Cara Pemilihan Rangka Rumah yang Aman

Posted by purnosidi
on 03/03/2015
Rangka Rumah yang Aman

Bagaimana cara pemilihan rangka rumah yang aman? Rangka rumah merupakan salah satu bagian penting dalam pembangunan struktur rumah. Rangka rumah menjadi perlengkapan atau material untuk menahan rumah dari berbagai kondisi cuaca seperti hujan dan panas. Kerangka rumah menjadi tempat berbagai jenis atap sehingga rumah memiliki struktur yang lengkap dan aman sebagai tempat tinggal.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahan kerangka yang sangat umum digunakan oleh masyarakat. Inilah Cara Pemilihan Rangka Rumah yang Aman.

Cara Pemilihan Rangka Rumah yang Aman

1. Rangka Kayu

Kayu adalah model lama dari struktur kerangka rumah. Beberapa jenis kayu yang biasanya dipakai adalah jenis kayu jati, mahoni dan sengon. Setiap kayu akan dibentuk dengan ukuran khusus sesuai dengan struktur rumah. Kayu menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan karena mudah didapatkan. Namun kayu juga memiliki beberapa kelemahan, seperti membutuhkan pembaharuan setiap beberapa periode waktu, mudah lapuk saat terkena hujan dari atap yang bocor, dan selalu menjadi incaran rayap dan ngengat lain yang suka makan kayu.

2. Baja Ringan

Baja ringan adalah salah satu model kerangka struktur rumah yang paling dikenal saat ini. Kehadiran dari baja ringan menggantikan kayu karena kayu memiliki berbagai kelemahan yang bisa menjadi biaya besar bagi semua pemilik rumah. Beberapa jenis struktur pemakaian baja ringan seperti galvalum atau zincalum memiliki kelebihan. Pemakai atau pemilik rumah merasa lebih nyaman dan aman dengan atap galvalum, selain itu atap ini tahan terhadap serangan panas dan dingin sehingga bisa dipakai dalam waktu lama.

3. Material Ringan

Material ringan yang digunakan untuk atap rumah pada bagian dalam adalah seperti plafond gypsum. Model atap ringan ini akan membuat kesan estetika rumah menjadi lebih indah dan bersih. Selain itu pemandangan genteng atau atap tidak akan terlihat dari bagian dalam rumah. Banyak orang yang memakai model plafond gypsum karena bisa dibentuk dengan beberapa desain dan model sesuai dengan desain dan konsep rumah.

Cara Memilih Model Struktur Kerangka Rumah

Membangun rumah memang menjadi salah satu investasi yang sangat penting untuk semua orang. Rumah menjadi salah satu investasi yang bisa memiliki harga tinggi dalam waktu tertentu. Hal ini dipengaruhi dari perkembangan harga tanah dan kenaikan biaya bangun rumah. Bahkan pemilihan struktur kerangka rumah juga harus melewati berbagai jenis perhitungan. Berikut ini adalah berbagai macam alasan penting dalam pemilihan bahan struktur kerangka rumah.

1. Pemakaian Plafond atau Gypsum

Kontraktor & jasa renovasi kantor Nikifour Karawang adalah salah satu pihak yang terbiasa memakai plafond atau gypsum dalam model perawatan kantor. Pada dasarnya bahan plafond bisa membuat suasana kantor menjadi lebih indah dan menawan. Bahkan beberapa kantor atau rumah juga bisa memakai jenis dan model plafond seperti desain yang telah ditentukan. Berikut ini beberapa model plafond yang bisa dipakai untuk kantor atau rumah.

  • Model plafond bertingkat. Model plafond ini sesuai untuk menggambarkan letak dan fungsi kantor yang berbeda. Anda bisa memakai model pencahayaan tersembunyi.
  • Model plafond sederhana dan minimalis. Plafond ini sesuai untuk kantor dengan ukuran yang lebih kecil.
  • Model plafond datar. Ini adalah jenis plafond yang sangat umum untuk rumah dan tidak memerlukan banyak detail.
  • Plafond oval. Model plavond ini sesuai untuk beberapa jenis rumah atau kantor dengan ukuran yang lebih luas.

Setiap plafond yang digunakan bisa didapatkan dari berbagai jenis produsen yang berbeda-beda. Setiap pabrik juga mengeluarkan plafond sesuai dengan standar pemakaian sehingga terlihat sesuai untuk berbagai jenis ukuran rumah dan kantor.

2. Pemakaian Kerangka Atap Baja Ringan

Pemakaian kerangka atap baja ringan sebagai rangka rumah yang aman memang sangat umum saat ini. Kita bisa menemukan dimana-mana dan bahkan untuk keperluan rumah sederhan atau tipe rumah minimalis. Baja ringan memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak perlu diragukan. Baja ini terbuat dari bahan yang sangat berkualita dan tahan terhadap berbagai jenis perubahan cuaca. Selain itu pemakaian bahan galvalum juga sangat aman karena tidak berkarat dan rayap juga tidak menyukai bahan ini. Bahan ini sudah diuji dan sangat aman untuk lingkungan.

Model pemilihan untuk baja ringan maupun plafond bisa Anda sesuaikan dengan keperluan dan model desain rumah. Selain itu pertimbangkan biaya dan kebutuhan lain yang sesuai sehingga bisa mendapatkan renovasi bangunan yang sesuai harapan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id