Panduan Renovasi Rumah Anda dengan Biaya Ekonomis

Panduan Renovasi Rumah Anda dengan Biaya Ekonomis

Adakah panduan renovasi rumah dengan biaya ekonomis? Inilah kami bagikan rahasia step-by-stepnya. Memasuki musim hujan tentunya akan ada sedikit perubahan dalam struktur rumah terutama pada bagian atap. Dari cuaca panas selama 6 bulan tentunya membuat atap menjadi kaget dan ringkih. Kondisi ini seringkali terjadi untuk rumah dengan usia lebih dari 15 tahun. Atap rumah Anda perlu dilakukan renovasi kecil namun jika dalam proses renovasi terkadang merembet ke bagian dalam rumah lainnya. 

Untuk renovasi rumah Anda butuh beberapa langkah yang bisa dilakukan agar semua nyaman dan hasil maksimal karena membutuhkan dana yang cukup lumayan. Minimal dana untuk renovasi semua atap saja kisaran Rp. 10 juta – Rp. 20 juta plus tukang. 

Ini dia panduan renovasi yang bisa Anda terapkan agar dana hemat!

1. Cek Dana Renovasi 

Dalam cek dana renovasi rumah sebelumnya Anda harus melakukan desain rumah terlebih dahulu, bisa melalui jasa kontraktor atau tukang mandiri. Desain rumah ini nantinya akan mempengaruhi dalam besarnya anggaran yang akan Anda keluarkan. Ada perbandingan jika Anda menggunakan jasa kontraktor dengan tukang mandiri yaitu:

Jasa Kontraktor

  • Anda tidak akan kerepotan dalam melakukan perencanaan dana karena semua sudah dihitung oleh jasa kontraktor. Anda tinggal terima beres dan jadi saja.
  • Jasa kontraktor tentunya memiliki garansi untuk setiap proyek yang dikerjakan sehingga komplain setelah hari renovasi selesai tetap ditangani tanpa dana tambahan
  • Dana renovasi dari jasa kontraktor sedikit lebih tinggi karena menggunakan serangkaian rencana matang

Tukang Mandiri

  • Dana untuk tukang lebih terjangkau dan saat mendapatkan tukang terbaik hasilnya sesuai keinginan
  • Anda yang harus melakukan konsep dana dan desain secara mandiri sehingga butuh pemikiran ekstra
  • Waktu untuk pengerjaan bisa molor dan menambah dana membayar tukang
  • Anda harus repot mencari tukang sesuai dengan keahliannya, karena tidak semua takkan mampu memegang bagian kayu atau beton. 

2. Teliti Dana untuk Renovasi

Kebutuhan dana untuk renovasi memang tidak mudah karena setiap detailnya akan dihitung guna tidak ada biaya dadakan. Jika Anda menggunakan jasa kontraktor maka semua RAB akan sempurna dan Anda tinggal menyiapkan besarnya jumlah dana. RAB atau rencana anggaran biaya renovasi rumah ini nantinya bisa di fleksibelkan dengan bagian mana yang akan Anda perbaiki. Dalam RAB tentunya berisi harga dan jumlah bahan, jasa tukang kontraktor, serta dana tak disangka. 

Di sisi lainnya, jika Anda menghendaki renovasi sendiri tentunya harus lebih repot dan anggaran tak terduga semakin besar. Misalnya saja, cuaca memburuk dan terjadi hujan angin 1 jam sebelum jam pulang sore, tukang akan menunda pekerjaan namun waktunya dihitung sehari. Anda akan rugi 1 jam yang seharusnya bisa melakukan berbagai kegiatan. 

3. Cari Sumber Dana 

Mencari sumber dana adalah bagian yang wajib ada, mungkin jika Anda sudah tahu tentang RAB renovasi dan ada tambahan dana maka bisa dikondisikan. Sebagai contoh, Anda sudah menyediakan dana sebesar Rp. 50 juta untuk renovasi dapur dan isinya, setelah dianggarkan oleh jasa kontraktor ternyata membutuhkan dana Rp. 65 juta. Anda harus mencari tambahan Rp 15 juta ya, meskipun dana tersebut bisa saja ditekan. 

Anda bisa konsultasikan kembali kepada jasa kontraktor jika dana yang tersedia hanya Rp. 50 juta saja dari awal sampai akhir renovasi. Pihak kami senantiasa membantu dan tetap profesional dalam melayani konsumen. Mungkin untuk beberapa bagian akan dikurangi dengan konsekuensi nilai fungsi atau artistiknya akan berkurang. 

4. Cari Bahan Bekas Berkualitas

Sebaiknya Anda tahu tentang belanja bahan bangunan bekas yang berkualitas. Di toko atau distributor bahan bangunan mereka menyebutnya bahan BS artinya bahan yang masih bagus kualitasnya namun karena kemasan dan usia bahan terlalu lama maka disebutkan bahan BS yang harganya lebih murah. Sebagai contoh keramik dengan motif kotak biru adalah motif kuno yang mulai ditinggalkan namun di toko masih ada stok kendati kemasannya sudah usang. Harga keramik demikian akan jauh lebih murah daripada keramik dengan model up to date dan kemasan baru. Anda bisa gunakan keramik seperti kotak biru untuk menghemat anggaran, bisa konsultasikan dengan jasa kontraktor terbaik di kota Anda. 

Namun, untuk bahan lainnya seperti atap seng atau baja ringan memang tidak ada yang bekas baik karena kebutuhannya selalu tinggi dan mengikuti harga dolar. 

5. Model Sederhana

Renovasi rumah dengan model sederhana atau minimalis akan lebih disukai karena menghemat anggaran ya. Semakin banyak model yang Anda ajukan akan semakin besar pula dana yang dikeluarkan. Desain dengan anggaran sekian memang terkadang sedikit mengecewakan namun kami berusaha memberikan model modern dengan dana pas sesuai budget konsumen. Kami sudah berpengalaman dalam menuruti keinginan konsumen dengan segala bentuk model rumah. Kebanyakan dari mereka menginginkan bentuk yang fungsional daripada artistik. 

6. Pakai Jasa Kontraktor

Mengapa disarankan memakai jasa kontraktor?

Apakah ada kelebihan dari jasa kontraktor?

Mendengar keluhan dari beberapa orang tentang memakai tukang mandiri seperti dikit-dikit rusak padahal kemarin sudah diperbaiki oleh tukang. Kami menyarankan untuk Anda memakai jasa profesional dan atau kontraktor hAndal. Dari jasa kontraktor semua sudah dihitung dan dikelola dengan tenaga ahli. Pilihan bangunan juga bisa Anda sesuaikan dengan dana. Kelemahan dari tukang mandiri biasanya akan menambah makanan harian dan rokok sedangkan dari kami hanya full bekerja dan tidak perlu adanya tambahan lain. 

7. Renovasi Per Bagian Dahulu

Cara agar Anda menempati rumah dengan nyaman dan tidak mengeluarkan dana besar sekali maka renovasi per bagian saja. Sebagai contoh, bagian ruangan yang paling vital seperti kamar tidur, dapur atau ruang tamu terlebih dahulu. Jangan lakukan sekaligus maka Anda tidak akan nyaman karena suasana menjadi kotor dan ribet dengan tukang. Perhatikan hal detail kecil semacam ini karena mood seseorang akan mudah berubah ketika suasana rumah tidak baik. Ketika ada dana sisa maka rencanakan kembali di masa mendatang entah 2 bulan kemudian atau 4 bulan untuk menyiapkan renovasi yang baru. 

8. Tetapkan Desain Masa Depan

Gaya bangunan di masa depan tentunya akan berbeda lagi dari gaya bangunan masa sekarang. Anda bisa mencoba mencari referensi baru yang sekiranya menekan biaya dan modelnya trendi, tapi jangan sampai melupakan nilai fungsionalnya ya. 

Panduan renovasi di atas adalah umum dan bisa Anda pakai untuk rencana matang pada hunian Anda. Jika Anda ingin merencanakan renovasi sebaiknya menabung dalam jangka waktu yang lama. Meminjam bank adalah solusi baik namun jika cicilan plus bunganya cukup besar sebaiknya jangan ya. Bunga cicilan bisa Anda belanjakan untuk bahan material lainnya. Namun, jika Anda sudah yakin dengan sumber pinjaman dari bank maka tak mengapa. 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Info lengkap dan penawaran..
Hi, Terima kasih telah berkunjung. Untuk info selengkapnya, penawaran, dsb WA kami saja..