Pilih Cat Rumah Kamu dengan Cara Berikut agar Hunian Lebih Keren

Posted by purnosidi
on 30/08/2017

Yuk pilih cat rumah kamu dengan cara berikut agar hunian lebih keren! Rumah memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Meski bahagia atau tidaknya seseorang bergantung pada pembawaan diri masing-masing, akan tetapi nuansa dan kesan yang diciptakan oleh ruangan yang kita tempati berperan besar pada kenyamanan diri. Setiap ruangan yang dibangun dengan model yang bervariasi pastinya tidak akan lepas dari outer berupa warna-warni cat yang menarik. Sayangnya, tidak semua orang paham betul cara memadukan warna sehingga sering kali ruangan yang dihuni terkesan sedikit asing dan kurang nyaman untuk ditempati. Mau tahu gimana cara memilih cat rumah minimalis dengan hasil yang bagus ala PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka? Ini dia tips yang bisa Anda coba!

Sesuaikan dengan Keinginan Anda

Nantinya, sebagai penghuni, kita lah yang akan menghabiskan waktu setiap harinya di dalam hunian tersebut. Oleh sebab itu, boleh Anda berkonsultasi dengan pihak yang Anda anggap ahli dalam hal kombinasi warna tanpa menafikan keinginan Anda sendiri sebagai pemilik. Anda bisa memulainya dengan bertanya pada hati kecil mengenai apa sih warna yang mewakili karakter diri Anda dan yang benar-benar Anda sukai. Jangan sampai Anda memilih warna hanya karena orang lain menganggap warna tersebut bagus namun secara karakter tidak cocok dengan keinginan Anda. Anda bisa mencari warna apa yang paling mewakili. Jika ingin hasil yang lebih maksimal Anda bisa konsultasi pada ahli tata ruangan sambil mengungkapkan karakter ruangan yang Anda inginkan. Bisa jadi warna ruangan tersebut hanya mono, duo, atau bahkan poly crom tergantung selera. Kuncinya adalah Anda harus mencintai warna yang Anda pilih terlebih dahulu.

Ketahui Kombinasi Warna

Sebagian orang nyaman dengan pilihan satu warna yang disukainya. Namun sebagian lain khususnya untuk desain rumah minimalis yang berada di daerah perkotaan telah banyak yang menggunakan kombinasi warna sehingga kesan yang di dapat dari ruangan tersebut lebih hidup dan bervariasi. Umumnya, orang mengkombinasikan warna netral dengan warna yang disukainya. Adapun rasio yang umum dipakai adalah 80 persen untuk warna netral dan 20 persen untuk warna variasi yang merupakan representasi dari karakter diri Anda. Kenapa warna netral disarankan untuk digunakan sebagai bagian dari kombinasi warna? Sebab warna netral akan membangun suasana yang  tidak menjemukan dan selalu up to date. Sedangkan untuk kombinasi warnanya bisa dipilih warna yang paling Anda suka dengan rasio 20 persennya. Jika satu ketika Anda merasa jenuh dengan warna tersebut, Anda bisa menggantinya tanpa harus menghabiskan  banyak biaya sebab komparasinya hanya 20 persennya saja.

Kombinasi warna ini tidak harus warna yang mencolok. Warna tersebut haruslah warna yang sesuai dengan keinginan Anda dan juga cocok dengan part rumah yang akan Anda warnai itu. Pilih warna cat yang sesuai dengan interior dan eksteriornya sehingga ruangan akan semakin menyenangkan.

Kenali karakter setiap warna

Ya, mengetahui karakter setiap warna sangat penting. Ini berhubungan dengan kesan yang akan ditunjukkan. Misalkan, warna putih memberikan kesan netral, lebih luas, dan cocok sebagai background di setiap sudut ruangan. Warna hitam memberikan kesan yang kokoh, kuat, dan sangar. Warna merah memberikan kesan membara dan berani, warna ungu dominan elegan, warna kuning ceria, warna hijau teduh dan segar, dan masih banyak lagi. Dengan mengetahui karakter dari setiap warna ini, kita akan bisa menentukan warna apa yang cocok yang mewakili karakter diri kita dan juga untuk membangun kesan tertentu yang ingin dihadirkan di setiap ruangan.

Pilih warna terbaik untuk setiap ruangan

Untuk menghadirkan nuansa yang nyaman di setiap ruangan, warna yang dipilih tidak hanya asal suka tetapi juga juga yang cocok untuk mewarnai ruangan tersebut. Misalkan, untuk dapur kita bisa memilih warna yang lebih soft agar tidak mudah kotor. Untuk ruangan si kecil kita bisa pilih warna yang ceria dan bervariasi. Untuk ruang tamu kita bisa kombinasikan warna dengan impresi yang cheerful, lux, traditional, kontemporer, dan sebagainya. Tidak hanya warna catnya saja yang harus diperhatikan, akan tetapi warna dasar lantai juga harus menjadi PR Anda.

Jika Anda ingin mendapatkan kombinasi warna ruangan terbaik Anda bisa bertanya pada diri Anda sendiri mengenai warna apa yang Anda sukai dan juga cocok untuk ruangan tersebut. Anda pun bisa konsultasi dengan ahli desain interior dan eksterior agar padu padan warna yang dipilih menjadi classy dan menarik.

Dan, untuk mendapatkan produk cat yang berkualitas sekaligus masukan yang membangun untuk proses menghias rumah Anda, Anda bisa bermitra dengan PT Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka. Anda hanya cukup menyampaikan ruangan yang bagaimana yang Anda harapkan. Dalam waktu yang lebih cepat dari yang Anda bayangkan, rumah yang semula nuansanya kurang nyaman, akan berubah dalam sekejap.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id