Prospek Berkarir dan Bekerja Bidang Teknik Sipil

Posted by purnosidi
on 17/03/2016
Prospek Berkarir dan Bekerja Bidang Teknik Sipil

Bagaimana prospek berkarir dan bekerja bidang teknik sipil? Apa saja yang dibutuhkan agar sukses pada pekerjaan teknik sipil?

Kami Nikifour adalah sebuah perusahaan yagn bergerak di industri konstruksi. Kami adalah kontraktor yang berlokasi di Karawang. Adakah kesempatan untuk bergabung dan bekerja di perusahaan kontraktor seperti Nikifour ini?

Kami Nikifour Karawang dengan area pekerjaan meliputi semua kawasan industri di karawang hingga Jababeka Bekasi, kami senantiasa membuka peluang untuk berkarir di dunia pekerjaan teknik sipil. Tunggu info lowongan kerja teknik sipil di Nikifour Karawang. Nantikan postingnya di website ini.

Dunia kerja teknik sipil harus didukung dengan tekad dan keuletan yang tinggi. Fokus dan dedikasi pada pekerjaan dituntut selalu optimal. Skill dan ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah akan semakin menjadi bekal yang baik dengan didukung oleh semangat dan kerja keras serta kedisplinan yang tinggi.

Prospek Berkarir dan Bekerja Bidang Teknik Sipil

Prospek Berkarir dan Bekerja Bidang Teknik Sipil

Anda adalah calon mahasiswa teknik sipil? Atau apakah Anda adalah lulusan S1 teknik sipil yang tidak mau menganggur?

Salah satu masalah kegagalan mereka yang belajar di fakultas teknik sipil adalah kurangnya fokus dalam belajar. Tidak fokus di masa kuliah akan mengakibatkan kurangnya dasar-dasar ilmu yang akan menjadi bekal terjun ke lapangan kerja.

Banyak perusahaan termasuk Nikifour kontraktor Karawang yang selalu mencari lulusan teknik sipil dengan kualitas nilai yang baik. Kami menganggap mereka telah mempunyai dasar skill guna kemudian diterapkan dalam pekerjaan. Hanya nantinya soal semangat dan keuletan serta yagn akan menuntunnya kepada kesuksesan berkarir di dunia pekerjaan teknik sipil.

Bagaimana para fresh graduate melihat prospek pekerjaan teknik sipil? Berikut beberapa pandangan kami tentang bermacam prospek kerja di bidang teknik sipil.

Seringkali mata kuliah jurusan teknik sipil didefiniskan sebagai pendidikan rancang bangun dan pemeliharaan lingkungan. Tentu tidak salah definisi yang demikian meski teknik sipil sendiri bisa didefinisakan lebih dari itu. Teknik sipil adalah industri yang terus berkembang. Tekni sipil sangat berpengaruh di dalam mendukung berbagai sektor penting baik publik maupun swasta.

Dan tentu saja mereka para lulusan teknik sipil mempunyai banyak pilihan yang bisa dipilih dari banyak spesialisasi. Ada banyak spesialisasi bidang studi yang bisa dipilih, mulai dari rekayasa struktural, teknik lingkungan hingga nanoteknologi.

Sedemikian luasnya bidang teknik sipil ini sehingga bisa menjadi jaminan karir di masa depan. Teknik sipil bukanlah bagian dari teknologi modern. Industri teknik sipil sesungguhnya telah ada semenjak 4000 tahun bahkan sebelum Masehi.

Pada saat itu telah ada sistem transportasi, telah ada bangunan dengan struktur tinggi seperti Piramida di Mesir dan tembok raksasa di China.

Terminologi teknik sipil sendiri muncul di tahun 1800’an. Istilah teknik sipil muncul untuk membedakan teknik untuk kegiatan militer dengan teknik bukan kegiatan militer.

Berbicara prospek teknik sipil, maka banyak sekali tersedia ragam pilihan kerja untuk para lulusan fakultas ini. Maka fokus ketika masih duduk di bangku kuliah adalah kunci sukses. Ada banyak modul yang bisa dipilih lalu fokus. Dari mulai bidang pekerjaan konstruksi, pekerjaan properti, maupun area produksi di industri tertentu.

Di Inggris, rata-rata gaji untuk lulusan teknik sipil berkisar 23 ribuan euro pertahunnya atau sekitar 400 juta rupiah. Sebuah harga yang pantas untuk skill teknik yang memang penting untuk membangun infrastruktur sebuah negara.

Sebagai gambaran lain tentang asiknya bekerja di lapangan teknik sipil ini adalah kesempatan untuk jalan-jalan ke banyak destinasi karena terkait survey data dan informasi atau sebuah proyek tertentu.

Ada 4 prospek kerja utama bagi lulusan teknik sipil yaitu:

  1. Spesialisai struktur
  2. Manajemen konstruksi
  3. Geoteknik
  4. Transportasi dan sumber daya air.

Lulusan teknik sipil pada dasarnya bisa menjadi apa saja dalam jenajgn karirnya. Ia bisa menjadi direktur pada sebuah perusahaan, bisa menjadi Manajer teknik yang mengendalikan manajemen proyek, desain dan biayanya.

Lulusan teknik sipil juga bisa menjadi manajer lapangan seperti mandor yang bertugas mengendalikan pekerjaan agar berproses dengan baik.

Dosen juga bisa menjadi pilihan karir. Dosen adalah pekerjan mulia, tanpa dosen tidak akan pernah lahir lulusan teknik sipil.

Surveyor, superintendent hingga mandor adalah profesi yang bisa diambil oleh lulusan teknik sipil.

Apakah itu saja posisi yang bisa diambil oleh seorang lulusan teknik sipil? Tentu saja posisi dan profesi pekerjaan-pekerjaan lain bisa dilakukan dengan skill teknik sipil seperti menjadi PNS, TNI/ Polri, menjadi guru, lurah, pegawai pemerintah di bagian pajak, ketenaga kerjaan atau di departemen pekerjaan umum.

Sulit dan susah adalah 2 kata untuk mendefinisikan bagaimana mempelajari dan menikmati hari-hari id bangku kuliah jurusan teknik sipil. Teknik sipil menggabungkan antara ilmu sains, matematikan perhitungan logika dengan seni mendesain rancang bangun. Hanya mereka yang berbakat jenius yang mampu sukses menerapkan ilmunya di pekerjaan teknik sipil. Siapapun bisa berbakat dan sukses. Prospek berkarir dan bekerja bidang teknik sipil terbuka lebar beserta kesuksesannya bagi siapa saja.

Terima kasih telah meluangkan waktu membaca artikel tentang prospek berkarir dan bekerja bidang teknik sipil ini. Kami Nikifour Karawang sebagai perusahaan kontraktor sipil selalu mengedepan tenaga dan dukungan dari profesional di bidang teknik sipil.

Nikifour Karawang akan menjadi partner Anda membangun infrastruktur masa depan. Rumah idaman, kantor bisnis, dan gedung perusahaan beserta maintenance ataupun renovasi, percayakakan kepada kami. Kontak kami sekarang juga dan diskusikan kebutuhan project Anda.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id