PT NIKI FOUR | Kontraktor Kota Karawang

Safety Listrik Industri dan Tips Penggunaannya pada Areal Pabrik, Gudang dan Sebagainya

Inilah pentingnya safety listrik industri sebab keselamatan kerja menjadi poin utama bagi para pekerja lapangan. Pada kondisimedan kerja yang ekstrim, keamanan dan perlindungan harus diprioritaskan secara maksimal. Namun, tak banyak dari perusahaan-perusahaan yang ada ataupun karyawan yang mampu memperhatikan hal penting ini dengan baik. Seperti yang Anda ketahui bahwa kecelakaan kerja memang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu, para karyawan lapangan harus bisa mengetahui informasi mengenai safety keselamatan sehingga nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Melindungi diri pada saat kerja tentu merupakan langkah yang tepat untuk Anda lakukan sehingga Anda tetap terjaga dengan baik.

Tak hanya itu saja, jika Anda salah satu perusahaan ataupun karyawan dari pemasangan listrik maka hal seperti ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Listrik merupakan salah satu energi yang dibangkitkan oleh sumber energi yang biasanya digunakan oleh konduktor sehingga dapat mengalir dari satu titik ke suatu titik yang lainnya. Namun, para pekerja lapangan ini juga harus memperhatikan hal mengenai safety penggunaan listrik terlebih lagi di pabrik atau di industri. Akan tetapi jika Anda memilih perusahaan kami yaitu PT Nikifour kontraktor di Karawang maka Anda tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini. Dimana kami sangat memperhatikan dengan baik keselamatan para pekerja kami dan dilengkapi pula dengan alat keselamatan sehingga mereka bisa bekerja dengan baik dan nyaman. 

Selain mengenai keselamatan para pekerja maka Anda juga harus bisa mengetahui dengan jelas bagaimana dengan safety penggunaan listrik pabrik / industri dengan tepat. Hal ini tentu sangat penting sekali, sebab ini berhubungan langsung dengan kenyamanan pada bangunan dan keselamatan para karyawan di pabrik atau industri tersebut. Untuk itu, mengenai hal ini bisa Anda lihat langsung informasinya disini dengan jelas, seperti di bawah ini.

Pengendalian yang Tepat sebagai Safety Penggunaan Listrik Pabrik/Industri

Jika Anda memiliki pabrik atau industri tentu ada banyak hal yang harus Anda perhatikan salah satunya yaitu penggunaan listrik. Seperti yang diketahui bahwa listrik ini sangat berbahaya sekali dan memiliki tegangan yang tinggi. Namun, jika seseorang tersengat listrik maka sudah bisa Anda tebak bukan apa yang akan terjadi nantinya. Oleh karena itu, penting sekali untuk diketahui bahwa safety bukan hanya berlaku untuk para pekerja lapangan saja melainkan safety penggunaan listrik pabrik/industri sama halnya, sangat penting sekali untuk Anda ketahui dan perhatikan dengan baik sehingga ini bisa menjaga keselamatan dan kenyamanan bangunan serta para karyawan yang bekerja di pabrik atau industri. 

Jadi, di dalam infrastruktur yang memang semakin terhubung dan juga otomatis tentu sangat penting sekali untuk memastikan dengan baik ketersediaan sistem yang memadai mulai dari dari optimalisasi energi dan memberikan perlindungan baik itu pada bangunan, manusia, pabrik, industri atau sebagainya. Untuk itu, hal ini sangat penting sekali kesadaran mengenai pentingnya distribusi daya dan juga instalasi listrik sehingga bisa sesuai dengan standar dan dapat menghindari yang namanya adanya kecelakaan serta kerugian yang besar. 

Untuk itu, sebagai langkah yang tepat mengenai pemasangan listrik baik itu pemasangan instalasi listrik, panel listrik, penarikan kabel, grounding panel listrik, terminasi panel & mesin dan sebagainya maka Anda bisa menghubungi pihak kami yakni para jasa yang bekerja di PT Nikifour kontraktor di Karawang. Perusahaan kami akan siap melayani dan membantu Anda dengan sebaik mungkin dan fokus kami diberbagai bidang yang terkait salah satunya yaitu electrical industri yang nantinya meliputi pemasangan instalasi listrik, penarikan kabel dan lainnya.  

Keselamatan Penggunaan Listrik di Pabrik atau di Industri

Tidak ada yang berani bermain-main dengan listrik. Jika terjadi sesuatu maka bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan misalnya seseorang bisa menjadi kesetrum dan meninggal, kemudian bisa terjadinya konslet listrik yang menyebabkan terjadinya kebakaran dan hal-hal yang lainnya. Untuk itu, hal seperti ini sangat penting sekali bagi Anda khususnya para pelaku industri atau pabrik sehingga dapat memperhatikan dengan baik keselamatan penggunaan listrik pabrik/industri. Para jasa dari PT Nikifour akan siap membantu Anda untuk pemasangan listrik dengan baik.

Jadi, nantinya para jasa kami akan mengecek semua hal yang terkait dengan listrik di pabrik atau industri Anda mulai dari menutup semua instalasi yang rusak atau terbuka, kemudian mengisolasi bagian aktif ataupun konduktor, memperbaiki penutup instalasi yang rusak, mengecek atau memeriksa kondisi kawat ataupun core kabel, memperbaiki atau mengganti peralatan yang rusak, memeriksa dan melakukan pengukuran grounding dan sebagainya. Untuk itu, para jasa kami akan melakukan pengecekan dengan detail sehingga nantinya penggunaan listrik di pabrik atau industri bisa jauh lebih aman dan hal-hal yang tidak diinginkan bisa terhindar dengan baik.

Tips Safety Listrik Industri

Tips berikut ini ditujukan sebagai informasi agar Anda tetap aman dari kecelakana kebakaran akibat kelistrikan, baik di tempat kerja maupun selama konstruksi. Harap baca berbagai tip, pedoman, dan sumber daya di bawah ini untuk dipersiapkan, tetap aman dan terhindar dari bahaya listrik dan cedera.

Keselamatan di tempat kerja

Bagaimana mencegah bahaya di tempat kerja, terutama dari kecelakaan akibat kesalahan instalasi power listrik? Perilaku mengutamakan keselamatan akan listrik yang baik dapat membantu melindungi Anda dan rekan kerja Anda dari cedera. Karena itu Anda harus dapat berperan dalam mengenali dan mencegah bahaya di tempat kerja. Ingatlah bahwa:

Tetap waspada

Banyak kecelakaan listrik dapat dicegah jika semua waspada terhadap bahayanya. Tetaplah sadar dengan tetap fokus pada pekerjaan Anda dan jangan biarkan emosi seperti kemarahan dan frustrasi mengganggu.

Periksa kabel dan koneksi

Sebelum Anda mulai bekerja, periksa kabel listrik yang aus. Jika Anda berada di luar atau di lokasi basah, pastikan alat dan kabel ekstensi cocok untuk penggunaan di luar ruangan dan sirkuit dilengkapi dengan GFCI / Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI), suatu alat untuk mencegah manusia terkena sengatan listrik yang mematikan. Juga menjaga kabel bebas dari minyak, panas dan bahan kimia korosif. Jangan pernah mencabut, membelit atau membengkokkan tali, dan menyimpannya dengan longgar di tempat yang kering.

Alat-alat listrik

Jangan pernah membawa alat dengan kabelnya. Pastikan alat dimatikan “sebelum mencolokkan atau melepaskan – ini melindungi Anda dan orang berikutnya yang menggunakannya. Waspadai area yang berlistrik saat menjangkau peralatan. Sarugn tangan, penghalang, isolasi, dan GFCI bisa berfungsi melindungi Anda, jadi jangan memodifikasinya hanya untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat. Pelajari dan ikuti prosedur penguncian / tagout perusahaan Anda. Jika ragu, minta bantuan pekerja listrik yang memenuhi syarat.

Kotoran dan kelembaban meningkatkan risiko syok. Jaga peralatan, area kerja, dan ruang penyimpanan Anda tetap bersih dan kering. Saat membersihkan peralatan listrik, pastikan itu sudah dicabut, dan ikuti instruksi pembersihan dari pabriknya.

Gunakan perlengkapan keamanan

Personal Protective Equipment (Alat Pelindung Diri / APD) adalah garis pertahanan pertama Anda terhadap sengatan listrik dan luka bakar. Sepatu bot, sarung tangan, dan peralatan lainnya agar senantiasa dalam kondisi baik – jangan bolong-bolong, akrena bahkan lubang sebesar jarum pun akan bisa menyebabkan listrik masuk. Kenakan perlindungan non-konduktif di kepala, wajah, tangan dan kaki Anda. Gunakan alat berinsulasi atau peralatan penanganan, seperti tali non-konduktif dan pelindung.

Keamanan Kebakaran

Rencana pencegahan

Sebagian besar kebakaran listrik dapat ditelusuri ke sirkuit yang terlalu panas atau peralatan yang kelebihan beban. Ketika disalahgunakan, isolasi dapat meleleh atau terbakar, memperlihatkan kabel hidup. Kebakaran listrik juga dapat terjadi ketika peralatan didorong melebihi kapasitas, ketika akumulasi oli dan kotoran terlalu panas pada motor, atau ketika percikan menyulut sisa, kotoran, debu atau cairan yang mudah terbakar.

Daftar periksa keselamatan kebakaran

Visualisasikan rencana respons Anda dalam api sehingga Anda dapat bergerak cepat jika terjadi. Untuk itu, pertimbangkan hal-hal berikut:

Anda bisa mencoba sendiri memadamkan kebakaran skala kecil, hanya jika Anda telah dilatih. Jika ragu, keluar dan bawa orang lain bersama Anda.)

Nikifour Menjadi Pilihan Yang Tepat 

Demi safety penggunaan listrik pabrik/industri agar jauh lebih aman tentu Anda membutuhkan para jasa atau pekerja profesional yang mengerti akan penanganan listrik di pabrik atau industri bukan? Nah, tidak perlu khawatir dengan hal ini, dimana disini akan ada info terkait perusahaan dan jasa profesional serta ahli yang nantinya bisa Anda hubungi. Jadi, PT Nikifour kontraktor di Karawang ini merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa layanan dengan kualifikasi dan juga kompetensi internasional sehingga perusahaan ini memberikan layanan terbaik dan jasa-jasa profesional yang bergerak di bidangnya masing-masing salah satunya yaitu electrical industri yang nantinya siap membantu Anda untuk melakukan pemasangan instalasi listrik, grounding panel listrik, penarikan kabel dan lainnya.

Selain itu, memperhatikan keselamatan para pekerja dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan tentu menjadi prioritas utama kami sehingga para pelanggan tidak akan kecewa sudah memilih kami. Untuk itu, apabila memang Anda saat ini membutuhkan jasa untuk menangani safety penggunaan listrik pabrik/industri dengan langkah yang tepat maka Anda bisa langsung untuk menghubungi kami, karena kami akan siap membantu dan melayani Anda dengan sebaik mungkin. 

Galeri Pekerja Konstruksi PT Nikifour

safety listrik indusri dariPT Nikifour 01

Tak hanya itu saja, sebagai informasi pelengkap dan bermanfaat untuk Anda mengenai safety penggunaan listrik pada pabrik atau industri maka Anda juga bisa mengikuti beberapa tips yaitu seperti simpanlah peralatan listrik yang memang tidak digunakan ditempat yang kering dan aman, lalu jangan pernah menggunakan peralatan listrik yang lembab ataupun basah, karena ini bisa menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kesetrum. Selain itu, jaga kabel-kabel dengan baik dan hindarkan dari benda-benda yang tajam karena ini bisa membuat kabel menjadi rusak, selanjutnya jika ada peralatan kabel yang rusak maka Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru. Nah, apabila Anda tidak paham dan mengerti maka Anda bisa menghubungi pihak jasa kami yakni dari PT Nikifour kontraktor di Karawang agar bisa menggantinya dengan yang baru. Jadi, inilah ada informasi yang berguna untuk Anda lihat dan ketahui khususnya untuk safety penggunaan listrik pabrik/industri. 

Sumber:

Exit mobile version