Pengaplikasian Lantai Epoxy Secara Efektif pada Ruangan

Posted by purnosidi
on 15/09/2016
Pengaplikasian Lantai Epoxy Secara Efektif

Bagaimana cara dan teknik pengaplikasian lantai epoxy secara efektif pada ruangan?
Saat ini berkembang tren mengenai aplikasi epoxy floor di bidang desain interior. Aplikasi Epoxy Floor ini merupakan sejenis cat khusus yang diaplikasikan pada lantai beton, terdiri atas dua komponen bahan antara lain resin serta hardener.

Setelah kering, cat khusus epoxy ini menampilkan bentuk lapisan tipis film yang kedap air, keras tapi tipis, dalam kondisi tertentu bisa memberikan efek glossy, serta tahan bahan kimia dan mempunyai banyak pilihan warna.

Jika Anda mencari perusahaan kontraktor untuk pengerjaan epoxy lantai di rumah atau area / lokasi bisnis Anda, Nikifour adalah solusi yang tepat. Hubungi kami untuk penawaran terbaik. Kami telah memiliki pengalaman lama di bidang epoxy lantai.

Lantai epoxy ini biasanya banyak dipergunakan serta dimanfaatkan untuk melapisi lantai di ruangan tertutup, menampilkan keindahan serta kebersihan antara lain contohnya di lantai rumah sakit, lorong-lorong, laboratorium, ruang pameran, studio TV, lantai pabrik serta gudang makanan, ruang produksi barang di pabrik, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk lebih memperjelas penggunaan lantai epoxy secara global dan efektif, berikut ini akan kami bagikan beberapa informasi mengenai lantai epoksi dan pemasangannya untuk Anda:

1. Pastikan lantai dasar terbuat dari beton dengan kekuatan minimal sekitar 225 kg/cm2. Tulangan didesain sesuai dengan keinginan perencana struktur.

2. Lantai beton setidaknya bisa menerima beban tanpa ada penurunan sama sekali.

3. Lantai setidaknya berumur minimal 28 hari dengan tingkat kelembaban tidak > 80% RH ketika aplikasi dimulai.

4. Bagi lantai yang khusus langsung berada di atas tanah, sebaiknya dilapisi dengan lapisan water vapor barrier atau penghalang uap air, dengan bentuk lembaran tipis dengan bahan bitumen, dilapisi oleh bahan plastik sejenis polyethylene.

5. Ketika proses pengecoran, lantai wajib untuk diratakan menggunakan peralatan memadai contohnya jidar, serta ketinggiannya diawasi juga dicermati.

6. Bagi lantai yang akan diepoksi, harus bertekstur halus, tidak kasar dan tidak bergelombang.

7. Anda bisa menggunakan metode pengupasan permukaan seperti contohnya waterjetting, diamondize scrubber, grit blasting dan masih banyak lagi lainnya. Alat ini utamanya digunakan bagi permukaan yang sudah terkontaminasi dengan kotoran kering maupun tumpahan semen.

8. Jangan lupa untuk menggunakan air maupun sabun guna mencuci bersih beberapa kotoran cair seperti oli, minyak maupun pasta.

9. Lantai setidaknya wajib dikeringkan minimal 2 x 24 jam sebelum dilakukan pemasangan cat epoksi. Jangan lupa untuk memanfaatkan kipas angin dengan skala besar (blower) guna menolong proses pengeringan lantai lembab atau basah.

10. Beton dipastikan bersih dari segala macam debu, bisa memanfaatkan alat penyedot debu atau vacuum cleaner.

11. Lantai beton yang sudah memenuhi syarat tersebut di atas, dilapisi dengan Epoxy primer dahulu kemudian diaplikasikan dengan menggunakan roller maupun penyemprotan memanfaatkan tekanan udara.

12. Setelah beberapa langkah di atas dilakukan, Anda harus menunggu lapisan primer kering terlebih dahulu setidaknya selama 12 jam.

13. Tahap selanjutnya dari pengaplikasian lantai epoxy secara efektif pada ruangan ini adalah dengan menggunakan base Epoxy Coat, Body Coat serta Top Coate dimana setiap tahapannya disending kemudian dicleaning.

14. Pergunakanlah roller yang kualitasnya baik, supaya bulunya tidak rontok saat dipakai.

15. Pelapisan tahapannya dilakukan sebanyak dua kali, arahnya bersilangan

16. Anda wajib untuk memerhatikan kebersihan lantai dari berbagai macam debu serta serangga terbang antara lain laron, lalat, nyamuk, dan masih banyak lagi lainnya. Apabila Anda mendapati hewan jatuh maupun kotoran lainnya harus segera dihilangkan, kemudian dilapisi kembali.

17. Selama pengerjaan lantai epoxy, buka semua pintu serta jendela karena keadaan ruangan yang tertutup bisa membahayakan keselamatan para pekerja.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda sekalian tentang pengaplikasian lantai epoxy secara efektif pada ruangan, semoga bermanfaat dan menyajikan wawasan luas tentang cat epoxy.

Melengkapi tulisan tentang pengaplikasian lantai epoxy secara efektif pada ruangan ang panjang lebar ini, berikut kami tampilkan contoh hasil pengerjaan epoxy lantai yang bersumber dari: https://www.houzz.com/projects/185576/kbs-coatings-merrit

Epoxy Lantai Dapur

Pengaplikasian Lantai Epoxy Secara Efektif

Epoxy Lantai Kamar Mandi

Pengaplikasian Lantai Epoxy Secara Efektif

Epoxy Lantai Kamar Tidur

Pengaplikasian Lantai Epoxy Secara Efektif

Epoxy Lantai Ruang Tamu

Pengaplikasian Lantai Epoxy Secara Efektif

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id