Penggunaan Aluminium Rumah Tinggal
Penggunaan Aluminium Rumah Tinggal: 9 Contoh Proyek Sukses Menakjubkan
January 23, 2019

Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan: 10 Desain Inovatif yang Lebih Humanis

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

Seperti apa perumahan terjangkau dan berkelanjutan dalam segala fasilitas yang lebih memahami penghuninya sebagai manusia? Arus urbanisasi adalah keniscayaan yang tidak bisa dipungkiri. Seketat apapun kota memperlakukan para pendatang, kemudahan fasilitas hidup kota besar akan tetap menjadi magnet semua orang. Di Indonesia, ibu kota Jakarta dan sekitarnya menjadi primadona urbanisasi khususnya para pencari kerja.

Lantas, dengan meningkatnya populasi kota, maka meningkat pula biaya hidup. Mereka yang berrpenghasilan rendah akan lebih sedikit memiliki pilihan untuk akses terhadap fasilitas hidup paling primer, tempat tinggal yang layak dan terjangkau.

Secara historis, di Amerika Serikat, kompleks perumahan yang terjangkau mulai dibangun pada pertengahan abad ke-20. Pembangunan kompleks perumahan pada saat itu merupakan proyek-proyek besar yang dianggap sebagai solusi progresif dan modernis untuk menyediakan tempat tinggal yang memadai dan ekonomis bagi kelompok besar orang.

Sayangnya, beberapa arsitek yang berittikad baik mendesain perumahan perumahan yang terjangkau, tetapi pada hasilnya terlihat sangat memaksakan. Misalnya pada struktur beton tinggi tanpa referensi skala manusia yang tepat sering menyebabkan kompleks perumahan hanya menjadi sebuah komunitas berisi orang-orang depresi yang terisolir oleh penampilan mereka dari dunia luar.

10 Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

Saat ini, proyek pengembangan perumahan yang terjangkau berupaya melakukan lebih dari sekadar menciptakan ruang yang layak untuk hidup. Dan kini kita bisa menyaksikan model-model baru perumahan terjangkau menggabungkan fitur-fitur berkelanjutan guna mengurangi biaya pemeliharaan konstruksi, teknologi yang membantu memberdayakan penduduk dan menghubungkan mereka dengan sumber daya luar, dan dengan skala manusiawi yang lebih besar. Selain itu, banyak perumahan baru yang terjangkau, kini dibangun dengan koneksi ke fitur-fitur yang bermanfaat di jalan. Kita tentu berharap di masa depan, semua fasilitas itu semakin baik di masa depan. Beberapa proyek pengembangan perumahan terjangkau dan berkelanjutan ini tidak ada di Indonesia.

1. Black & White Twins

Perumahan The Black & White Twin ini nampaknya menjadi upaya yang terkenal untuk menggabungkan estetika kontemporer dengan solusi yang terjangkau. Secara konseptual, perumahan ini dibagi menjadi dua bagian, bangunan dengan warna luar yang hitam dan lubang jendela dan lubang yang membungkus bagian dalam bangunan, sementara ruang udara terbuka dicat putih.

Desain yang menyegarkan oleh arsitek Casanova + Hernandez ini menyediakan 29 unit terjangkau yang diatur dalam struktur kompak yang mempertahankan skala manusia dari proyek kepadatan rendah.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

2. Hannibal Road Gardens

Berbeda dengan perumahan pada umumnya, Hannibal Road Gardens menggunakan shingle-clad sebagai kelanjutan dari pagar taman kayu dari blok perumahan yang ada. Serangkaian teras taman dibuat berhadapan dan berlekuk menghadap ke tenggara, lajur perumahan menyediakan delapan unit yang 100% terjangkau, dengan empat unit yang disewakan untuk keperluan sosial. Unit-unit dirancang dengan mempertimbangkan kualitas hidup penghuni: setiap rumah memiliki minimal dua halaman besar atau teras atap, sementara tata letak berlekuk menciptakan berbagai ruang kemudahan dan pemandangan.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

3. Via Verde

Terletak di sebuah lahan reklamasi di Bronx Selatan, Grimshaw’s membangun 222 unit kompleks perumahan yang terjangkau. Perumahan ini juga berhasil mencapai sertifikasi LEED Gold. Tidak hanya itu, Grimshaw juga telah melewati aturan yang ditetapkan oleh NYSERDA Multifamily Performance Program dan Enterprise Green Communities dalam tanggung jawab lingkungan.

Dengan tujuan untuk memperjuangkan strategi hidup yang berkelanjutan dan terjangkau, pada tampilan di lobi utama dipampang statistik energi, seperti output panel surya secara real time. Sementara pada halaman di permukaan tanah seluas 6.000 kaki persegi yang dibuat spiral naik nampak menciptakan jalan ruang sosial. Adapun atap hijau seluas 34.000 kaki persegi menawarkan bentuk kebun hidup guna mengurangi limpasan air hujan, dan meningkatkan insulasi bangunan.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

4. Parkview Terrace

Fougeron Architecture, suatu saat merancang sebuah bangunan perumahan yang terjangkau di sebuah kota dengan harga sewa setinggi langit.Namun setelah mengetahui bahwa bangunan itu pada akhirnya akan digunakan sebagai tempat tinggal lansia dengan penghasilan rendah, Fougeron menolak model-model lama yang akan membayakan para lansia. Selain itu Fougeron juga menolak memberikan gambaran palsu seputar quaintness dan fasilitas steril yang tidak bernyawa.

Kemudian Fougeron malah membuat bangunan beton dan 101 unit kaca yang bertujuan untuk melibatkan penghuni dengan konteks kota yang lebih besar, dan mencakup ruang komunitas, klub kesehatan, salon kecantikan, pusat terapi, dan pusat layanan sosial. Jendela horizontal yang dibuat sedikit bergelombang nampaknya berhasil meningkatkan ruang lantai tanpa biaya tambahan.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

5. BONDY

Bagian dari rencana pembaruan perkotaan Saints pinggiran kota Paris, Bondy menggantikan kompleks perumahan bertingkat yang sudah ketinggalan zaman yang menjadi penyebab terisolasi di lingkungan itu.

Desain dari Guerin & Pedroza adalah hasil dari kebutuhan untuk mengurangi kepadatan area, dan mengintegrasikan kembali perumahan sosial ke dalam struktur perkotaan.

Bangunan berbalut kayu ini memiliki nuansa alami, dan dianggap sebagai tempat tinggal yang dibagi menjadi tiga bentuk untuk melibatkan warga dengan tetangga.

Setiap unit memiliki teras, balkon, atau taman sendiri, sementara fitur bangunan, seperti susunan surya dan sistem pengumpulan air hujan, menekankan kesinambungan dan menjaga biaya tetap rendah.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

6. 60 Richmond Street East

Proyek ini bukan sekedar mengisi ruang di srea perkotaan dengan material reklamasi dan strategi hemat energi. tapi juga agar menghasilkan perumahan dengan biaya perawatan yang rendah. Selain itu perumahan ini menyediakan restoran yagn bisa dimilik dan dijalankan oleh warga serta tersedia dapur pelatihan di lantai dasar.

Sayuran, buah, dan tanaman obat tumbuh di teras lantai enam sehingga membantu penduduk mengasah keterampilan profesional mereka
dan menyediakan supplai makanan untuk restoran. Sementara itu, bentuk fasad bangunan yang dinamis menghadirkan konstras yang cantik terhadap estetika khas kondominium.

 

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

7. 13 Rue Legendre

Ketika kota Paris membeli lahan bekas sebuah sekolah musik untuk kemudian dibangun 10 unit rumah yang terjangkau, Avenier Cornejo Architectes merancang façade berlubang dari baja gelap yang memberi 13 Rue Legendre ini penampilan yang berbeda dari bangunan sekitarnya.

Panel logam in iberfungsi sebagai jendela penutup penuh yang memungkinkan pengelolaan fleksibel matahari dan cahaya sehingga membantu mengurangi pembuatan pembangkit termal dan tetap bisa memenuhi aturan yang mensyaratkan penggunaan terhadap energi murah.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

8. 26th Street Affordable Housing

Apartemen 26th Street Affordable Housing ini dibangun dengan orientasi horizontal dan kaca yang luas. Arsiteknya, Kanner Architects, rupanya terinspirasi dari tradisi modernisme terkenal California Selatan.

Gedung apartemen 44 unit ini menggabungkan dual-glazed dan jendela berlapis di kedua sisi yang menghadap ke jalan guna terhindar dari kebisingan lalu lintas.

Adapun ruang tempat tinggal diatur secara linear untuk memfasilitasi ventilasi silang. Teknik pendinginan alami yang pasif ini berfungsi menghilangkan kebutuhan untuk pendingin udara atap intensif energi.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

9. Ginkgo Project

Proyek Ginkgo membuat sebuah desain dengan mengintegrasikan kompleks yang berdekatan dengan taman. Tujuan desain itu adalah mengeksplorasi kemungkinan terciptanya perumahan yang terjangkau untuk kelompok masyarakat dengan enghasilan yang berbeda-beda.

Dengan perspektif desain ini, kompleks perumahan terjangkau yang kemudian dinamakan Ginkgo ini pada akhirnya dirancang untuk keluarga berpenghasilan rendah dan untuk mereka yang berusian di atas 65 tahun.

Dengan bentuk fasad yang berkilau, kompleks Ginkgo menawarkan tampilan muka gedung dengan cetakan daun pohon Ginkgo Biloba
yang bereaksi terhadap perubahan cahaya langit sehingga menciptakan efek, refleksi, bayangan, dan siluet yang sangat spesial yang berbeda-beda pada setiap waktu dan musim.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

10. Fillmore Park

Dengan tujuan menciptakan suasana bermasyarakat yang kuat,32 unit terjangkau dari Fillmore Park yang diperuntukkan bagi penduduk berpenghasilan antara 70 dan 100% dari UMR tersebut—berkumpul di sekitar halaman tengah yang terbuka.

Dengan teras pribadi dan lansekap yang luas, Fillmore Park terasa lebih seperti desa yang damai daripada kompleks perumahan yang terletak di dalam Distrik Fillmore, San Francisco yang sangat padat.

Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan Desain Inovatif Perumahan Terjangkau dan Berkelanjutan

Sumber:

  1. https://architizer.com/blog/inspiration/collections/affordable-housing/
  2. Highlight 5 Proyek A&D Building: Dari perumahan Texas Tower hingga hotel Shanghai
purnosidi
purnosidi
Website PT Nikifour ini dikelola oleh Purnomo Sidi, seorang blogger sekaligus engineer. Kontak: purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0816-627-452 dan 0817-627-452. Alamat & Kontak PT Nikifour: Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati - Karawang Barat - Karawang Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail: nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id