Atap Baja Ringan Ambruk

Atap Baja Ringan Ambruk (Sumber: Solopos.com)

Topik tentang atap baja ringan ambruk seolah membuat nama material yang semakin populer ini tercoreng. Seperti kita tahu, dalam beberapa tahun ini, aplikasi baja ringan untuk konstruksi bangunan, termasuk rangka atap semakin populer.

Dilansir dari beberapa sumber, ada beberapa peristiwa tentang ambruknya atap baja ringan.  Salah satunya peristiwa lantai di Gedung Bursa Efek Indonesia yang ambruk sampai membuat orang luka-luka pada Januari 2018 lalu.

November dan Desember 2019 kembali terjadi. Serangkaian peristiwa ambruknya atap di Sekolah Dasar Negeri beberapa kabupaten di Jawa Timur hingga fasilitas kantor pemerintah di Jawa Timur terjadi.

Atap Baja Ringan Ambruk

Atap Baja Ringan Ambruk (Sumber: Solopos.com)

Kemudian kejadian yang terbaru, atap Sekolah Dasar Negeri di Ciamis (Oktober 2020) serta RSUD Ciamis juga roboh.

Tentu saja, peristiwa-peristiwa tersebut membuat resah dan menjadi tanda tanya besar, mengingat baja ringan diklaim sebagai material bangunan yang kokoh.

Berdasarkan kasus tersebut, sebenarnya kendala bukan terletak pada atap baja ringan. Sebaliknya, hal ini bisa terjadi karena beberapa kesalahan yang terkadang dianggap sepele. Di antaranya sebagai berikut.

Teknik Pemasangan

Kesalahan dalam teknik pemasangan baja ringan merupakan salah satu hal yang menyebabkan atap rentan roboh. Karena seperti kita ketahui, pemasangan atap baja ringan ini bukanlah bagian yang berdiri sendiri. Melainkan sistem kesatuan meskipun memang terdiri dari beberapa elemen.

Itulah sebabnya, penting untuk membuat gambar kerja sekaligus menghitung kekuatan beban sebelum rangka atap baja ringan dipasang. Karena saat terdapat kesalahan dalam pemasangan pada satu bagian saja, maka struktur yang lain akan ikut lemah.

Pemasangan Kuda-kuda Baja Ringan

Oktober 2020 lalu, atap SDN 4 Gunungcupu di Ciamis, Jawa Barat ambruk sebagian, tepatnya pada 2 ruang kelas. Dilansir dari Harapan Rakyat, Romjali selaku Ketua Komite SDN 4 Gunungcupu menyebut bangunan kelas tersebut sudah selesai 6 tahun lalu.

Kuda-kuda Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan (Sumber: Premium Rooftop)

Namun, menurut pengakuannya, ia melihat ketidaksesuaian pada pemasangan kuda-kuda baja ringan. Padahal, seperti kita ketahui, kuda-kuda pada atap merupakan struktur penting karena akan menopang penutup atap.

Dalam hal ini, jarak pemasangan antar kuda-kuda baja ringan pun tergantung jenis penutup atap, bentang kuda-kuda, serta beban lain yang ‘dipikul’ atap.

Semakin berat beban yang ditopang, maka jarak kuda-kuda seharusnya semakin pendek. Namun, Anda juga tidak harus memperpendek jarak kuda-kuda. Asalkan Anda mengganti material penutup atap yang ketebalannya lebih besar maupun yang ukuran profilnya lebih luas.

Dudukan Rangka

Risiko atap baja ringan ambruk akan meningkat jika dudukan rangkanya terlalu miring. Dudukan yang terlalu miring ini akan membuat kekuatan tekan pada baja juga kurang seimbang.

Awalnya mungkin akan terlihat baik-baik saja. Namun semakin lama, dudukan rangka yang terlalu miring dan tidak sesuai standar akan memengaruhi konstruksi. Akhirnya, atap bisa ambruk dan jatuh.

Pemilihan Penutup Atap

Kemungkinan besar masih banyak orang yang mengira bahwa rangka atap baja ringan dapat menopang semua jenis genteng. Termasuk genteng tanah liat.

Padahal anggapan ini bisa saja salah. Mari kita belajar dari peristiwa ambruknya beberapa bangunan, termasuk yang terbaru adalah RSUD Ciamis.

Dapat diaktakan, konstruksi baja ringan kurang cocok jika berpasangan dengan genteng tanah liat. Karena memang awalnya material ini diranjang untuk penutup atap yang ringan, seperti genteng metal maupun genteng metal berpasir.

Namun jika memang ingin memaksa menggunakan genteng tanah liat, gunakan rangka baja ringan yang ketebaannya 1 mm atau 0,75 mm full. Pembuatan kuda-kuda atap juga harus sesuai.

Terkait hal ini, seorang ahli bangunan dalam kanal YouTube-nya, Fajar Daily, menyebut bahwa ketika hujan lebat, tekanan genteng akan bertambah.

Bayangkan jika baja ringan dipasangkan dengan genteng tanah liat yang beratnya mencapai 1,8 sampai 3 kilogram persatuannya. Ketika hujan deras, risiko atap ambruk, terutama jika ada lekukan akan semakin tinggi.

Penggunaan Material Baja Ringan

Terkadang, orang lebih memprioritaskan harga baja ringan dibandingkan dengan kualitas. Bahkan kebanyakan cenderung memilih material dengan harga murah tanpa memperhatikan mutunya.

Meskipun terkesan sepele, pada kenyataannya hal ini justru meningkatkan risiko ambruknya atap baja ringan. Dan dapat dikatakan kata-kata “harga menentukan kualitas” itu tepat. Namun, hal ini tidak bisa menjadi acuan utama.

Untuk mendapatkan produk baja ringan dengan kualitas yang bagus, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Contohnya seperti lapisan pencegah korosinya, tekanan tarikannya, standar SNI, hingga garansi.

Di pasaran, berbagai merek baja ringan sudah memiliki kriteria-kriteria tersebut. Tetapi jika masih bingung untuk menentukan material yang akan dibeli, pilih baja ringan berbahan dan bertanda Zinium.

Sebab, selain berstandar SNI dan bergaransi, bahan baja ringan ini memiliki daya pantul terhadap panas yang baik, mudah dibentuk, tahan suhu tinggi, dan yang lebih istimewa adalah mampu menahan korosi dengan sangat baik.

Mengapa ketahanannya terhadap korosi lebih baik? Ini karena stabilnya homogenitas unsur Aluminium dan Zinc yang ditandai dengan tekstur mozaik berupa potongan segitiga tertata secara acak.

Pemilihan Jasa Aplikator Baja Ringan

Pemilihan jasa aplikator baja ringan tidak dapat disepelekan. Sebab, pemasangan baja ringan untuk berbagai konstruksi bangunan termasuk atap tidak sesederhana ketika menggunakan material kayu. Perlu keahlian serta ketelitian untuk mengaplikasikannya.

Itulah mengapa, Anda perlu memilih jasa aplikator baja ringan yang tidak hanya mengaku bisa memasang material ini. Tetapi juga resmi atau yang memiliki sertifikat sehingga dapat lebih dipercaya.

Itulah kesalahan-kesalahan yang terkadang dianggap sepele, padahal dapat meningkatkan risiko atap baja ringan ambruk. Selalu hindari untuk melakukannya, ya!

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?