Penggunaan Stainless Steel Dalam Industri Pangan

Posted by purnosidi
on 11/01/2018
Stainless steel dalam industri pangan

Kami akan menjelaskan tentang penggunaan stainless steel dalam industri pangan. Apakah Anda merupakan satu dari sekian banyak pelaku industri di sektor pangan di Karawang? Kami adalah kontraktor di Karawang yang akan terbaik menghadirkan pengerjaan proyek maintenance area industri Anda.

Baja tahan karat atau yang juga sering dikenal dengan stainless steel saat ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Bahan ini dapat digunakan untuk berbagai bidang industri, termasuk industri makanan dan minuman. Stainless steel itu sendiri merupakan jenis logam baja yang sudah mengalami rangkaian proses sehingga dapat memiliki sifat tahan karat.

Stainless steel dalam industri pangan mengapa begitu penting peranannya?

Bahan baja tahan karat ini dipertimbangkan sebagai pilihan utama dalam industri tersebut karena beberapa alasan yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki Kontaminasi yang Rendah Terhadap Makanan

Stainless steel memiliki ketahanan yang baik untuk berbagai proses pembuatan makanan dari pencemaran elemen material terhadap makanan atau minuman yang diproduksi. Dengan memilih grade bahan stainless steel yang tepat, maka kontaminasi logam ke produk olahan makanan dapat dikatakan hampir tidak ada baik dari segi warna makanan maupun perubahan rasa.

2. Tahan Korosi dan Mudah Dibersihkan

Pada stainless steel high grade, permukaannya yang halus dan materi yang dimilikinya memberikan dampak positif yaitu mudah dibersihkan dari berbagai kotoran dan kontaminasi luar. Selain itu sifat keras dan ketahanan baja tahan karat juga memudahkan proses pembersihkan komponan. Sifat bahan yang memiliki ketahanan korosi tinggi memungkinkan pengguna untuk menggunakan bahan pembersih atau desinfektan yang tergolong korosif. Berdasarkan penelitian dari lembaga riset, disimpulkan bahwa kemampuan bahan baja tahan untuk dibersihkan lebih rendah dibandingkan keramik atau gelas, tetapi lebih tinggi daripada plastik dan aluminium.

3. Mampu Menahan Pertumbuhan Bakteri

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa stainless steel mampu menahan pertumbuhan bakteri hingga 10 kali lipat dibandingkan komponen seperti sink atau bak yang terbuat dari bahan plastik polikarbonat, enamel baja, dan composite mineral – resin setelah mengalami simulasi standardized wear, perlakukan spray wash, dan kontaminasi. Selain itu, baja tahan karat juga memiliki ketahanan abrasi yang tinggi dan impak sehingga memiliki karakteristik yang cukup higienik pada saat penggunaan. Penggunaan produk desinfektan dan pembersih untuk diaplikasikan ke baja tahan karat berdasarkan dari jenis kontaminan. Sejumlah produk yang mengandung iod, klor, atau asam parasetik memerlukan perhatian khusus. Hal ini karena kandungan tersebut menyebabkan korosi celah bila larutan bekas pembersih ada yang tertinggal di tempat tersembunyi seperti lekukan, celah, atau seals. Kandungan klorine juga dapat menyebabkan korosi retak tegang bila ditemukan pada komponenyang memiliki beban konstan dari luar lewat lingkungan dengan suhu yang tinggi.

4. Memiliki Sifat Mekanik yang Baik

Baja tahan karat memiliki ketahanan dan kekuatan terhadap abrasi yang tinggi. Hal ini memberikan manfaat positif untuk pemakaian aplikasi di industri minuman dan makanan.

Aplikasi Stainless Steel di Industri Pangan

Berikut ini adalah aplikasi stainless steel dalam industri pangan.

1. Industri Susu

Dalam industri susu, pemakaian komponen dari bahan stainless steel sangat dominan untuk semua proses produksi. Susu yang dikirimkan dari peternakan menggunakan jalur pipa sebagai alat pengiriman biasanya menggunakan stainless steel tipe 304. Pipa ini berfungsi untuk menyalurkan susu sampai ke tangki penyimpanan dingin. Bagian dalam tangki penyimpanan biasanya menggunakan tipe 304 tetapi dinding luar atau proses cladding menggunakan stainless steel tipe 430 ferritic grades. Dari peternakan, susu dikumpulkan dengan menggunakan tangki baa tahan karat. Semua komponen ini sudah termasuk dengan jaur pipa, pompa, sistem penfingin, peralatan pembersih, dll.

Apakah Anda bagian dari industri susu dan turunannya di Jababeka atau MM2100 Bekasi? Penggunaan stainless steel adalah wajib pada area produksi perusahaan Anda. Gandeng kami sebagai kontraktor kosntruksi dan maintenance Anda.

Di pabrik yang memproses produksi susu, komponen yang digunakan semuanya terbuat dari stainless steel meliputi tangki – tangki penyimpanan, perpipaan, pasteurizing plate heat exchanger, pompa, sistem pembersih, dll. Stainless steel tipe 304 biasanya digunakan di dalam komponene – komponen ini. Tetapi heat exchanger plate kadang ada yang menggunakan tipe 316 untuk mencegah terjadinya korosi retak tegang ketika komponen dibersihkan menggunakan larutan desinfektan.

Stainless steel tipe 304 juga digunakan dalam komponen pembuatan margarin. Tetapi stainless steel tipe316 juga digunakan sebagai komponen untuk proses penggaraman keju karena tahan terhadap korosi dari lingkungan kloride atau garam.

2. Industri Minuman

Industri minuman adalah bisnis Anda di Suryacipta Karawnag? Kami telah berpengalaman mengerjakan konstruksi stainless pada pabrik minuman. Bahan baja tahan karat juga digunakan dalam industri minuman mulai dari air mineral, jus buah, hingga minuman berkarbonasi atau soda. Stainless steel menjadi pilihan utama untuk komponen – komponen di industri minuman. Biasanya peralatan tersebut digunakan pada proses treatment dan collection air mineral dan minuman bersoda. Tipe yang digunakan umumnya adalah tipe 304 dan 316, tergantung dari suhu dan tipe air di industri minuman bersoda. Sementara itu untuk industri minuman jus buah biasanya menggunakan tipe 316 untuk mencegah terjadinya kontaminasi besi dan tembaga yang dapat menurunkan nilai vitamin dan mengubah rasa.

3. Industri Pengolahan Buah-buahan dan Sayuran

Anda bermain di industri buah-buahan dan sayuran di KIIC? Percayakan pada kami pengerjaan kosntruksi stainless di pabrik pengolahan buah dan sayur Anda. Stainless steel dalam industri pangan berupa buah dan sayuran sangatlah utama. Industri ini biasanya menggunakan komponen stainless steel tipe 304 untuk semua proses produksi. Tetapi, pada proses yang memerlukan panas tinggi menggunakan stainless steel tipe 316 misalnya untuk pengolahan tomat, bagian evaporator menggunakan material tipe 316.

4. Industri Pengolahan Daging

Anda berkecimpung di industri daging di Karawang? Percayakan pengerjaan kosntruksi stainless pada pabrik pengolahan daging Anda pada kami. Stainless steel dalam industri pangan seperti olahan daging sangat diperlukan karena tahan karatnya. Baja tahan karat digunakan untuk semua komponen produksi seperti proses pemotongan, persiapan, hingga penanganan daging. Hal ini karena material tersebut higienis dan mudah dibersihkan. Biasanya semua aplikasi menggunakan tipe 304 misalnya mesin pemotong, ban berjalan atau conveyors, dan lainnya. Bahan tipe 316 digunakan untuk tempat penampungan dan pengolahan darah. Untuk proses penggaraman daging menggunakan tipe 316.

Picture from:

  1. http://www.atiuk.com
  2. http://www.hotelulisse.com

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id