Mengenal Langkah-Langkah dan Urutan Pengecatan yang Efektif

Posted by purnosidi
on 10/08/2017

Bagaimana cara mengecat yang effektif? Berikut ini kami akan membeberkan kepada Anda beberapa langkah-langkah dan urutan pengecatan yang efektif.  Pengecatan merupakan sebuah finishing dari sebuah pekerjaan. Sebagai pekerjaan finishing tentu hasilnya sangat menentukan bagus tidaknya sebuah benda yang dicat, baik itu rumah, kantor, barang, dll.

Untuk itu, pengecatan ini perlu keahlian khusus sekalipun terlihat sederhana. Lebih dari itu, sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Tujuannya adalah agar rumah atau benda apapun yang dicat tampak indah dan memuaskan.

Berbicara tentang tenaga ahli dalam bidang pengecatan, anda bisa menggunakan atau memanfaatkan PT. Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka. Bagi anda yang berada di daerah karawang dan sekitarnya tentu hal ini memberi kemudahan untuk anda semua. Tidak hanya itu, hasil pengecatan juga bagus dan tidak akan mengecewakan klien.

Dalam melakukan pengecatan juga perlu diperhatikan bagian interior dan eksterior ruangannya. Ruang interior mencakup ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, dapur, dll. Sementara eksterior tentunya bagian rumah yang tampak dari luar seperti serambi rumah, dll. Hal yang perlu anda lakukan dahulu saat ingin melakukan pengecetan yaitu dengan mengiapkan alat- alat yang diperlukan diantaranya; kuas, wadah untuk cat, koran bekas, roller, lap pel, dll. Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan agar proses pengecetan nantinya berjalan lancar dan juga nyaman. Selain itu, jika segalanya sudah dipersiapkan, efisiensi waktu juga lebih bagus.

Langkah- Langkah Pengecatan

Berikut adalah langkah- langkah yang perlu anda lakukan saat proses sebelum maupun saat pengecetan.

1. Mengosongkan ruangan

Selain menyiapkan bahan- bahan yang diperlukan sebelum dilakukan pengecatan, hal lainnya yang perlu dilakukan yaitu mengosongkan ruangan. Pindahkan barang- barang sepertu furniture, meja, kursi, dll yang ada diruangan yang akan dilakukan pengecatan. Hal ini akan memudahkan dalam proses pengecatan sehingga lebih cepat. Selain itu, pengosongan ruangan juga berguna untuk melindungi barang- barang tersebut dari noda cat.

2. Menutupi barang- barang

Di dalam rumah atau kantor tentunya terdapat barang yang tidak dapat dipindahkan. Mengatasi hal ini, anda harus menutupi barang- barang tersebut agar tidak terkena noda cat. Untuk menutupinya, anda dapat menggunakan lembaran plastik atau bahan lainnya.

3. Menutupi lantai dengan koran bekas

Tidak hanya barang- barang saja yang perlu anda tutupi, lantai juga pernting untuk ditutupi. Lantai juga menjadi bagian yang paling mudah terkena cat saat melakukan proses pengecatan. Untuk menutup lantai, anda bisa menggunakan koran bekas. Jika lantai tidak ditutupi, maka untuk menghilangkan noda nantinya masih membutuhkan waktu dan tenaga lagi.

4. Menutupi bagian tertentu dengan seal tape

Penggunaan seal tape pada bagian tertentu juga penting jika ada bagian yang tidak ingin di cat. Hal ini tentu kembali pada diri anda sendiri, seperti apa kebutuhan cat anda. Contohnya seperti pada bagian pojok atau lis bawah tembok. Bagian tersebut tentu sangat sulit ditutupi jika tidak dengan menggunakan seal tape.

5. Kalkulasi kebutuhan cat

Agar perencanaan pengecatan sesuai dengan harapan anda, anda juga sebaiknya melakukan penghitungan seberapa banyak kebutuhan cat anda. Penghitungan ini juga disesuaikan dengan seberapa luas bagian rumah yang akan anda cat. Jika pun kebutuhan catnya berbeda- beda di setiap bagiannya, penghitungan juga tetap dibutuhkan. Penghitungan kebutuhan cat yang benar juga berpengaruh pada hasil pengecatan.

Itulah beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum proses pengecatan. Setelah itu, proses pengecatan pun siap dilakukan. Proses ini juga tidak sembarangan karena dalam proses pengecatan terdapat urutan yang benar sehingga hasilnya juga maksimal.

Bagaimana urutan dalam mengecat?

1. Memulai dari langit- langit

Urutan pertama yang perlu dilakukan agar hasil cat bagus dan maksimal yaitu dengan dimulai dari pengecatan bagian langit- langit ruangan. Setiap orang bisa saja melakukan teknik dan urutan pengecatan yang berbeda, namun umumnya dimulai dari langit- langit. Saat mengecat langit- langit, jangan lupa untuk memakai pelindung seperti kacamata karena pengecatan bagian langit- langit cukup susah. Jika tidak memakai kacamata pelindung dikhawatirkan akan mengenai mata. Untuk mencapai langit- langit, anda bisa menggunakan tangga, menyambungkan gagang rolller, dll.

2. Dilanjutkan dengan mengecat bagian dinding

Setelah penegcatan bagian langit- langit, langkah selanjutnya yaitu mengecat bagian dinding. Sebelum mengecat bagian dinding, siapkan cat yang sudah dicampur ai sebanyak yang anda butuhkan. Hal ini meminimalisir warna yang tidak sama sehingga hasilnya nanti kurang maksimal. Pengecatan bisa dilakukan dengan gerakan vertikal yaitu dengan menggerakkan roller ke atas kebawah.

3. Mengecat bagian pintu dan jendela

Jika pada bagian dinding sudah selesai, lagkah selanjutnya yaitu pengecatan bagian pintu dan jendela. Mulailah dari bagian terluar, kemudian lanjutkan ke bagian terdalam. Gunakan kuas yang cocok pada bagian- bagiannya agar hasilnya maksimal.

Itulah pengetahuan tentang langkah-langkah dan urutan pengecatan yang efektif. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal dan rumah anda menjadi lebih indah, anda bisa memanggil jasa pengecatan. PT. Nikifour jasa pengecatan Karawang KIIC Suryacipta Jababeka adalah salah satu jasa pengecatan yang terdiri dari tenaga ahli yang handal dan berpengalaman. Anda yang berlokasi di daerah tersebut, bisa memanfaatkannya.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id