teknik perawatan tembok dan beton
Pemeliharaan Dinding Tembok dan Permukaan Beton
March 8, 2016
Kreasi Scaffolding Tubular
15 Kreasi Scaffolding Tubular ini adalah karya Seni Pipa yang Mengagumkan
December 13, 2018

Scaffolding Sistem Scalable Merubah Dinding Gedung Jadi Kebun Perkotaan

Scaffolding Sistem Scalable

Scaffolding Sistem Scalable Merubah Dinding Gedung Menjadi Kebun Perkotaan. Dinding eksterior kosong, tanpa jendela yang mendapatkan banyak paparan sinar matahari dapat menjadi pertanian vertikal dengan penambahan scaffolding modular daur ulang. Sebuah proyek bernama GreenBelly bertujuan memanfaatkan ruang perkotaan yang tak terpakai ini untuk menumbuhkan makanan segar bagi lingkungan sekitarnya. Sistem ini dibaut dengan bentuk yang mudah dipindahkan, dipasang, dan dibongkar, dan bahkan tidak memerlukan sambungan ke utilitas.

Scaffolding Sistem Scalable yang berbentuk enam tingkat ini terbuat dari reklamasi scaffolding dan palet kayu, sistem ini hanya memerlukan 35 meter persegi tanah. Hasilnya? Lebih dari 6 ton sayuran per tahun!

Scaffolding Sistem Scalable

Scaffolding Sistem Scalable

Pada bagian dasar modul berisi tanah, dua menara aeroponik dan dinding hidroponik, yang mampu menumbuhkan ratusan tanaman sekaligus.

Beberapa modul, laiknya Lego, saling kait mengait secara vertikal untuk menciptakan struktur terbuka multi-tier yang sekaligus menerima air hujan dan menangkap energi dari sinar matahari. Unit bawah menjadi tempat mengumpulkan hasil panen. Area itu sekaligus menjadi tempat stand yang menjual hasi lpanen ke penduduk setempat. Adaapun pada tingkat atas berisi sarang lebah untuk membantu penyerbukan tanaman dan menghasilkan madu.

Dengan sistem scaffolding scalable ala Greenbelly ini, memproduksi sekaligus menjual produk pertanian bisa dalam satu stand lokasi yang sama. Hal tersebut tentu memungkinkan stand untuk menjual produk yang benar-benar segar dengan harga tetap dan terjangkau.

Scaffolding Sistem Scalable

Scaffolding Sistem Scalable

Dibuat oleh AVL Studio, sebuah perusahaan desain yang mengkhususkan diri dalam arsitektur berkelanjutan, sistem GreenBelly ini dapat dijalankan sebagai proyek pendidikan oleh sekolah, program bantuan untuk tunawisma atau diterapkan untuk restoran atau pada pasar yang sudah ada. Selain itu modul individualnya bisa disewa untuk penduduk setempat dengan cara yang mirip dengan kebun pada umumnya.

Cara pengelolaannya mungkin akan bergantung pada siapa yang memiliki tanah yang dibangun di atasnya. Arsitek memperkirakan biaya unit 20-modul sekitar 500 juta rupian. Modal sebesar itu diperkirakan dapat kembali setelah tiga tahun beroperasi.

Scaffolding Sistem Scalable

Scaffolding Sistem Scalable Greenbelly ini tentu sebuah penawatan yang menarik bagi banyak fasad / sisi dinding gedung tertutup yang ditemukan di kota-kota besar. Terutama sekali pada lokasi yag sulit didapati produk-produk sayuran segar.

Menurut AVL Studio, sistem GreenBelly ini akan sangat berharga jika diterpkan pada lingkungan yang kurang beruntung.

AVL Studio saat ini mengumpulkan uang di Kickstarter untuk membangun lebih banyak prototipe di berbagai skala, yang dapat diekspor dalam kontainer ke tempat-tempat yang sangat membutuhkan, seperti Palestina.

Nikifour adalah perusahaan kontraktor yang ingin selalu mengembangkan visi jauh ke depan. Kami adalah perusahaan konstruksi yang menyewakan dan menjual scaffolding / perancah untuk keperluan pekerjaan konstruksi.

purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id