Perbedaan Besi dan Baja dalam Material dan Penggunaan pada Proyek Konstruksi

Posted by purnosidi
on 03/02/2018

Tahukah Anda perbedaan besi dan baja? Dua material logam utama konstruksi bangunan ini tidaklah asing di dunia kontraktor, seperti kami yang berpengalaman di area Jabodetabek. Besi dan baja adalah dua material yang sebenarnya paling banyak sekali digunakan dalam proses untuk pembuatan dalam sebuah pembangunan.  Besi sendiri sebenarnya dibuat dengan bahan dari bijih besih yang beasal dari alam, kemudian dilakukan proses olah yang profesional sehingga menjadi besi kasar dan juga ada besi tuang. Lalu untuk material bei juga biasanya sering digunakan sebagai salah satu bahan baku yang paling utama dalam proses pembuatan baja. Jadi anda tidak perlu heran jika besi dan baju memiliki bentuk yang sangat mirip.

Dan berdasarkan kamus besar bahas indonesia. Besi merupakan hasil dari logam yang cukup keras dan kuat dan juga memiliki banyak sekali kegunaannya sebagai salah satu bahan dalam pembuatan senjata, sebagai mesin dan juga masih banyak lainnya. Sedangkan baja adalah logam keras.

Apa Itu Besi dan Baja ?

Mungkin karena berasal dari bahan yang sama beberapa ada yang bingung pada saat membedakan keduanya. Namun perlu diketahui jika besi merupakan unsur yang membentuk dair sebagian besar dair inti luar dan bagiand alam buimi. Berdasarkan kelimpahannya, besi adalah unsur yang keempat paling besar dari kerak bumi. Dimana unsur ini sebenarnya memiliki sidat yang reaktif terhadap oksigen dan juga air. Untuk besi segar sendiri berada di bagian permukaan yang memiliki warna abu yang agak perak. Namun untuk warna ini biasanya akan mengalami perubahan sudah mengalami proses oksidadi dalam udara yang normal sehingga akan menyebabkan timbulnya besik karat.

Untuk penggunaan logam besi sebenarnya sudah banyak dilakukan pada zaman purba. Walaupun demikian untuk pemakaian tembaganya jauh lebih sering. Logam besi yang murni biasanya memiliki tekstur yang jauh lebih lembut namun tidak bisa didapatkan dengan proses peleburan. Sedangkan untuk logam besi yang mentah sendiri biasanya sangat banyak diproduksi dan di tanur tinggi dengan melakukan reduksi biji besi dengan menggunakan batu bara. Sehingga nantinya akan  menghasilkan besin yang kasar. Selanjutnya untuk besi kasar nantinya akan dilakukan proses kembali dengan baik sehingga akan mengurangi kadar karbo yang sudah ada di dalamnya.

Sedangkan baja merupakan unsur logam yang mana dihasilkan dengan adanya kombinasi dari beberapa logam. Beberapa logam diantaranya meliputi besi, karbo, fosform sulfur dan sebagian kecil unsur lainnya. Untuk perbedaan karakakteristik ini baisanya dikarekan oleh adanya tambahan dari bahan tambahan yang cukup berbeda mulai dari nikel, titanim, vanadium dan masih banyak bahan yang lainnya.

Untuk pemakian karbo pada semua proses mebuatan baja sendiri sebenarnya memiliki tujuan agar bisa meningkatkan kekerasan dan kekuatan pada bagian tariknya. Sehingga karon yang memiliki peran sebagai pengerasnya bisa mencegah proses bergesernya prose dislokasi. Pada bagian kisi kristas atom besi. Dan kandungan unsur karbon pada bagian baja bisa seikiar 2,1 %  dan ini biasanya disesuaikan dengan mutunya. Baja karbo sendiri memiliki warna hitam sehingga akan lebih sering disebut dengan baja hitam. Sedangkan material ini biasanya sering digunakan untuk membat alat pada proses pertukangan, misalnya adalah untuk sabit, linggis cangkul dan masih banyak alat lainnya yang menggunakan baja hitam ini.

Proses produksi baja sebenarnya sudah sekian lama. Namun pada zaman dulu harga baja memang dianggap jauh lebih mahal. Namun sejak adanya proses pembuatan baja dengan teknik yang lebih baik, maka produksi baja akhirnya dilakukan besar – besaran. Hal ini menyababkan harga menjadi semakin lebih murah. Dan kini akhinya baja menjadi salah satu material yang memang sangat banyak digunakan untuk kegiatan industri.

4 Perbedaan besi dan baja

Untuk anda yang masih agak bingung dalam membedakan antara baja dan juga besi berikut adalah beberapa perbedaan besi dan baja yang bisa anda lihat dengan seksama diantaranya adalah :

1. Asal pembentukan

Untuk besi adalah salah satu jenis material alami yang mana dalam proses pembuatannya sendiri menggunakan unsur ferrum, sedangkan untuk jenis baja untuk material buatannya sendiri terbuat dari proses kombinasi banyak unsur, mulai dari besi, mangan, karbo, fosfor dan masih banyak kandungan lainnya yang sering dijadikan campuran dalam baja

2.Kandungan material

Besi memiliki kandungan unsur dari karbo yang jauh lebih banyak jika dibandingkand engan baja. Dan untuk persentasi dari kadar karbo yang ada pada besi sendiri ada sekitar 4 %. Sedangkan pada baja untuk kadar karbonya tidak lebih dari 2%. Inilah yang membuat tekstur dari keduanya menjadi berbeda

3.Kadar karbon

Untuk unsur karbno dari besi dan baja sendiri seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya sebenarnya mempengaruhi tingkat kekerasan dan juga kekuatan dari daya tarik sebuah material. Dan dengan kata lain, jika semakin besar kandungan karbon yang ada dalam sebuah material maka untuk tingkat kekerasannya dan kekuatannya juga akan semakin tinggi dengan kata lain, besi memiliki tingkat kekerasan dan daya tarik yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan baja.

4.Tingkat Elastisitas

Secara umumnya, sebenarnya besi memiliki tingat elastis yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan baja, dan ini sangat mempengaruhi karakteristik getas dan juga keuletan yang ada pada bagian dari masing – masing materialnya. Dan jika dlihat berdasarkan keakutannya, baja memang jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan besi. Dan baja juga dianggap 1000 kali jauh lebih kuat jika dibandingkan dengan besi yang murni.

Demikianlah 4 perbedaan besi dan baja. Kini kita semua menjadi tahu apa manfaat, kelebihan dan kekurangan dari besi dan baja sehingga memahami dengan baik penggunaannya masing-masing.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id