Persiapan Pengecatan dengan Cat Epoxy

Posted by purnosidi
on 04/09/2015

Perhatikan hal-hal berikut ini dalam proses persiapan pengecatan dengan cat Epoxy.  Cat epoxy atau pelapis lantai yang dapat disediakan oleh salah satu perusahaan kontraktor terbaik Karawang seperti Nikifour, merupakan salah satu alternatif yang dapat dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mengubah penampilan lantai bangunan lama yang terkesan kusam dan kumuh menjadi lantai baru yang lebih bersih. Terkait hal tersebut para konsumen yang meminta bantuan jasa juga harus paham tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum proses pelapisan dengan cat epoxy dilakukan agar hasil lantai yang diperoleh menjadi lebih indah, kuat, dan tahan lama. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum proses pengecatan dilakukan.

Persiapan Pengecatan dengan Cat Epoxy

Tujuan pelapisan

Ketika Anda menghubungi sebuah tempat yang menyediakan jasa cat epoxy di daerah Jababeka Bekasi maupun kawasan KICC suryacipta, Anda sebagai pemilik bangunan harus saddar betul pola bangunan yang Anda miliki sehingga nantinya pengecatan yang dilakukan akan tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan. Ada beberapa kegunaan yang biasanya diinginkan oleh konsumen seperti meningkatkan ketahanan bangunan dari reaksi pergesekan dan aus yang terjadi antara barang perabotan dengan lantai, meningkatkan ketahanan lantai dari reaksi korosi akibat tumpahan bahan kimia atau perubahan temperatur lingkungan yang tidak stabil, menjadikan lantai bersifat antislip, antipeluru, maupun anti ledakan sehingga prosedur keselamatan bagi semua pengguna gedung terpenuhi.

Percampuran bahan baku

Terkait dengan tujuan yang hendak dicapai oleh seorang konsumen ketika menggunakan jasa floor coating, maka tahap persiapan sebelum pengecatan dengan menggunakan cat epoxy juga wajib mempertimbangkan percampuran bahan baku yang diberikan. Percampuran bahan baku utama dengan bahan aditif umumnya akan mempengaruhi tingkat kekuatan dan elastisitas cat epoxy setelah diterapkan. Percampuran bahan baku cat epoxy dengan perbandingan konsentrasi yang benar juga akan mempengaruhi apakah nantinya cat epoxy yang diaplikasikan pada lantai tahan lama atau tidak.

Tahapan survey

Sebelum sebuah perusahaan kontraktor terbaik Karawang yang dimintai bantuan oleh Anda untuk mengerjakan cat epoxy lantai bangunan gedung merealisasikan rencana pengecatan, maka tahapan persiapan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah tahapan survey. Tahapan tersebut akan membantu tempat penyedia jasa cat epoxy untuk menentukan harga total pelayanan sekaligus lama waktu pengerjaan yang dibutuhkan. Tahapan survey tersebut umumnya meliputi:

1. Gelap terang ruangan

Pemeriksaan akan gelap terang ruangan berfungsi untuk memberi gambaran berapa lama nantinya pengerjaan cat epoxy akan dilangsungkan khususnya untuk bagian interior ruangan. Selain itu penerangan yang ada pada ruangan akan memperjelas kondisi ruangan, sehingga mempercepat proses perbaikan ketika ada permukaan lantai yang harus diperbaiki atau ditambal sebelum pengecatan dilakukan.

2. Ada tidaknya noda

Pemeriksaan ada tidaknya noda pada lantai bangunan lama seperti noda minyak, lumpur, tanah, atau kotoran lain yang melekat di lantai. Dengan demikian proses pembersihan yang dilakukan dengan mengggunakan kape atau pisau dempul logam dapat berlangsung secara cepat. Proses pembersihan noda juga dapat dilakukan dengan mengoleskan degreaser yang merupakan senyawa kimia dengan kandungan disinfektan untuk membersihkan noda minyak, oli, atau cairan yang berasal dari perlengkapan otomotif. pengecatan dengan cat epoxy.

3. Pemeriksaan ada tidaknya lubang

Dalam pengecatan dengan cat epoxy, pemeriksaan lanjutan yang dilakukan sebelum aplikasi cat epoxy diberikan pada lantai bangunan adalah pemeriksaan ada tidaknya lubang pada lantai bekas tekanan benda berat atau gempa, sehingga nantinya setelah penambalan lubang dengan cairan dempul diberikan cat epoxy yang diterapkan diatasnya akan melekat kuat dan tidak mudah pecah akibat tekanan benda berat.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id