Bagaimana Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan dengan Benar

Posted by purnosidi
on 03/12/2016
Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar

Bagaimana cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar? Sejak sepuluh tahun terakhir jumlah masyarakat dalam penggunaan baja ringan untuk kawasan pemukiman penduduk memagn mengalami peningkatan tajam. Penggunaan yang sudah cukup lama ini tentu saja sudah menjadi hal yang wajar untuk dilakukan. Kebanyakan masyarakat lebih memilih dan beralih dengan penggunaan bahan bangunan ini karena berbagai kelebihan yang dirasakan.

Beberapa kelebihan diantaranya yaitu kuat, terhindar dari rayap, tahan lama, lebih awet dan bernilai ekonomis. Selain kelebihan yang mendasarkan pada alasan mengapa banyak orang yang menggunaannya. Namun pada faktanya dapat diketahui bahwa pengguaan kayu dapat diminimalkan dan juga tidak membutuhkan jumlah yang terlalu banyak.

Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar

Bagaimana Cara Menghitung Luas Atap Baja Ringan dengan Benar?

Sehingga apabila harga kayu yang sedang dirasakan mahal dan tidak menjangkaunya. Maka pilihan dalam penggunaan baja ringan ini dapat menjadi sesuatu yang menguntungkan. Bahkan dalam penggunaannya memang dirasakan harga yang lebih stabil dan ramah lingkungan. Banyaknya keuntungan ini menjadikan alasan banyak orang untuk memilih menggunakannya.

Kerangka Konstruksi Baja Ringan atau Kayu?

Jika Anda ingin membandingkannya maka bisa dikatakan bahwa ada banyak sekali hal yang harus diketahui dibandingkan kayu. (Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar)

Adapun beberapa perbandingan yang harus diketahui dibandingkan dengan kayu antara lain yaitu

  1. Daya tahan dalam pembuatan rumah atau jenis bangunan lainnya memang tidak perlu diragukan. Hal ini karena jenis yang lebih kokoh dan berat memang menjadikan bangunan menjadi lebih tangguh. Apabila jenis bangunan yang menggunakan kayu mudah rapuh namun penggunaan baja ringan ini tentu saja akan dapat diminimalkan. Bahkan pada bangunan yang menggunakan kayu akan menggantinya secara berkala. Hal ini disebabkan karena rayap yang membuat kayu menjadi lebih mudah rapuh. Terlebih jenis kayu yang lunak akan tetapi penggunaan kayu yang keras harganya memang jauh lebih tinggi.
  2. Pada penggunaanya memang dirasakan lebih mudah untuk melengkung dan menggembung pada bagian kayu. Akan tetapi apabila menggunakan jenis baja ringan maka tekstur yang lebih lurus, stabil dan satu ukuran. Untuk itu apabila Anda ingin menjadikan rumah atau pun bangunan yang akan dibuat menjadi lebih prima. Maka bisa menggunakan jenis kayu yang demikian agar hasilnya lebih menguntungkan bagi Anda. (Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar)
  3. Mudah pemasangan juga menjadi hal yang sering kali dibandingkan apabilka menggunakan kayu. Sehingga seseorang akan menjadi lebih mudah bekerja dalam pembangunan yang dilakukan. Berbeda dengan adanya penggunaan dalam memasang baja ringan. Pastikan untuk memilih jenis baja ringan agar rumah atau bangunan yang dibuat menjadi lebih mudah diselesaikan. Tentu saja apabila segalanya diserahkan kepada tenaga ahli yang ada dalam bidangnya. Namun apabila dilakukan semabarang dalam pemasangannya. Maka kesalahan umumnya akan mudah dibuat. Sehingga akan mudah untuk melakukan perbaikan yang sangat mudah untuk dilakukan. (Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar)

Setelah mengetahui mengenai berbagai informasi yang ada. Pastikan mengenali dan menyimak lebih jelas mengenai hal tersebut. Sehingga kemungkinan untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kenyamanan yang ada. Pastikan bahwa penggunaan baja ringan yang ada saat ini sudah dimanfaatkan. Sehingga hasilnya akan membantu dalam menjadikan bangunan lebih kuat berdiri. Maka kebanyakan orang menggunakan jenis baja ringan ini untuk rumah atau pun jenis bangunan lainnya. (Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar)

Kelebihan Konstruksi Baja Ringan

Namun tahukah Anda bahwa ada banyak sekali keuntungan saat ini memilih jenis baja yang satu ini. Untuk lebih mengetahui dengan jelas pastikan memahami apa saja keuntungan yang akan didapatkan. Beberapa keuntungan dalam penggunaannya yaitu

  • Ramah lingkungan

Jika Anda menggunaan baja ringan dalam pembangunannya tentu saja menjadi lebih ramah bagi lingkungan tempat tinggal. Mengapa hal ini bisa terjadi? Semua ini bisa terjadi karena penebangan kayu atau pohon menjadi berkurang. Banyak orang yang menebang pohon untuk dijadikan sebagai bahan untuk membangun rumah. Dengan demikian banyak sekali hutan yang gundul. Akibatnya kerusakan lingkungan akibat banjir dan tanah longsor mudah terjadi. Sehingga ada baiknya untuk beralih dengan penggunaan baja ringan. Pohon yang sejatinya memiliki banyak sekali fungsi seperti menghindari terjadinya banjir, bisa dibuat menjadi pintu atau jendela, menjadikan tempat lebih teduh dan masih banyak lainnya. (Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar)

  • Cepat

Dalam proses pengerjaan menggunakan jenis baja ringan ini dirasakan lebih cepat. Hal ini karena pengerjaan yang mudah dan dilakukan dengan cepat. Tidak memerlukan pekerjaan basah atau menunggu dalam proses pembangunannya. Bahkan dalam pembuatannya dapat seratus persen untuk dilakukan pengaturan ulang. Sehingga bisa dikatakan segalanya menjadi lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

  • Lebih ekonomis

Telah disebutkan pada penjelasan di atas bahwa harga yang dimiliki menjadi lebih stabil. Hal ini karena harga yang diberikan cenderung sama. Berbeda dengan harga kayu yang dirasakan memang lebih mudah naik apabila pasokan atau produksi yang dimiliki sedikit. Selain itu apabila Anda menggunakan jenis kayu maka tidak perlu menggantinya dalam waktu dekat. Semuanya dapat lebih tahan lama dalam penggunaannya. Dalam penggunaan baja ini tidak mudah dimakan rayap dan juga lapuk. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menggantinya. Jika ada rayap seperti pada kayu pastilah apabila dibiarkan begitu saja bisa berbahaya karena mudah terjadi kerusakan dan hancur.

  • Lebih ringan

Jenis baja ini memang dirasakan lebih ringan dibandingkan dengan kayu. Hal ini dapat diketahui dari material yang digunakan. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam keamanan dan pemasangannya. Akan tetapi meskipun ringan namun apabila dilihat mengenai ketangguhannya memang dirasakan lebih unggul. Sebelum Anda memulai untuk membangunnya bisa dibandingkan pada pembangunan rumah dengan luas 2000 meter. Jika menggunakan kayu dibutuhkan dua puluh ton. Akan tetapi apabila menggunakan jenis baja ringan bisa dihemat hingga enam ton saja.  Perbandingan yang ada tersebut memang menjadikan kemungkinan ini harus dipikirkan berulang kali. Banyaknya kelebihan tersebut sudah menjadi acuan untuk diri Kita dalam senantiasa menjadikan lebih memilih jenis bahan bangunan ini.

  • Lebih fleksibel

Saat pembangunannya memang gaya arsitekturnya menjadi lebih fleksibel. Sehingga akan menjadikan lebih mudah dan juga menjadi lebih menguntungkan. Namun apabila Anda menggunakan jenis baja ringan tentu saja akan ada banyak ruangan untuk bekerja. Hal ini menjadi hal yang sangat dimudahkan pekerja untuk menyelesaikan pembangunan yang dijalani. Pastikan untuk memilih jenis baja ringan dibandingkan dengan kayu. Selain itu pemakaian jenis baja ini memang akan menghemat penggunaan kayu lebih banyak. Bahkan terhindar dari kemungkinan untuk senantiasa mengganti dengan kayu yang baru.

  • Lebih aman

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran penggunaan baja ringan ini lebih bersifat tidak membuat api menjadi semakin besar. Sehingga akan meredam api yang menghanguskan rumah atau jenis bangunan tersebut. Dengan demikian bangunan yang berada di sebelahnya menjadi lebih minimalkan terbakar. Akan tetapi berbeda halnya apabila menggunakan kayu yang membauat bangunan menjadi semakin parah. Bahkan akan dengan mudah menjalar pada bagian rumah atau bangunan yang ada disampingnya. Tentu saja hal ini membuat kerusakan yang semakin parah terjadi. Untuk itu pastikan memilih jenis baja ringan dalam pembuatan atap rumah Anda.

  • Beban atap

Penggunaan baja ringan ini juga sangat cocok untuk wilayah yang sering terjadi rawan gempa. Hal ini karena wilayah ini dirasakan memang lebih aman karena bebas atap yang ringan. Untuk itu segera pesan Nikifour kontraktor epoxy lantai Karawang. Hal ini bisa Anda bandingkan apabila membeli dengan jenis kayu yang cenderung lebih berat. Sehingga apabila diguncang gempa maka yang dirasakan adalah kemungkinan bangunan atau rumah menjadi lebih mudah hancur atau roboh. Jenis atap seperti ini memang sudah terkenal keamanannya dibandingkan dengan jenis atap lainnya. Untuk itu pada kawasan bebas gempa memang dirasakan sering sekali memilih jenis atap yang demikian.

  • Membantu menjaga lingkungan

Sebagai warga negara Anda juga akan membantu dalam menjaga kelestarian hutan menjadi lebih indah dan nyaman. Anda akan menghindari kemungkinan penggundulan hutan saat membutuhkan kayunya untuk membangun. Hal ini karena semuanya sudah dipilih jenis baja ringan untuk membantu dalam mendapatkan bangunan yang lebih menjaga lingkungan. Penggunaan kayu menjadi lebih minimalkan dan hanya untuk bagian terpenting dalam rumah seperti jendela dan pintu saja.  Pastikan segera Nikifour kontraktor terdekat Jababeka KIIC. Hal ini karena sudah terjamin kualitasnya dan juga hasil yang diharapkan sesuai keinginan Anda.

Jika Anda sudah mengetahui mengenai berbagai kelebihan yang dimiliki. Namun ada banyak hal yang harus diketahui termasuk dalam penghitungan volume rangka pada jenis baja ringan yang digunakan. Hal ini karena dengan menggunakan jenis baja tersebut agar tampilannya menjadi lebih simetris dan kuat. Jangan sampai Anda asal dalam memilih dan memasangnya karena sangat menentukan bangunan yang digunakan. Berikut ini  beberapa cara yang sebaiknya dilakukan dalam menghitungnya yaitu

  1. Untuk pembelian jenis baja tersebut memang diberikan dalam jumlah meter persegi. Sehingga pastikan mengenai luas bangunan yang diberikan. Dengan demikian hasilnya akan menjadikan lebih pas dan juga tidak mengalami kesalahan. Untuk itu gunakan tukang yang memang sudah berpengalaman untuk menanganani pembuatan rumah atau bangunan lainnya menggunakan jenis bahan ini.
  2. Saat Anda memilih bangunan dengan contoh 9×9 meter dengan sisi masing-masing satu meter dan juga kemiringan dengan sudut 35 derajat. Untuk panjangan pada bangunan yang ada 11 meter dan lebar yang sama dengan sudut tersebut. Ulasan diatas memang menjadikan gambaran namun apabila Anda ingin menjadi lebih jelas. Maka bisa diserahkan langsung kepada ahlinya.

Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar akan meminimalkan kesalahan dalam pembangunan dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan.

Butuh bantuan cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar? Nikifour bisa membantu Anda. Hubungi kami melalui telp : (0267) 8401784, (0267) 8632104, (0267) 8632105, – Fax: (0267) 8451587 email : nf@nikifour.co.id.

Pengetahuan dalam pemasangan baja ringan dalam sebuah bangunan lainnya atau pun rumah memang membutuhkan penanganan langsung dari ahlinya. Dengan demikian hasilnya akan menjadi sesuatu yang lebih rapi dan juga kokoh. Namun sebagai orang awam harus mengetahui bahwa dalam pemasangannya dibutuhkan beberapa hal yang sebaiknya diketahui. Sehingga hal inilah yang menjadi sesuatu untuk patokan dalam memilih jasa pemasangan yang terbaik antara lain yaitu

  • Kemiringan atap

Dalam memasang atau pun membangun rumah menggunakan baja ringan pastikan terlebih dahulu kemiringan yang akan dipilih. Pastilah apabila semakin miring akan membuat atap menjadi semakin luas dan lebar. Jenis kemiringan yang ideal antara dua puluh lima hingga tiga puluh derajat. Menurut pengetahuan dan informasi dari pemasang baja ringan tersebut kemiringan ini dirasakan sudah baik. Apabila sudah disepakati dengan kemiringan yang demikian maka sudah seharusnya untuk segera menghitung jumlah baja ringan yang akan dibutuhkan dalam pembangunannya.

  • Hitung beban atap

Saat ingin membangun bagian atap dibutuhkan ketelitian dalam pembangunannya. Hal ini karena dalam pembangunanya dibutuhkan jenis atap yang dibutuhkan tergantung dari beban yang dimilikinya. Namun dalam perhitungan yang ada akan sangat sulit apabila akurat atau pasti. Umumnya hanya bisa dilakukan perhitungan dengan cara kasar. Cara perhitungan kasar bisa diketahui dari beban genting, jumlah genting yang digunakan dan jumlah baja ringan. Dengan demikian Anda akan dengan mudah mengetahui secara garis besar yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  • Tenaga ahli

Dalam pemasangannya memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Semuanya harus dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dalam bidang ini. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil dalam pemasangan bisa kuat dan terpasang dengan baik. Jika pemasangan yang dilakukan tidak menggunakan tenaga yang berpengalaman dan ahli dalam bidangnya. Maka hasilnya pun akan mudah mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan dalam waktu dekat. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa dapat memicu terjadinya kerusakan yang berakibat pada pembengkakan dana yang dibutuhkan.

  • Pemilihan tenaga ahli

Pastikan untuk memilih lebih selektif dalam memilih tenaga pemasangan. Telah diberikan rekomendasi seperti yang ada pada bagian atasnya. Dengan demikian hasilnya akan diharapkan menjadi lebih mudah. Terlebih bagi Anda masyarakat yang baru saja beralih dengan penggunaan baja ringan sebagai atap rumah atau bangunan yang akan dibangun.

  • Meminta rekomendasi

Tak ada salahnya apabila Anda meminta rekomendasi sebelumnya sebelum pemasangan dilakukan. Hal ini karena apabila Anda meminta rekomendasi dari tenaga ahli ini akan lebih menguntungan. Bahkan apabila dirasakan akan menghemat biaya. Hal ini karena tidak dibutuhkan berulang kali pembongkaran karena struktur bangunan yang tidak pas dan sesuai dengan hasil yang dibutuhkan.

  • Bentuk

Dalam pemasangan baja ringan yang harus diperhatikan mengenai bentuk yang dimiliki. Hal ini karena sangat mempengaruhi mengenai estetika rumah atau bangunan mengenai tampilan pada bagian depan. Sehingga ada baiknya diskusikan terlebih dahulu mengenai bentuknya. Sehingga saat bangunan tersebut jadi sudah sesuai dengan keindahan dan keinginan masing-masing orang tersebut.

  • Kualitas

Untuk pembelian jenis baja ringan tersebut pastikan untuk memilih berdasarkan kualitas. Misalnya saja dengan memilih yang sudah berlabel SNI. Dengan demikian kontruksi bangunan tersebut menjadi lebih aman dan tahan pada gempa. Namun apabila Anda memilih yang murah dan tidak berlabel SNI maka keamanan menjadi taruhannya. Tentu saja sangat berbahaya dan dapat mengancam keselamatan orang lain.

  • Baut yang digunakan

Pastikan bentuk baut sesuai dengan refensi menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sehingga hasilnya menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Baut ini menjadi bagian yang penting untuk dipilih karena menentukan keamanan dan juga kekuatan dari baja ringan tersebut. (Cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar)

Demikianlah cara menghitung luas atap baja ringan dengan benar. Selain faktor yang harus diperhatikan diatas tentu saja masih banyak jenis lainnya yang harus diketahui. Dengan demikian hasilnya menjadikan bangunan atau rumah yang dibangun sesuai dengan standar keamanan yang dibutuhkan. Untuk itu pastikan memilih jenis bangunan yang sesuai. Sehingga akan mendapatkan hasil yang sesuai keamanan.

Save

Save

Save

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id