16 Proyek Arsitektur Terbaik di Abad ke-21

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

16 proyek arsitektur terbaik abad ke-21. Website metropolismag meminta para praktisi terkemuka untuk berbagi pilihan proyek terbaik selama 16 tahun terakhir. Berikut ini adalah daftar proyek arsitektur terpilih, baik besar maupun kecil, yang telah menentukan lanskap berbagai kota di era milenium ini.

1. Sendai Mediatheque

Sendai Mediatheque​ ini berlokasi di kota ​Miyage, Jepang dan dibangun pada tahun 2001 oleh Toyo Ito & Associates. “Bentuk yang lebih baik untuk mengantarkan ke abad baru berupa sebuah bangunan publik yang dibuat elegan dengan menempatkan kembali secara diam-diam lintasan arsitektur klasik abad sebelumnya berupa struktur, inti, dan kulit – narasi Dom-ino Le Corbusier yang disusun dengan rapi yang terkenal pada pada tahun 1915. “—Donald Chong, rekan, Williamson Chong.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

2. Museum Seni Kontemporer Abad 21

Gedung ini berada di Kanazawa, Jepang. Dibangun pada tahun 2004 oleh SANAA. “Mewujudkan cawan suci dari setiap galeri yang dirancang khusus untuk karyanya, perluasan yang tidak terbatas, dan kesempurnaan bentuk dan detail, itu sekaligus sangat sederhana dan sangat kompleks.” —James Biber, kepala sekolah, Biber Architects.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

3. Perpustakaan Umum kota Seatle

Dibangun oleh OMA pada tahun 2004 di  kota Seatle, negara bagian Washington. “Perpustakaan Umum Seattle mengantarkan milenium baru dengan optimisme kritis. Perpustakaan ini menyatakan bahwa masyarakat kita dapat menghasilkan arsitektur sipil dalam lingkungan demokrasi perkotaan tanpa menggunakan sentimentalitas, tapi dengan bahan baku, teknologi tertanam, dan rasa ruang yang mengalir untuk mencerminkan kondisi kota kontemporer kolektif. “- Vishaan Chakrabarti, pendiri, PAU.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

4. Phaeno Science Center

Dibagun di kota Wolfsburg, Jerman pada tahun 2005 oleh Zaha Hadid Architects​. “Saya membuat pilihan ini juga untuk mengenang Zaha Hadid. Ketika saya masih menjadi mahasiswa di AA (Architectural Association School of Architecture) di London pada 1980-an, Zaha selalu menyarankan saya untuk mengikuti apa yang dilakukan para insinyur — daripada apa yang dilakukan arsitek lain — dan saya melakukan hal itu tepat untuk tahun yang saya habiskan di unitnya. Pusat Sains Phaeno oleh Zaha Hadid adalah contoh sempurna dari pendekatan ini. Secara khusus, kolom berongga yang diprogramnya di dalamnya sangat orisinal, dan saya belum pernah melihat hal itu dilakukan oleh orang lain. “- Ben van Berkel, pendiri, UNStudio.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

5. Church at Firminy

Gereja di kota Firminy, Prancis ini dibangun pada tahun 2006 oleh Le Corbusier bersama dengan José Oubrerie. “Di antara Terminal Yokohama (FOA, 2002), Casa da Musica (OMA, 2004), Rumah Pandang (Johnston Marklee, 2009), Galeri Kukje (SO-IL, 2012), dan Gedung Opera Metropolitan Taichung (Ito, 2015), Saya memutuskan untuk memilih Gereja di Firminy sebagai karya arsitektur paling penting sejak tahun 2000. ”- Jimenez Lai, pendiri, Bureau Spectacular.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

6. Architectural Responses to Humanitarian Crises

Desain Seperti Anda Mengumpat: Respons Arsitektur Terhadap Krisis Kemanusiaan. Bangunan bernama Metropolis Books ini dibangun pda tahun 2006 oleh Architecture for Humanity. “Metropolis Books ini membantu memperkuat agenda sosial kontemporer arsitektur.” —Mason White & Lola Sheppard, kepala sekolah, Kantor Lateral.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

7. Perpustakaan Universitas Seni Tama

Gedung ini ada di Tokyo dan dibangun pada tahun 2007 oleh Toyo Ito & Associates. “Penafsiran ulang besar-besaran atas struktur arketipikal, disesuaikan kembali ke lokasi, program, dan kondisi material, menarik rasa penemuan dari strategi abadi.” —Nader Tehrani, kepala sekolah, NADAAA.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

8. Bruder Klaus Field Church

Gereja ini dibangun di kota Mechernich, Jerman pada tahun 2007 oleh Peter Zumthor​. “Kapel ini mewujudkan aspirasi arsitektur tertinggi — unsur, visceral, dan sangat puitis. Dibentuk oleh api naik ke cahaya, konsepsi, konstruksi, dan pengalaman spasial adalah satu pemikiran dan tindakan, menciptakan arsitektur yang sepenuhnya transformasional. “-Brad Cloepfil, kepala sekolah, Allied Works Architecture.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

9. High Line

Ini adalah sebuah ruang publik di kota New York, selesai di bangun pada tahun Final Phase 2014 oleh James Corner Field Operations and Diller Scofidio + Renfro, with Piet Oudolf.

“High Line ini sangat transformational: Melalui hibridisasi infrastruktur, urbanisme, dan alam yang inovatif yang dialami sebagai passeggiata abad ke-21, telah meningkatkan harapan kami bahwa ruang publik yang luar biasa sangat penting bagi kehidupan sipil.”  —Stephen Cassell, Kim Yao, and Adam Yarinsky, principalsArchitecture Research Office (ARO)

“The High Line sama pentingnya bagi New York dengan Central Park selama bertahun-tahun. Keduanya memberikan kontribusi yang sangat besar bagi vitalitas dan kehidupan di kota.” —Richard Meier, managing partner, Richard Meier & Partners Architects

“Sebuah proyek yang merelisasikan visi taman kota, dan proyek ini benar-benar mengubah kota..”—Tom Kundig, principal, Olson Kundig Architects

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

10. Aqua Tower

Gedung ini dibangun di kota Chicago, Illinois pada tahun 2010 oleh Studio Gang.”Sebuah sindiran arsitektural baru yang hebat yang memperluas logika konstruktif dari desain gedung pencakar langit.” -Susana Torre, arsitek.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

11. Butaro District Hospital

Sebuah rumah sakit di distrik Butaro, Rwanda yang dibangun pada tahun 2011 oleh MASS Design Group. “Dimulai dengan proyek ini, MASS Design Group telah memelopori model baru yang menghadirkan arsitektur vital guna melengkapi kehidupan bagi masyarakat paling tertinggal di dunia!” —Zack McKown, principal, Tsao & McKown

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

12. Heydar Aliyev Center

Dibangun oleh Zaha Hadid Architects di kota Baku, Azerbaijan pada tahun 2012. “Gedung ini ada untuk mewujudkan keberanian dari seorang arsitek paling provokatif di zaman ini yang baru saja tiada.” —Thom Faulders, founder, Faulders Studio

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

13. Emerson College

Dibangun di kota Los Angeles pada tahun 2014 oleh Morphosis. “Proyek ini memisahkan tipologi sebuah sekolah dan menyatukannya kembali dengan cara yang paling kreatif. Cangkang luarnya yang sederhana dan sederhana menyelimuti dunia batin yang aneh, seperti kota di dalam kota.” —Tom Wiscombe, founder, Tom Wiscombe Architects

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

14. The Dr. Chau Chak Wing Building

Dibangun di Sydney, Australia tahun 2014 oleh Frank Gehry. “Para ekstrovert menuangkan beton. Mereka menutupi bumi. Tapi beton selalu retak, dan keluar dari retakan itulah, para introvert bermunculan..” —Eric Owen Moss, principal, Eric Owen Moss Architects.

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

15. VIA West57

Bangunan ini dibangun di kota New York tahun 2016 oleh Bjarke Ingels Group (BIG). “Bangunan ini telah membentuk kembali skyline Manhattan, yang secara historis telah dibatasi oleh zonasi, menghasilkan struktur yang tidak berdampak. Cara bangunan keluar dari tanah dan menembus konteks sekitarnya adalah unik dan menginspirasi.” —Andrew Kotchen, founding principal, Workshop/APD

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

16 Brooklyn Bridge Park

Taman ini dibangun di New York oleh Michael Van Valkenburgh Associates, hingga sekarang belum selesai. “Brooklyn Bridge Park adalah salah satu proyek taman paling ambisius dan signifikan yang akan dibuat di New York sejak Central Park. Michael Van Valkenburgh telah mengubah rangkaian dermaga pengiriman yang telah ditata secara spektakuler namun sudah lama tidak berfungsi ini menjadi program beragam ruang yang mempromosikan rekreasi dan rekreasi aktif. Berlatar belakang dari salah satu pemandangan paling ikonik di dunia, baik penduduk maupun pengunjung, sepanjang tahun, dari pagi hingga sore hari, sekarang dapat mengakses dan menikmati bagian penting dari tepi laut Kota New York ini..” —Ben Prosky, executive director, Center for Architecture/American Institute of Architects New York (AIANY)

16 Proyek Arsitektur Terbaik Abad ke-21

Proyek Arsitektur Terbaik

Sumber: https://www.metropolismag.com/architecture/best-architecture-projects-21st-century/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.