Proses Penting Pembangunan Jalan Raya

Proses Penting Pembangunan Jalan Raya

Pembangunan jalan raya adalah kebutuhan penting bagi kemajuan suatu daerah. Karena dengan akses jalan yang mudah dan baik, maka berbagai kemajuan akan dialami. Pada umumnya jalan raya di Indonesia menerapkan jalan bermaterial asphalt. Berbagai tahapan akan dilakukan akan dihasilkan jalan raya yang berkualitas dan tahan lama. Bagaimana tahapan dalam proses pembuatan jalan asphalt. Berikut ini adalah proses penting pembangunan jalan raya, urutan kerjanya dan sejumlah alat berat yang digunakan beserta fungsinya.

Proses Penting Pembangunan Jalan Raya

Proses Penting Pembangunan Jalan Raya

Pembersihan dan perataan lokasi proyek jalan raya

Sebelum pembangunan jalan raya dimulai, maka  lokasi atau lahan proyek harus dibersihkan terlebih dahulu. Karena biasanya lokasi itu dikotori dengan adanya sampah atau berbagai pepohonan yang masih tumbuh. Semuanya harus diratakan sehingga mempermudah dalam pengerjaan pembangunan jalan raya. Guna pembersihan lahan itu, penggalian dan pengurukan tanah akan digunakan berbagai alat berat. Jenis alat berat yang umumnya digunakan adalah, sebagai berikut.

  • Sesudah lahan proyek dilakukan pembersihan, maka bisa melakukan pengerjaan perataan tanah memakai alat berat seperti excavator.
  • Alat berat ini digunakan untuk memindahkan tanah dari bekas galian untuk dinaikkan ke dalam dump truck atau truk yang berukuran besar.

Penghamparan material sebagai pondasi tanah

Tahapan ini menggunakan batu kali. Pengangkutan material ini biasanya dengan alat transportasi seperti dump truck. Selanjutnya setelah ditempatkan di areal pondasi bawah, maka akan diratakan dan juga dipadatkan. Alat berat yang digunakan adalah dengan tandem roller. Alat berat ini berfungsi dalam perataan material pembangunan jalan raya. Tandem roller diterapkan ketika penghamparan lapisan pondasi atas dan di lapis permukaannya.

Ketika proses penghamparan material pondasi, maka akan diterapkan pengerjaan berupa pengukuran elevasi urugan memakai alat teodolit dan segala perlengkapannya. Dengan menggunakan alat berat ini, maka material pembangunan jalan raya akan tertata dengan baik, rapi dan kuat. Sehingga jalan raya bisa memiliki ketahanan yang diinginkan.

Penghamparan dari lapis asphalt

Kalau lapisan pondasi bagian bawah sudah selesai dikerjakan. Maka tahapan proses selanjutnya yang harus diterapkan adalah berupa penghamparan asphalt. Sebelum digunakan asphalt ini telah dipanaskan dengan suhu dan waktu tertentu, sehingga teksturnya menjadi cair dan siap digunakan. Alat berat seperti asphalt finisher  ini biasanya digunakan untuk menghamparkan cairan asphalt.

Sesudah asphalt sudah dihamparkan sesuai dengan elevasi jalan raya, yang sebelumnya telah dilakukan pengukuran khusus. Maka tahapan selanjutnya digunakan thedolit yang disesuaikan dengan perencanaan pekerjaan seterusnya. Tahapan selanjutnya adalah pemadatan menggunakan alat berat buldozer sampai terdapat kepadadatan dan elevasi sesuai perencanaan. Pekerjaan seterusnya adalah finishing pemadatan jalan raya dan juga perataan dengan menggunakan alat berat peneumatic roller.

Sampai pada tahapan tersebut, maka jalan raya sudah terbangun sesuai dengan kontruksi yang memadai. Sehingga sudah bisa digunakan atau dilintasi berbagai kendaraan bermotor sesuai dengan kemampuan dari kekuatan jalan raya. Kelebihan kapasitas beban yang melalui kawasan jalan raya tersebut dan gempuran cuaca, maka akan mengakibatkan adanya kerusakan tertentu. Sehingga tahapan berikutnya bisa melakukan perbaikan atau pelapisan asphalt, agar kondisinya kembali sempurna dan mendukung keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Jasa kontraktor jalan raya berkualitas

Saat beragam kontraktor sipil yang sangat banyak yang menawarkan kemampuannya dalam membangun jalan raya. Agar tidak salah pilih, tentunya harus ekstra selektif dalam pengerjaanya. Biasanya pembangunan jalan beraspal tidak hanya diterapkan di jalan raya sebagai fasilitas umum saja. Tapi juga di lingkungan perusahaan yang membutuhkan fasilitas jalan yang bagus dan kuat. Anda bisa mempercayakan pembangunan jalan raya kepada PT Nikifour karawang kontraktor sipil terbaik berpengalaman.

Perusahaan ini bergerak dalam bidang general contractor, civil project, building maintenance, electrical and mechanical, general supplier and trading dan IT solution and networking yang berkantor pusat di kawasan Karawang. Berbagai perusahaan raksasa dan ternama di tanah air pernah menjadi kliennya. Beberapa di antara mereka adalah Kalbe Farma, Sari Roti, Bintang Toedjoe, GS Battery, Dankos, Indomobil dan berbagai perusahaan besar lainnya.

Nikifour Karawang sangat mengandalkan kualitas bangunan dengan perencanaan matang dan pengerjaan yang sangat cermat. Sehingga memberikan kepuasan kepada semua klien. Dengan pengalaman yang luas, maka berbagai proyek bisa dilaksanakan dengan baik.

1 Comment

  1. Mr Teoh says:

    Dear Sir/Mdm,

    I am Mr Teoh Yak Seng, from VIKING ASPHALT SDN BHD, we are Malaysia based company dealing in Bitumen & emulsion industry for more than 15years. We are towards ISO 9001:2008 certified company.

    Our company deal with Asphalt (Bitumen 80/100 and Bitumen 60/70 which can be packed in 180KG or 200KG steeldrum) origin Malaysia with competitive pricing.

    For the Asphalt Emulsion product : Viking is the major supplier to few high profile project such as Malaysia North-South Highway, Penang Second Bridge, Singapore F1 Night Track & etc. Customers cover MALAYSIA,MYANMAR,SOUTH AFRICA, KENYA, SINGAPORE, NEW ZEALAND and etc.

    We hope you will find interested in buying bitumen with us. We look forward to hearing from you and do direct any enquiries,if we can assist you in any other way, please feel free to contact us.

    Thanks & best rgds.
    Teoh Yak Seng
    Sales Executive
    VIKING ASPHALT SDN BHD
    Tel : 607-556 1588
    Fax : 607-556 1288
    Mobile : 6016-7231288
    Email : teoh@vikingsb.com
    Website : http://www.vikingsb.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.