PT Niki Four Spesialis Kontraktor Tiang Pancang dan Konstruksi Bangunan Industri di Karawang

Konstruksi bangunan merupakan sebuah desain yang rumit dan melibatkan banyak elemen. Salah satu bagian yang sangat penting adalah bagian dari pondasi sebuah konstruksi. Karena alasan inilah ada Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang memiliki spesialisasi dalam mengerjakan konstruksi pondasi untuk bangunan – bangunan besar maupun instalasi industri. Bagaimanapun juga kekuatan sebuah bangunan sangat dipengaruhi oleh kualitas serta kekuatan bagian pondasinya. 

Ada beragam jenis pondasi yang umum digunakan untuk mendirikan sebuah konstruksi industri. Semuanya bertujuan untuk menghasilkan sebuah konstruksi atau bangunan yang kuat sehingga aman dan mampu menjalankan fungsi sesuai dengan tujuan pembangunannya. Beberapa konstruksi pondasi membutuhkan perpaduan antara bahan – bahan yang spesifik serta teknik tertentu dalam pemasangan serta pembangunannya.

Spesialisasi dalam mengerjakan sebuah konstruksi pondasi didasari dari perpaduan antara kebutuhan bahan dan pemasangan yang spesifik tersebut. Salah satu tipe pondasi yang membutuhkan perpaduan spesifik dalam hal material konstruksi dan cara pemasangannya adalah pondasi dalam dengan memakai tiang pancang. Pondasi tipe ini kini umumnya menggunakan bahan dari beton atau berbahan baja. 

Tiang pancang beton juga disebut dengan istilah precast reinforced concrete pile. Tiang pancang dari beton bertulang ini dicetak secara khusus untuk memperoleh kekuatan sekaligus nilai kelenturan untuk memaksimalkan fungsinya ketika ditanam sebagai pondasi sebuah konstruksi bangunan. Struktur pondasi ini memiliki cara kerja memindahkan beban dari bangunan ke kedalaman bumi sejauh pondasi tertanam karena strukturnya yang vertikal.

Faktor kedalaman mempengaruhi kekuatan dari jenis pondasi ini. Semakin dalam pondasi dipasang maka kekuatannya akan semakin besar. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa pipa – pipa yang digunakan sebagai pondasi dengan konstruksi tiang pancang memiliki ukuran yang panjang dan membutuhkan penggalian yang dalam saat pemasangannya. 

Mengenal Konstruksi Pondasi Tiang Pancang 

Salah satu tipe pondasi tiang pancang yang paling umum digunakan adalah tiang pancang beton. Penggunaan pondasi tiang pancang beton ini bahkan sangat umum digunakan untuk membuat bangunan – bangunan besar dan tinggi. Alasannya sederhana, karena mampu memberi stabilitas dan kekuatan besar dalam menyokong konstruksi bangunan yang melekat di atasnya. Konstruksi pondasi tiang pancang beton ini memiliki ukuran yang cukup panjang dan memiliki kekuatan yang besar, sedangkan pemasangannya membutuhkan proses melubangi tanah cukup dalam untuk memasukkan keseluruhan tiang pancang tersebut.

Dalam perhitungan teknis, sebuah tiang pancang beton memiliki tegangan tarik yang kecil sehingga bisa dianggap dengan nol. Di sisi lain bobot dari tiang pancang beton ini sangat berat. Kedua aspek inilah yang membuat konstruksi sebuah tiang pancang beton membutuhkan penulangan yang kuat. Penulangan dengan kekuatan yang juga besar ini berfungsi untuk memberi kekuatan ketika dibebani oleh bangunan serta menahan adanya momen kelenturan ketika ditransportasikan dan juga ketika dilakukan pemasangan.

Kelebihan dari tiang pancang dari bahan beton adalah tahan lama karena tidak memiliki sifat korosif. Usia pakai yang sangat panjang merupakan keuntungan utama yang ditawarkan oleh tiang pancang beton. Sedangkan kelemahannya ada pada bobotnya yang berat sehingga membutuhkan penanganan khusus dalam hal transportasi dan juga pemasangannya. Tantangan lain bisa muncul ketika sebuah tiang pancang beton harus dipotong karena sulit dan membutuhkan proses yang lama.

Selain tiang pancang dengan bahan beton, bahan lain yang digunakan adalah baja. Tiang pancang dari baja yang digunakan untuk pondasi umumnya terbuat dari baja gilas dengan bentuk pipa ataupun kotak. Penggunaan tiang pancang baja ini pada pemasangannya kemudian juga diisi dengan beton bermutu K 250 untuk memberikan kekuatan ekstra. Tiang pancang dari bahan baja ini sebenarnya sudah sangat kuat dan bagian dalam yang diisi beton bertujuan untuk meningkatkan kekuatan sekaligus menurunkan efek lentur dari bahan baja.

Sifat baja yang lebih lentur memberi kemudahan ketik ditransportasikan tetapi kurang menguntungkan ketika digunakan untuk menyangga struktur bangunan jika tidak diisi dengan beton. Salah satu keuntungan dari penggunaan tiang pancang baja yang panjang adalah memiliki tahanan ujung besar. Kelemahannya ada pada resiko karat meski faktor ini akan dipengaruhi oleh kualitas baja, kedalaman penanaman tiang dan tingkat kelembaban tanah.

Pemasangan Konstruksi Pondasi Tiang Pancang

Layanan pemasangan konstruksi pondasi tiang pancang ini banyak sekali dilakukan untuk membangun konstruksi bangunan industri ataupun bangunan komersial dengan ukuran besar.Beberapa perusahaan Kontraktor Konstruksi Industri Karawang memiliki spesialisasi dalam hal mengerjakan pekerjaan di bidang pemasangan konstruksi pondasi ini.

Pemasangan pondasi berupa tiang pancang harus diawali dengan studi mengenai kondisi dan sifat tanah tempat bangunan akan didirikan. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui jenis tanah yang akan digunakan untuk mendirikan bangunan dan kedalaman yang dibutuhkan untuk memasang pondasi hingga mendapatkan kekuatan yang ideal berdasarkan konstruksi bangunan yang akan didirikan.

Semakin panjang tiang pancang yang digunakan akan memberikan stabilitas dan kekuatan yang semakin besar. Semakin panjang sebuah pondasi tiang pancang yang digunakan maka dibutuhkan proses menggali atau melubangi tanah yang semakin dalam. Semakin besar kekuatan dan stabilitas yang diberikan oleh sebuah konstruksi pondasi maka bangunan yang bisa dibangun di atasnya juga semakin besar atau semakin tinggi. Karena alasan inilah bangunan – bangunan pencakar langit menggunakan konstruksi pondasi tiang pancang yang sangat dalam.

Langkah berikutnya adalah melakukan perhitungan terkait struktur pondasi yang akan digunakan. Hal ini akan menghasilkan keputusan mengenai berapa banyak tiang pancang yang akan digunakan sekaligus jenis bahan apa yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan pondasi terkait konstruksi bangunan dan kondisi serta sifat tanah tempat bangunan akan didirikan.

Berdasarkan perhitungan tersebut maka spesifikasi dri tiang pancang yang akan digunakan sebagai pondasi akan ditentukan. Kemudian kebutuhan tiang pancang ini bisa dipenuhi dengan memesan atau membuat produk tiang pancang yang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan tersebut. Setelah tiang pancang yang dibutuhkan diproduksi maka tiang – tiang ini harus dikirim menuju lokasi pembangunan konstruksi pondasi.

Pemasangan konstruksi pondasi tiang pancang umumnya dilakukan dengan bantuan crane untuk mengangkat dan memindahkan tiang pancang. Kemudian dilakukan proses membuat lubang dari permukaan bumi menggunakan bor berukuran besar. Sistem penggalian dengan bor yang berputar memiliki kelebihan berupa menghasilkan lubang galian yang berukuran lebih besar. Akan tetapi proses ini membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar. 

Pada saat pemasangan akan dibutuhkan perhitungan kembali dan pengecekan kesesuaian serta memastikan tiang pancang terpasang dengan benar terkait posisi, lokasi hingga faktor ketegakan pemancangannya. Kontrol ketegakan pemancangan ini dilakukan secara berkala untuk memastikan tiang terpasang dengan sempurna dan tidak mengalami kesalahan perhitungan ketegakan. Kontrol ini bisa dilakukan tiap 2 meter hingga tiang terpasang sesuai dengan kedalaman yang sudah direncanakan.

Proses survey, perhitungan, produksi tiang pancang, pengangkutan hingga pemasangan benar – benar membutuhkan ketelitian dan ketrampilan dari ahlinya. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan perencanaan dan pelaksanaan berjalan lancar dan konstruksi pondasi yang dibuat benar – benar sesuai dengan kebutuhan spesifikasi bangunan yang akan dibuat. Menggunakan jasa kontraktor profesional yang memiliki spesialisasi dan pengalaman di bidang pondasi tiang pancang menjadi sebuah keharusan demi hasil yang terbaik.

PT Niki Four Solusi Kebutuhan Konstruksi Bangunan Industri

PT Niki Four adalah perusahaan konstruksi yang berada di Karawang, kota berkembang yang berada di antara Bandung dan Jakarta dengan kemudahan akses menuju ke kota – kota besar tersebut dan daerah lain di wilayah Jawa bagian Barat. Perusahan ini merupakan sebuah perusahaan yang dikembangkan oleh putra daerah yang memiliki tujuan turut menjadi bagian dari kegiatan pembangunan di wilayah Karawang dan daerah lain di sekitarnya.

Perusahaan ini juga memiliki syarat – syarat terkait aspek legal yang sudah terpenuhi mulai dari akta pendirian, pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Persyaratan legalitas lain mengenai NPWP, Nomor Induk Berusaha serta SPPKP dan aspek legal lain juga sudah dimiliki sehingga memungkinkan untuk melakukan kerja sama resmi dengan sesama lembaga atau perusahaan legal yang lain di Indonesia. PT Niki Four juga sudah memenuhi kewajiban untuk menyertakan setiap pekerja di perusahaan dan yang terlibat dalam proyek – proyek yang ditangani ke dalam BPJS Ketenagakerjaan demi perlindungan dari kecelakaan kerja dan pemenuhan hak pekerja.

PT Niki Four sudah beroperasi selama lebih dari 11 tahun dan sudah mengerjakan lebih dari 2.400 proyek serta melakukan kerja sama dengan lebih dari 60 lembaga selaku konsumen. Dukungan dari tenaga profesional di bidang – bidang yang terlibat dalam setiap proyek menjadi jaminan kualitas layanan dan hasil dari perusahaan ini. Tawaran penganggaran yang terbuka memungkinkan setiap pihak yang bekerja sama untuk memperoleh harga yang rasional, ekonomis dan kompetitif tanpa meninggalkan aspek – aspek kejujuran dan tentu saja kualitas dalam setiap layanan proyek.

Bidang pekerjaan konstruksi yang ditangani oleh PT Niki Four meliputi penyedia jasa di bidang :

  • Konstruksi
  • Material
  • Teknik
  • Maintenance·
  • Renovasi

Bidang jasa yang luas dan fleksibel terkait jasa konstruksi bangunan memungkinkan banyak kerja sama dan juga peluang kerja sama jangka panjang dengan semua pihak. Pekerjaan sipil dan konstruksi yang dikerjakan oleh PT Niki Four meliputi pembuatan desain, penyediaan material konstruksi, pengerjaan pondasi, pembangunan konstruksi bangunan hingga renovasi bangunan yang sudah ada. Selain itu juga ada layanan pekerjaan maintenance atau pemeliharaan bangunan. Jasa pemeliharaan bangunan ini bisa dikerjasamakan dengan sistem borongan atau harian yang bisa dibicarakan antara kedua belah pihak untuk menentukan kesepakatan terbaik.

Salah satu bidang pekerjaan spesialisasi yang ditangani adalah pemasangan konstruksi pondasi dengan sistem tiang pancang. PT Niki Four memiliki kelengkapan sumber daya manusia hingga kebutuhan peralatan untuk mengerjakan tugas pemasangan pondasi tiang pancang untuk segala kondisi tanah serta desain bangunan. 

Beberapa perusahaan besar dengan beragam latar belakang bisnis sudah menggunakan jasa PT Niki Four seperti PT GS Battery, PT Sari Roti, PT Ajinomoto, PT pralon, PT Tempo Scan hingga PT Indomobil Group. Pengalaman di bidang konstruksi dan jasa teknik ini juga menjadikan perusahaan ini sebagai salah satu Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang memiliki spesialisasi pada pengerjaan konstruksi pondasi tiang pancang dan pembangunan konstruksi industri. 

Referensi :

  • Deep Foundation; Wikipedia ( English ). Diakses pada tanggal 18 Desember 2021 di alamat en.wikipedia.org
  • Pile Cap; Wikipedia ( English ). Diakses pada tanggal 18 Desember 2021 di alamat en.wikipedia.org
  • Precast Prestressed Spun Concrete Piles; The Engineering Community. Diakses pada tanggal 18 Desember 2021 di alamat theengineeringcommunity.org
  • Precast Concrete Products : The Superior Choice, JP Concrete. Diakses pada tanggal 18 Desember 221 di alamat jpconcrete.co.uk

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.