Plafon PVC 10 Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis ukuran kayu bahan konstruksi
Berbagai jenis Ukuran Kayu Bahan Konstruksi Bangunan dan Industri
March 9, 2017
Pemasangan Plafond dan Pengunaan Plafond PVC
7 Kesalahan Pemasangan Plafon dan Penggunaan Plafon PVC
March 23, 2017
Show all

Plafon PVC 10 Kelebihan dan Kekurangannya

Plafond PVC, 10 Kelebihan dan Kekurangannya

Inilah penjelasan tentang plafon PVC 10 kelebihan dan kekurangannya. Bagi Anda yang saat ini sedang punya rencana ingin membangun rumah, pastinya ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari bahan material yang digunakan, desain dari rumah itu sendiri, pemilihan warna cat, keramik, sampai perabot rumah tangga. Siapa yang tak ingin memiliki rumah idaman sendiri, yang nyaman ditempati dan tentunya punya desain yang indah dilihat. Nah, selain hanya pada bagian lantai dan dinding, Anda juga wajib memperhatikan bagian atas atau langit-langit rumah.

Pemilihan plafon yang cocok akan semakin membuat rumah Anda menjadi cantik dan indah. Jika biasanya kebanyakan orang mengandalkan bahan gypsum sebagai plafon, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan bahan lain yaitu plafon PVC. Mungkin beberapa orang awan masih belum banyak mengetahui mengenai plafon dari PVC. Hal ini karena sebagian besar masyarakat Indonesia memang jarang menggunakannya dan lebih terbiasa dengan plafon gypsum ataupun yang terbuat dari triplek.

Nikifour Karawang juga merupakan distributor plafon PVC Karawang dari beberapa merk terkenal. Plafon PVC dari bahan Polivinil Klorida memang pilihan terbaik untuk interior di ruangan Anda. Awet, tahan api, tahan air dan bocor, ringan, dan mudah pemasangannya. Hubungi kami di bagian kontak.

Apa itu Plafon PVC?

Sebelum membahas lebih jauh tentang plafon berbahan PVC dengan 10 kelebihan dan kekurangannya, perlu diketahui bahwa material PVC sendiri terbuat dari bahan yang sering disebut sebagai Polivynil Chloride yang mana merupakan bahan jenis polimer yang sering digunakan untuk bahan pembuatan pipa air. Saat ini Anda mungkin juga sudah sering melihat beberapa rumah yang bagian langit-langitnya menggunakan plafon PVC.

Memang benar kalau bahan yang satu ini memiliki banyak kelebihan jika dipakai sebagai plafon. Di Indonesia sendiri sudah ada banyak sekali toko bahan dan juga material bangunan yang menyediakan PVC.

Pertanyaannya adalah, kalau plafon yang terbuat dari gypsum ataupun triplek pemasangannya tergolong mudah karena banyak diketahui orang, lalu bagaimana dengan PVC? Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini karena sudah ada banyak jasa kontraktor yang menyediakan layanan pemasangan. Salah satu contohnya adalah PT Nikifour kontraktor pemasangan atap plafon PVC yang letaknya di daerah Karawang. Kami telah memiliki banyak sekali pelanggan, mulai dari untuk pembangunan rumah biasa sampai gedung-gedung tinggi.

Pemasangan plafon-PVC nya juga terbilang rapi dan cepat jadi Anda tak perlu lagi menunggu sampai berminggu-minggu. Hal ini disebabkan karena PT Nikifour kontraktor pemasangan atap plafon PVC ini sendiri memiliki pegawai yang profesional dan bertanggung jawab.

Apa Kelebihannya?

Sekarang ini material PVC lebih diminati banyak orang apalagi mengetahui kalau rumah akan tampak lebih cantik kalau menggunakan material tersebut. Selain itu, penggunaan dari plafon-PVC juga memiliki banyak kelebihan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Desainnya Lebih Menarik

Jika Anda bosan dengan desain langit-langit rumah maka penggunaan plafon berbahan PVC bisa dijadikan sebagai alternatif lain. Tampilan rumah yang menggunakan plafon-PVC memang terkesan lebih mewah dan juga elegan.

2. Awet dan Tahan Lama

Ternyata jenis plafon yang satu ini punya kualitas yang baik yaitu tergolong awet dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun.

3. Lebih Lentur dan Ringan

Karena terbuat dari bahan pembuatan pipa air, maka jelas sekali kalau plafon PVC jauh lebih ringan dan juga lentur dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

4. Mudah Memasangnya

Karena ringan maka hal ini juga membuat pemasangannya lebih cepat dan bahkan tidak memerlukan proses pengecatan.

5. Anti Bocor

Inilah yang salah satu faktor yang membuatnya awet dan tahan lama yaitu anti bocor, terlebih lagi saat musim hujan. Hal ini tentu saja karena bahan PVC sama seperti yang dipakai untuk membuat pipa air.

6. Bebas Rayap

Kalau plafon yang terbuat dari triplek ataupun gypsum rawan terkena rayap dan juga jamur, berbeda halnya dengan PVC. Itulah sebabnya mengapa plafon PVC disebut sebagai plafon terbaik.

7. Punya Banyak Pilihan Warna

Tak perlu lagi mengecat ulang dan membuat berbagai macam motif pada langit-langit rumah Anda. plafon yang terbuat dari PVC punya banyak pilihan warna, corak, dan juga bentuk.

8. Mudah Dibersihkan

Jika langit-langit rumah Anda kotor dan banyak debu, cukup bersihkan saja dengan sapu ataupun dilap.

9. Tidak Mudah Pecah

Sifatnya yang lentur membuat bahan PVC tidak mudah pecah sehingga memudahkan dalam proses pemasangan.

10. Tidak Mudah Terbakar

Salah satu keunggulan dari PVC adalah tidak mudah terbakar.

Lalu Apa Kelemahannya?

Meskipun jenis plafonPVC semakin banyak yang mengincar karena memiliki banyak kelebihan, tapi Anda juga harus tahu kalau ada juga beberapa kekurangannya. plafonPVC 10 kelebihan dan kekurangannya;

1. Lemnya Tidak Rapi

Karena terbuat dari bahan polimer maka membutuhkan lem untuk merekatkan bagian satu dengan lainnya. Hal ini terkadang sering membuat lemnya menjadi belepotan dan tidak rapi.

2. Listnya Kurang Rapat

plafon PVC harus di pasang satu persatu dan jika tidak teliti maka akan menimbulkan rongga di setiap lisnya.

3. Rawan Roboh

Saking ringannya dari plafon berbahan gypsum, maka ketahanan PVC agak kurang bagus. Tak jarang plafon rusak karena diinjak-ijak tikus di atap.

4. Material yang Mahal

Karena lebih praktis dan efisien, harga dari plafon ini sendiri tergolong tinggi dibandingkan dengan yang lainnya.

5. Biaya Pasang Mahal

Meskipun lebih mudah tapi pemasangan plafonPVC harus lebih teliti sehingga membuat biaya pasangnya mahal.

6. Rawan Dimakan Tikus

Tidak sedikit juga masyarakat yang mengeluh karena plafon-PVC nya bolong akibat digerogoti oleh tikus.

7. Sambungannya Terlihat Jelas

Jika Anda menyambung bagian plafon-PVC maka akan jelas sekali terlihat. Oleh sebab itu, pemasangannya harus benar-benar rapi dan ukuran plafonnya harus sesuai.

8. Boros Rangka

Agar bisa menempel dengan kokoh dan tidak mudah roboh, maka kerangka yang dipasang juga lebih banyak.

9. Rawan Rembesan Air

Karena pasti terdapat celah pada plafonPVC, meskipun tahan bocor tapi air bisa merembes melalui celah tersebut jika tidak ditutup dengan rapat.

10. Tidak Tahan Panas

Bahan polimer memang tidak tahan panas, apalagi jika terkena sinar matahari terlalu lama. Itulah 10 kelebihan dan juga kekurangan dari plafon rumah yang terbuat dari material PVC. Jika ingin tetap awet dan tahan lama, Anda sebaiknya menggunakan jasa pemasangan terbaik. Hal ini karena kualitas PVC sendiri bergantung pada cara pemasangannya.

Anda bisa menggunakan jasa dari PT Nikifour kontraktor pemasangan plafonPVC. Nikifour Kontraktor terbaik Karawang KIIC Suryacipta merupakan kontraktor di bidang bangunan yang sudah profesional dan memberikan hasil terbaik.

Save

Save

purnosidi
purnosidi
I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id

Comments are closed.