sangat bermanfaat, selain menjaga Rumah Sakit agar tetap bersih. Adanya jalur ini mampu mengamankan langkah setiap orang baik itu petugas, pasien, perawat, dan lainnya. Rumah Sakit merupakan tempat di mana orang-orang mengerjakan sesuatu dengan cepat sebab jiwa pasien bergantung dengan hal itu.

3. Memisahkan aktivitas yang berbeda

Pemisahan ini dilakukan agar tidak tercampur antara yang satu dan lainnya seperti, memisahkan pekerjaan kotor dan bersih, perbedaan tipe pasien misalkan pasien rawat jalan dengan rawat inap atau sakit serius dan lainnya. Semestinya kontraktor Rumah Sakit yakni PT Nikifour Kontraktor di Karawang mengetahui masalah ini dengan pasti presiso

4. Hal ini perlu kontrol aktivitas petugas pada pasien serta aktivitas pengunjung

Supaya kegiatan petugas dengan pasien tidak mengalami gangguan. peletakan Pos perawat seharusnya memudahkan perawat memonitor pasien serta membantunya, pengunjung yang keluar dan masuk unit, dan menolong pasien yang tengah berlatih di koridor pasien. Adapun bayi yang baru lahir dilindungi dari bakteri, apalagi  pencurian ataupun penculikan kamar. Tak lupa kamar bedah dan ICU, tempat seperti itu harus dijaga kebersihannya dari segala infeksi.

~ Prinsip khusus

  • Masuknya cahaya dan sirkulasi udara adalah bagian terpenting dalam bangunan Rumah Sakit. Terutama pada Rumah Sakit yang tidak memiliki AC atau air conditioning.
  • Untuk mencegah masuknya binatang terbang seperti nyamuk sebaiknya jendela dipasang kawat kasa. Di semua bagian di area RSB. Karenanya butuh perencanaan matang seputar konstruksi, namun dengan hadirnya Kontraktor PT Nikifour Kontraktor di Karawang masalah seperti ini pasti mudah diselesaikan.
  • Minimal RSB memiliki 3 akses berupa pintu masuk, terdiri atas pintu ke area layanan servis, pintu masuk utama, dan pintu masuk ke Unit Gawat Darurat.
  • Pada bagian pintu service sebaiknya dekat atau mudah diakses ke dapur dan juga ke tempat penyimpanan persediaan atau gudang yang menampung barang-barang, serta berdekat dengan life service. Bordes dan timbangan di area. Demi kebaikan psikologis, akses menuju kamar mayat lebih baik terjaga dari pandangan pasien dan pengunjung.
  • Jalur lalu lintas antara pasien dengan petugas Rumah Sakit mesti direncanakan sedekat dan seefisien mungkin.
  • Lorong atau Koridor pasien dan koridor umum baiknya publik dipisah serta petugas medik, Hal ini dimaksudkan akan mengurangi waktu kemacetan. Material, bahan-bahan, dan pembuangan sampah. Ke semua hal itu baiknya tidak memotong pergerakan maupun jalur orang. Rumah Sakit butuh desain di mana pasien, petugas, dan pengunjung mudah meninjau ketika berada di dalam gedung.
  • Untuk alur pasien yang rawat jalan dan yang ingin ke radiologi, laboratorium, farmasi, terapi khusus ataupun ke tempat layanan medis lainnya, tidak perlu melewati area pasien rawat inap.
  • sementara untuk alur pasien rawat inap kalau ingin ke radiologi, laboratorium, serta ke bagian lain, pasien harus mengikuti prosedur yang berlaku.

Hal-hal tersebut perihal seputar desain dan juga konsep bangunan dapat dilaksanakan dengan baik atas bantuan kontraktor Rumah Sakit dari PT Nikifour Kontraktor di Karawang.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?