Pengecatan Mengubah Persepsi Ruang Interior. 6 Teknik Pewarnaan Ini Membuktikannya

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Kami ingin mengajak Anda mengetahui bahkan mempraktekkan tentang mengubah persepsi ruang dengan pengecatan. Ingin memperluas atau mempersempit sebuah ruangan tanpa membongkarnya atau merenovasinya? Lakukan 6 teknik pengecatan dinding ini yang akan mengubah pengalaman spasial yang berbeda dan benar-benar baru. Ribet mengecat sendiri? Percayakan kepada kontraktor pengecatakan di Karawang, yaitu kami, PT Niki Four yang telah berpengalaman dalam proyek sipil konstruksi dan desain interior eksterior.

Inilah 6 teknik pengecatan yang mengubah persepsi dimensi sebuah ruangan. Manusia menghabiskan lebih banyak waktu dalam ruangan, baik di tempat kerja atau di rumah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia modern menghabiskan 87% dari hidup mereka dengan berada dalam ruangan.

Sesungguhnya lingkungan yang menyenangkan secara positif memengaruhi suasana hati dan kesejahteraan penghuninya, seperti halnya penerangan yang buruk, tempat yang tidak nyaman dapat membuat kehidupan menjadi tidak baik. Itulah sebabnya tata desain interior sangat penting, meskipun sering dianggap kurang penting oleh beberapa profesional.

Saat mendesain interior, arsitek memiliki kekuatan untuk mengubah beberapa variabel penting, baik itu pencahayaan buatan, cahaya alami, proporsi, atau material – dengan semua elemen yang memengaruhi pengalaman yang akan dimiliki penghuni dalam suatu ruang.

Untuk memberikan sensasi ruang yang diinginkan, ada elemen yang mengubah persepsi ruang tanpa mengubah bentuk dinding satu centi meter pun. Pengalaman spasial ini dapat Anda nikmati dengan misaknya mengecat permukaan, penggunaan bahan yang berbeda, atau menggunakan pelapisan cat yang berbeda. Dengan pemilihan dan tata pengecatan yang tepat, maka 

  • Warna yang lebih terang dan dingin membuat ruang tampak lebih besar.
  • Warna yang lebih gelap membuatnya tampak lebih tertutup dan lebih kecil di mata.
  • Susunan warna atau tekstur dalam lingkungan mengubah perspektif, membuat ruangan tampak lebih tinggi, lebih panjang, lebih luas, atau menyoroti elemen tertentu.

Di bawah ini, kami cantumkan beberapa teknik mengubah persepsi ruang dengan pengecatan. 6 cara ini kemungkinan akan berhasil mengubah lingkungan dalam rumah Anda hanya dengan menggunakan warna dan kontras bahan:

Memperluas Ruangan

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Untuk menghadirkan nuansa ruangan yang lebih luas,  metode terbaik adalah menggunakan warna-warna terang. Kenapa? Karena warna-warna terang akan memantulkan cahaya alami dan membuat permukaan tampak lebih besar di mata.

Hasilnya, ruangan jadi lebih luas:

Memadatkan Ruangan

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Sementara itu, jika Anda mengingninkan ruangan yang tampak lebih kompak, lebih kecil, dan lebih nyaman, maka pilihlah warna yang lebih kuat pada permukaan dinding. Mengapa? karena warna ynag lebih kuat pada bagian dinding dapat memanipulasi mata agar melihat ruangan lebih fokus sehingga terlihat sempit. Selain itu, warna yang kuat pada bagian dinding akan menyerap sebagian besar cahaya alami, memberikan perasaan selungkup yang dapat bermanfaat untuk fungsi tertentu.

Hasilnya:

Menurunkan Plafon / Langit-langit Ruangan

Ada kalanya menurunkan ketinggian langit-langit dapat membuat ruang lebih menyenangkan dan memberikan perasaan ramah. Saat plafon dicat dengan warna yang lebih gelap dari dinding atau membiarkan tekstur material terlihat, maka itu akan memberi kesan bahwa plafon lebih rendah.

Hasilnya:

Meregangkan Ruangan

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Sebaliknya, jika Anda menyukai suasana claustrophobic (suatu kondisi tertutup dan sempit) pada ruangan Anda, tembok yang terlihat meregang ke atas akan memberikan nuansa tersebut kepada ruangan. Mengecat dinding dengan warna cat yang lebih gelap dan membiarkan warna langit-langit dengan putih, akan membuat ruangan terasa seperti langit-langit yang lebih tinggi.

Hasilnya:

Memperlebar Ruangan

Pengecatan dinding belakang dan langit-langit dengan warna gelap yang sama dan membiarkan dinding samping lebih terang akan membuat ruang tampak lebih lebar dan lebih luas. Pewarnaan ini adalah teknik yang banyak digunakan di koridor atau ruangan sempit.

Hasilnya:

Menyempitkan Ruangan

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Cobalah lakukan pengecatan pada dua sisi dinding yang berlawanan dengan warna gelap dan meninggalkan latar belakang dan langit-langit dalam warna-warna terang. Hasilnya adalah ruangan akan lebih sempit untuk mata, meningkatkan proporsi kamar dengan dimensi yang tidak seimbang.

Hasilnya:

Mendekatkan Ruangan

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Jika Anda memiliki ruang yang terlalu besar di rumah Anda dan ingin terasa lebih intim dan dekat, maka hadirkanlah nada-nada gelap di dinding belakang dengab warna yang berbeda dengan warna yang lebih terang di tempat lain.

Hasilnya:

Meninggikan Tembok

Untuk berfokus pada dinding, disarankan agar warnanya lebih terang, sementara yang lain memiliki warna yang lebih gelap. Dengan begitu akan menyebabkan mata tertarik hanya pada tembok dan efek ketinggian akan segera terasa.

Hasilnya:

Memendekkan Tembok

mengubah persepsi ruang dengan pengecatan

Akan tetapi jika idenya adalah untuk membuat dinding lebih pendek, maka cobalah untuk menerapkan pengecatam warna yang lebih gelap ke bagian bawah dinding.

Hasil akhirnya:

sumber: https://www.archdaily.com/935067/how-colors-change-the-perception-of-interior-spaces

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Powered by