Model Teralis Modern Untuk Jendela Dari Besi Tempa

Posted by purnosidi
on 16/12/2016
Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Penasaran dengan model – model teralis modern untuk jendela dari besi tempa? Kami akan berbagi pengetahuan dengan Anda.

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa teralis jendela digunakan sebagai salah satu standar keamanan untuk sebuah hunian, baik itu apartemen tingkat pertama dan rumah. Salah satu keuntungan ketika menggunakan teralis untuk jendela ini, adalah bagian jendela tidak lagi rawan pencurian, karena bentuk teralis yang kokoh, dan sulit untuk dibuka. Itu sebabnya, teralis untuk jendela dari besi tempa ini mudah Anda temukan di pasaran.

Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Sebenarnya jika Anda perhatikan lebih dalam, sistem teralis yang ada di pasaran saat ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu teralis terbuka dan teralis stasioner (tuli). Teralis-teralis ini tentunya memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Untuk teralis terbuka, pastinya sangat aman dan paling banyak digunakan, karena hampir mustahil untuk dibuka. Tapi dari segi kelemahan, teralis seperti ini, sangat merugikan penghuni jika terjadi hal-hal darurat dari dalam, seperti kebakaran, dll, karena teralis tidak dapat dibuka.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Lain halnya dengan teralis stasioner, atau teralis berengsel, teralis seperti ini juga baik untuk digunakan. Dari segi keuntungan, teralis ini dapat dibuka dari dalam, sehingga jika terjadi hal-hal darurat, Anda dapat membukanya dari dalam. Namun kelemahannya, karena menggunakan sistem engsel, maka teralis seperti ini mudah untuk dibobol.

Aneka jenis teralis jendela dari besi tempa serta kinerjanya

Seperti diketahui bersama, fungsi dasar dari teralis untuk jendela adalah untuk menjaga rumah dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian, dll. Namun kini para desainer mulai melirik bahwa teralis tidak hanya digunakan untuk menjaga rumah saja, tetapi juga dapat membuat rumah menjadi lebih dekoratif.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Berikut ini ada 4 jenis teralis jendela yang terbuat dari besi tempa, berdasarkan, cara kerjanya :

1. Teralis statsioner (tuli)

Jenis teralis ini akan dipasang erat di dinding, dan tidak ada katup pembuka.Keunggulan, jenis teralis ini memang sangat aman. Kelemahannya, sulitnya melakukan proses evakuasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Teralis jendela besi tempa geser

Cara kerjanya seperti prinsip pantograp, menggunakan kotak berengel lalu bergerak. Keuntungan, jenis teralis ini paling pas untuk jendela rumah atau kantor Anda. Jenis ini juga memiliki akses bukaan yang dapat Anda gunakan untuk jendela tingkat tertentu, dan akses bukaan ini tersembunyi.

3. Teralis jendela removable

Teralis model ini dipasang antar jendela, yang disekrup pada dinding.

Kelemahan untuk jenis teralis ini, adalah sangat menyulitkan proses evakuasi jika terjadi kebocoran gas, isolasi poliner, atau bahkan jika terjadi kebakaran, karena teralis harus dibuka menggunakan sekrup.

4. Teralis jendela ayun

Jenis teralis ini menggunakan teknik berayun. Prosesnya sama seperti ketika Anda membuka sebuah pintu, yang diayun kedepan. Biasanya sistem buka tersebut menggunakan 1 atau 2 pintu jendela.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Dari segi keuntungan, jenis teralis ini paling cocok, jika terjadi proses evakulasi, seperti kebakaran, dll.

Dari segi kelemahan, jika Anda menggunakan sistem kunci pada pengait teralis, juga akan menyulitkan proses evakulasi. Karena Anda harus mencari kunci, lalu membukanya. Hal ini dirasa sulit, jika Anda dalam kondisi panik. Kelemahan lainnya adalah kunci seperti ini juga sangat mudah dibuka, dari luar ruangan. Itu artinya jendela menjadi kurang aman.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Untuk mengatasi hal-hal seperti ini, sebaiknya sebuah jendela, memiliki criteria sebagai berikut :

  • Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dari luar ruangan, sebaiknya Anda menambahkan sebuah tuas dari dalam, untuk mengganjal teralis tersebut. Dengan demikian Anda tidak perlu menggunakan kunci, dan pastikan tuas tersebut cukup dekoratis, sehinngga tidak membuat suasana di dalam rumah terlihat kurang indah.
  • Pastikan etalis bebas dari masalah, atau mudah dibuka.
  • Hindari penggunaan kunci, sebaiknya gunakan tuas, dan sembunyikan tuas tersebut, agar tidak mudah terlihat.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Selain itu teralis jendela biasanya dibuat dengan 2 cara, yaitu ditempa atau dilas. Menggunakan teknik las, tentu saja lebih ekonomis dan khas , tetapi desainnya terlalu monoton. Berbeda ketika Anda menggunakan teralis dari besi tempa. Jika dilihat dari segi harga mungkin sedikit mahal, tapi jika dilihat dari segi desain.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Besi tempat ini dapat didesain sesuai dengan keinginan pemesannya. Ini yang membuat dekorasi rumah menjadi lebih indah.

Berdasarkan teknik eksekusi

Bila Anda lihat, sebuah teralis jendela biasanya berbentuk lurus ke atas atau vertikal. Hal ini diambil dari teknik struktur, karena dengan ini, teralis akan cukup kuat untuk melindungi jendela.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Namun dengan menggunakan besi tempa, bentuk vertikal ini akan menjadi dasar, untuk mempercantik penampilan teralis ini kemudian.

Gabungan vertikal dan horizontal

Gabungan antara teralis horizontal dan vertikal, tentunya akan menjadi sebuah elemen yang cukup dekoratif.

Tanpa garis vertikal dan horizontal

Ada juga teknik, dimana tidak ada garis yang jelas antara horizontal dan vertikal, yang ada hanyalah aneka elemen hiasan besi tempat, yang membuat teralis terlihat lebih artistik.

Logam art

Desain yang digunakan biasanya membentuk ornament tanaman, bunga, daun, dll. Dengan demikian desain yang akan dihasilkan, jadi terlihat lebih artisktik, antik, dan menarik.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Bentuk teralis besi tempa ini sendiri berbeda-beda, ada yang tebal, disebut dengan « pot belied » (biasanya digunakan pada bagian bahwa jendela), jenis ini pun biasanya sangat beragam, dan biasanya menjadi tempat untuk membuat bunga. Sedangkan untuk bingkai teralis biasnya menggunakan besi ukuran 14 x 14, 16 x 16, dengan pola garis 10 x 10 dan 12 x 12.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Teknik menggunakan teralis jendela dengan model ayun, adalah dengan dilepas, dilipat lalu digeser. Saat ini banyak sekali bengkel las yang mampu melayani pembuatan sekaligus pemasangan model seperti ini. Akan tetapi dengan banyaknya ragam model teralis, terkadang membuat orang kesulitan untuk memutuskan, dan bahkan ada juga bengkel yang tidak dapat membuat desain teralis seperti itu.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Jika Anda mempunyai kemampuan untuk membuat sendiri teralis model ini, tentu akan lebih baik. Selain biaya lebih murah dan Anda juga dapat mengkreasikan desain teralis tersebut. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Perbedaan teralis jendela yang dilas dan ditempa

Ada beberapa perbedaan untuk jendela teralis dengan cara dilas dan ditempa, yaitu :

Proses ditempa

Dengan menggunakan proses tempa, maka ada banyak desain teralis yang dapat dibuat. Anda dapat menentukan sendiri desain teralis besi tempat seperti apa yang pas untuk jendela rumah Anda.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Namun karena proses pembuatannya yang cukup rumit, maka proses pembuatannya hanya dapat dilakukan oleh mereka yang ahli dalam bidang tersebut.

Proses di las

Jika dilihat dari segi desain, desain teralis menggunakan sistem las ini tidak banyak pilihan, hanya kotak atau vertikal. Namun dari segi pembuatan memang tidak terlalu sulit. Hanya menyatukan beberapa potong besi, dengan cara dilas. Selain itu menggunakan teknik las, seperti ini kurang kuat, dibanding besi tempa.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Itu sebabnya kini banyaks ekali orang yang lebih memilih menggunakan teralis dari besi tempa dan bukan las. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Kelebihan dan kekuarangan teralis jendela yang dilas dan ditempa

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan teralis jendela las dan tempa, yaitu :

Dilas

Jika dilihat dari segi keuntungan, teralis jendela dengan cara dilas memang dapat diproduksi secara masal, dan harganya cukup terjangkau.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Namun jika dilihat dari segi kerugian, teralis jendela dengan cara di las ini dianggap kurang bergengsi, desain monoton, dan terbukti kurang kokoh.

Ditempa

Dilihat dari segi keuntungan, sudah terbukti dan dapat Anda perhatikan bahwa dari abad ke-19, metode pengelasan teralis sebenarnya menggunakan tempaan tangan. Dimana masing-masing alat tempa akan dihubungkan dengan sebuah klip logam khusus.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Namun saat ini metode ini sangat jarang digunakan dan ditemukan, teknik ini hanya digunakan oleh mereka yang benar-benar berpengalaman dalam bidang tersebut. Saat ini produsen pembuatan besi tempa memang cukup banyak salah satunya adalah Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawang, yang proses pengerjaannya relatif bervariasi. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Teralis jendela yang dilas – dari segi keuntungan dan kerugian

Teralis jendela ini dibuat sebenarnya untuk mencegah usaha masuknya sesuatu atau seseorang yang tidak diinginkan, dan salah satu teralis yang dapat Anda gunakan tersebut adalah Teralis jendela yang di las. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Proses perawatan yang tergolong cepat, dan juga mudah. Hal ini tentunya sangat pas untuk Anda yang tidak mempunyai waktu untuk merawat teralis, dan juga bagi Anda yang mempunyai budget terbatas. Anda hanya perlu mengecat ulang teralis tersebut, dan teralis akan terihat kokoh kembali. Mereka yang bisanya menggunakan teralis seperti ini adalah aneka bangunan publik dan beberapa rumah.

Namun jika dilihat dari segi desain, desain las ini memang terbilang cukup monoton, yaitu berbentuk kotak-kotak. Walaupun demikian, desain seperti ini juga cukup memberikan perlindungan terhadap rumah atau gedung yang Anda miliki.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Bahan yang biasnya digunakan untuk membuat teralis las ini adalah logam batang berukuran 10 mm dengan bentuk bersegi dan strip logam dengan ukuran 12 mm 6 / 12. Ukuran pola teralis tentunya sangat memegang peanan penting utnuk ketahanan teralis itu sendiri. Semakin baik sebuah teralis, dan semakin handal sebuah teralis, maka biaya yang harus dikeluarkan pin tidak sedikit. Salah satu contohnya, agar lebih kuat, teralis sebaiknya di las menggunakan penampang dengan ukuran 12 mm persegi atau bahkan lebih. Apabila Anda memilih produk teralis, sebaiknya perhatikan sambungan bingkai teralis (pastikan rakitan sambungan, sempurna), jika kurang baik atau bahkan mudah lentur, tentunya tidak akan memberikan perlindungan yang baik.

Contoh model teralis modern untuk jendela dari besi tempa

Sebenarnya tidak benar, apabila teralis jendela dengan cara di las kurang estetis, jika ditangani dengan baik, oleh bengkel las yang memang handal di bidangnya, maka teralis seperti ini mampu diubah menjadi sebuah karya seni yang indah, yang pastinya sama dengan bangunan yang akan dipasang. Walaupun memang hal ini tidak seindah karya sendi menggunakan besi tempa. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Teralis jendela yang ditempa – dari segi keuntungan dan kerugian

Untuk teknik pengerjaan teralis besi tempa, caranya dengan metode tempa panas dan dingin. Dimana masing-masing komponen tersebut, dihubungkan dengan mesin las. Batang logan dengan ukuran tertentu akan ditempa, untuk menghasilkan pola tertentu. Pola yang biasnya digunakan cukup beragam dan juga unik, ada yang berbentuk anyaman, renda, dll. Hal ini tentu saja dilakukan oleh mereka yang ahli dibidangnya. Itu sebabnya teralis seperti ini cujkup mahal, dan akan tampak menawan jika ditempatkan di bangunan mewah atau kantor yang juga mewah. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Apabila Anda perhatikan lebih dalam, desain teralis jendela mempunyai beberapa keuntungan, seperti lebih indah, lebih kuat dan tahan terhadap cuaca. Selain itu teralis besi tempat ini jug dapat digunakan di berbagai macam bangunan, selain itu karena terbuat dari besi tempa, pastinya penggunaan desain ini akan semakin memperkokoh bangunan Anda.

Teralis jendela menggunakan besi tempa juga menggabungkan beberapa kualitas, handal dan juga perbaikan. Sistem teralis ini mampu memberikan perlindungan yang baik dari kasus pencurian dan desain teralis ini mempu membuat kesan di rumah Anda menjadi lebih unik dan artistik. Sedangkan kelemahan utama dari desain teralis jendela menggunakan besi tempa ini adalah harganya yang cukup tinggi. Walaupun demikian, apabila Anda membutuhkan teralis jendela, Anda tetap dapat menggunakan teralis jendela dengan teknik di las. Jika menggunakan jasa benkel dengan kualitas yang baik, tentunya teralis yang Anda dapatkan juga baik, dan pastinya mampu membuat rumah Anda terhindari dari kasus pencurian.

Saat ini pembuatan besi tempa tradisional hanya menggunakan tempaan dingin. Itu artinya logam tidak dipanaskan, dan untuk mengubah bentuk logam, menggunakan mesin bending. Dengan menggunakan mesin ini, mesin akan dikonfigurasikan untuk 1 jenis tertentu, untuk menghasilkan beberapa produk dengan geometri yang sama persis. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Teknik dasar pemasangan teralis jendela

Untuk proses produksi dan pemasangan teralis pada jendela ini, biasanya melibatkan aneka pengukuran, dan biasnya sistem pengururan tersebut menggunakan pita mengukuran logam. Beberapa ahli menyarankan untuk mengukur jendela dari bagian ujung ke bagian tengah. Untuk itu Anda perlu melakukan pengukuran secara vertical dan juga horizontal, dengan menggunakan nilai terkecil. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Untuk melampirkan kisi jendela, dengan bentuk terbuka, maka pengukuran sebaiknya menggunakan besi 10 mm dengan lebar 30 mm. Untuk jenis kiri jendela tertutup, tentunya menggunakan ukuran besi yang lebih tinggi dan juga lebar, yaitu sekitar 200 hingga 300 mm. Apabila Anda ingin menggunakan teralis, maka Anda harus memperhatikan dan merancang lubang pemasangan. Caranya beberapa bagian pinggir dari jendela, akan dibor untuk membuat lubang, biasanya kedalamannya 10 hingga 15 cm. sehingga batang sekrup akan menonjol ke laur sekitar 3 cm, setelah itu bar akan di las ke rangka teralis.

Jika memasang kesenjangan rel, maka untuk tinggi sebaiknya dikurangi sekitar 10 mm dan lebar 30 mm, dari pengukuran sebelumnya. Apabila kondisi seperti ini tidak tercapai, maka harus ada tindakan penetapan teralis menggunakan sekrup pada dinding selama proses pemasangan. Untuk mempermudah pemasangan teralis, sebaiknya siapkan beberapa alat, seperti kompresor untuk mengecat, dan juga perforator untuk mesin bor. Anda juga membutuhkan masker, kacamata, pakaian khusus, palu, tang serta meteran. Untuk merakit produk teralis jendela dengan menggunakan las atau tempa secara manual dan sederhana ini, maka, Anda harus mematuhi seluruh proses pembuatan, agar menghasilkan sebuah desain teralis yang kuat dan pastinya dapat diandalkan.

Adapun prosedur yang harus Anda patuhi tersebut adalah, Anda harus membuat sebuah sketsa yang jelas, tentang semua item yang dibutuhkan. Hitung dengan baik, seluruh rangka dan bahan yang dibutuhkan. Apabila ingin hiasan, sebaiknya gunakan produk yang di las, karena ada berbagai macam bentuk yang dapat dipilih.

Dengan kombinasi yang tepat dari produk tempa dan teknik pengelasan, pastinya akan memberikan efek yang benar-benar baik. Terakhir sebelum meletakkan teralis, lapisi teralis menggunakan bahan khusus agar terlindung dari lembab dan faktor cuaca lainnya, agar teralis menjadi lebih awet. Model teralis modern untuk jendela dari besi tempa.

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id