Pilih Warna Cat dengan Cara Berikut Ini agar Rumah semakin Nyaman

Posted by purnosidi
on 02/09/2017
Pilih Warna Cat dengan Cara Berikut Ini agar Rumah semakin Nyaman

Ingin merasa betah di rumah?ِ Anda butuh kenyamanan dengan interior! Pilihan warna cat interior merupakan hal menentukan dalam menghadirkan suasana nyaman di rumah. Karena itu silahkan pilih warna cat dengan cara berikut ini agar rumah semakin nyaman. Yuk simak..

Rumah adalah tempat dimana kita bisa menjadi diri kita sendiri. Rumah adalah tempat berkumpul bersama keluarga selepas bekerja, beristirahat dan melepas penat dari rutinitas yang membosankan, dan di rumah pula kita bisa menjadi tuan bagi kita sendiri. Agar kita sebagai penghuni rumah betah berlama-lama tinggal di dalamnya, selain keadaan keluarga yang harmonis, desain interior dan eksterior rumah harus benar-benar kita perhatikan dengan seksama.

Desain tersebut mencakup konstruksi bangunan, hiasan, dan juga warna cat yang dipilih di setiap ruangan. Warna adalah elemen yang paling ringan namun berperan penting dalam menciptakan suasana ruangan yang kita inginkan. Ya, dibandingkan dengan elemen lain, cat adalah yang paling mudah diaplikasikan, dan ekonomis. Adapun tips memilih warna yang sesuai dengan keinginan dan tetap mempertimbangkan sisi estetisnya, PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka berbagai tips sebagai berikut:

Cobalah untuk mengkombinasikan berbagai warna terlebih dahulu

Jika Anda sudah yakin dengan pilihan warna yang Anda suka, Anda bisa langsung meminta kepada penyedia jasa pengecatan yang bersangkutan untuk mengecat dengan warna tersebut. Namun jika Anda ingin perpaduan warna yang menarik namun belum yakin bagaimana hasilnya, Anda bisa mencobanya dengan melakukan eksperimen kecil dengan mencampurkan dua atau lebih warna dalam satu wadah.

Lihatlah hasilnya! Jika warna tersebutlah yang Anda inginkan, Anda bisa meminta kepada pihak penyedia jasa pengecatan untuk menggunakan kombinasi warna tersebut.

Sesuaikan dengan letaknya

Cat yang digunakan untuk area interior rumah tentunya berbeda dengan yang dipakai di bagian eksteriornya. Untuk cat interior Anda bisa memilih warna yang Anda suka dan sekaligus warna yang mudah untuk dirawat dan tahan lama. Sedangkan untuk pilihan cat eksterior Anda bisa memilih cat yang tahan terhadap cuaca ekstrem baik itu panas yang terik ataupun hujan lebat. Lebih dari itu, pilihlah cat yang aman, tidak gampang pudar, gampang dibersihkan dan juga tahan jamur sebagai langkah antisipatif terhadap banjir.

Batasi Kombinasi warna

Memang, menggunakan kombinasi beberapa warna sekaligus memberikan nuansa yang variatif dan tidak monoton. Namun dari sudut pandang arsitektur, kombinasi warna yang terlalu banyak kurang dianjurkan. Usahakan untuk memadukan tidak lebih dari tiga warna dalam satu ruangan. Tiga warna tersebut terdiri dari 1 warna dominan netral, dan dua warna cerah yang senada dengan gradasi yang berbeda. Menggunakan kombinasi beberapa warna cerah sekaligus akan membuat mata mudah lelah. Pertimbangkan pula rasio antara satu warna dengan warna yang lain agar balancing ruangan tetap terjaga.

Amati warna-warna furniture dalam ruangan

Untuk menyelaraskan nuansa warna dalam ruangan, tidak hanya warna catnya saja yang jadi soal. Warna cat tersebut haruslah menyatu dengan warna-warna furniture yang ada di dalam rumah. Warna cat yang variatif cocok sebagai background furniture dengan warna-warna yang netral. Sedangkan untuk furniture yang colorful, Anda bisa memilih kombinasi cat dinding yang dominan netral.

Pencahayaan dalam ruangan

Jika perlu, lakukan tes warna yang cocok untuk mewarnai dinding dengan kadar pencahayaan tertentu. Ruangan dengan pencahayaan yang cukup lebih baik jika menggunakan kombinasi warna gelap. Beda halnya dengan ruangan yang pencahayaannya minim, maka warna cat yang bagus untuk digunakan adalah warna cat yang ringan atau terang. Cat dengan warna muda atau pucat cenderung memantulkan cahaya. Pilih warna yang sesuai dengan selera Anda namun tetap mempertimbangkan sisi pencahayaan dalam ruangan sehingga pewarnaan ruangan tersebut lebih tepat guna. Singkatnya, warna terang cocok untuk ruangan dengan penerangan minim sedangkan warna gelap bagus untuk ruangan dengan penerangan yang baik.

Gunakan Colorwheel

Jika Anda mengalami kesulitan dalam memadukan warna, Anda bisa menggunakan colorwheel untuk membantu memadukan warna yang tepat. Empat kombinasi warna yang bisa dijadikan pilihan antara lain adalah analog, monokromatik, komplementer, dan juga atautriadic. Anda bisa bereksperimen dengan kombinasi warna yang Anda inginkan dan tidak perlu terlalu khawatir dengan hasilnya. Cat adalah elemen konstruksi yang cukup terjangkau dan bisa diperbaharui kapan saja dengan mudah. Dengan colorwheel, Anda akan mendapatkan kombinasi warna yang pas untuk menghias ruangan Anda tanpa harus melakukan eksperimen pelik secara mandiri.

Warna ruangan adalah unsur yang tampaknya remeh dan paling ekonomis namun membangun kesan yang cukup signifikan. Jangan sampai Anda salah pilih warna yang diaplikasikan di masing-masing ruangan. Agar lebih praktis, Anda bisa bekerjasama dengan PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka yang akan memberikan hasil kerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cukup dengan menyampaikan nuansa ruangan yang ingin Anda dapatkan kepada pihak PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka dan Anda cukup menunggu hasil yang memuaskan dalam waktu singkat.

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id