Mengenal Besi Beton dan Memilih Kualitas Terbaik untuk Material Konstruksi

Posted by purnosidi
on 20/01/2018

Kami kontraktor konstruksi di Karawang akan mengajak Anda mengenal besi beton dan memilih kualitas terbaik. Disebut sebagai rebar dalam bahasa Inggris, besi  jenis ini banyak digunakan sebagai material utama konstruksi bangunan baik rumah maupun gedung.

Sebelum lebih jauh mengenal besi beton dan memilih kualitas terbaik, maka ada baiknya Anda mengetahui bahwa besi beton sering dikenal dengan nama Besin Tulang Beton, besi beton merupakan suatu jenis material pembentuk beton struktur. Untuk mendapatkan hasil kekkuatan bangunan yang baik, maka besi beton yagn digunakan, har8us berbandinng lurus antara kualitas kuantitas dan dimensi beton. Makin besar dimensi beton, maka makin banyak jumlah ukuran dan kuantitas besin beton yang dibutuhkan.

Selain itu agar menghadirkan kekuatan standrad sebuah gedung, jumlah dan kuantitas besin beton harus memenuhi aturan standar SNI.

Pada prakteknya di banyak proyek konstruksi, banyak sekali penggunaan besi beton yang tidak memenuhi standar SNI. Banyak digunakan besi beton yang tidak full SNI, atau non full, atau dikenal dengan istilah besi banci. Mungkin untuk menekan biaya dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

SNI ditentukan untuk kemanan dan kenyamanan, banyak sekali bencana konstruksi yang diakibatkan oleh penggunaan yang jauh dari standard yang sudah ditentukan.

Besi beton memang banyak digunakan dalam beberapa konstruksi yang membutuhkan dukungan yang besar dari bahan bangunannya. Tentu sudah banyak orang mengenal jika besi beton memang memiliki kekuatan menopang yang besar. Sehingga sangat penting bagi anda untuk memperhatikan dengan baik bagaimana kualitas besi beton tersebut dan memilihnya secara tepat agar kekuatan yang didapatkan sesuai kebutuhan pembangunan anda.

Mengenal besi beton dan memilih kualitas terbaik

Besi sendiri merupakan unsur kimia berjenis logam dengan simbol kimianya adalah Fe dan memiliki nomor atom 26. Sebenarnya besi ini berasal dari luar bumi dari sebuah bongkahan planet yang kemudian masuk ke bumi. Sedangkan beton merupakan kombinasi agregat, semen dan air. Kekuatan yang dimiliki besi beton ini juga terus dikembangkan sehingga bisa memberikan tingkat kekuatan berbeda tergantung kebutuhan. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan dan membuat anda bisa lebih mudah untuk memilih dan menyesuaikan antara besi beton yang akan digunakan dengan kebutuhan pembangunannya.

Tentunya fungsi utama dari besi beton ini adalah untuk menopang atau mendukung konstruksi sebuah bangunan. Namun ternyata ada beberapa keuntungan tambahan yang bisa anda dapatkan dari menggunakan besi beton berkualitas untuk memaksimalkan proses pembangunan konstruksi tersebut. Berikut beberapa kegunaan dan keuntungan dari besi beton untuk berbagai kebutuhan konstruksi yaitu:

  • Anda bisa meminimalisasi budget yang dikeluarkan untuk proses pembangunan menggunakan besi beton, apalagi jika untuk membangun sebuah gedung dengan lantai bertingkat sehingga dibutuhkan kekuatan konstruksi yang tepat untuk menopang.
  • Membantu menopang struktur pondasi sebuah bangunan sehingga mendapatkan kekuatan sesuai dengan konstruksi yang sudah direncanakan. Sehingga pondasi bangunan tersebut akan cukup kuat untuk menopang beberapa tingkat lantai yang diinginkan.
  • Merupakan bahan bangunan yang sangat cocok untuk konstruksi bangunan bertingkat karena besi beton ini dapat tahan lama meskipun dalam temperatur yang tinggi. Ketahanan tersebut tentunya menjadi salah satu kelebihan yang banyak dimanfaatkan dalam menggunakan besi beton dalam mendukung konstruksi sesuai yang diinginkan.
  • Dikarenakan kekuatannya yang dibuat cukup luar biasa maka saat sebuah besi beton sudah dibuat serta dibentuk maka akan sulit menghancurkannya. Sehingga pertimbangan menggunakan bahan ini untuk beberapa konstruksi khusus memang sangat cocok untuk dilakukan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki maka bangunan bertingkat anda pasti bisa bertahan kuat dalam jangka waktu lama. Apalagi jika kualitas besi beton yang digunakan sudah optimal dan perencanaan konstruksi yang tepat maka tidak akan ada masalah dengan bangunan tersebut bisa bertahan secara maksimal. Tidak perlu bingung karena ada banyak pihak yang akan membantu menjamin adanya besi beton berkualitas untuk anda dapatkan sebagai bahan bangunan.

Tips Memilih Besi Beton Berkualitas

Ada banyak pilihan besi beton yang bisa anda gunakan dan disediakan di berbagai toko bangunan. Namun hal yang harus diperhatikan apakah kualitasnya baik dan sesuai untuk kebutuhan pembangunan anda. Untuk  menentukannya anda harus mengetahui cara memilih besi beton dengan baik dan benar. Jangan sampai anda salah dalam memilih dan akhirnya harus mengeluarkan budget lebih karena besi beton yang digunakan tidak sesuai. Hal tersebut tentu akan sangat merugikan baik dari segi waktu maupun biaya.

Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan besi beton berkualitas dari toko bangunan yang sudah profesional dan terpercaya kinerjanya tentunya:

  • Pastikan anda sudah mengetahui jenis besi beton yang akan digunakan disesuaikan dengan tegangan atau kekuatan yang dibutuhkan. Sehingga anda akan lebih mudah untuk mendapatkan beton berkualitas sesuai kebutuhan tersebut.
  • Pilihlah merk yang memang sudah jelas kualitasnya dan banyak digunakan oleh konstruksi lainnya. Tentunya anda juga bisa mengecek pada salah satu permukaan besi beton tersebut akan dicetak merk serta tanda SNI yang menandakan bahwa besi beton tersebut sudah berkualitas standar dan bisa anda gunakan dengan baik.
  • Mengenai harga tentunya juga ikut mempengaruhi kualitas besi beton tersebut. Sebaiknya anda mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga besi beton di pasaran sehingga akan bisa lebih mudah untuk menemukan yang sesuai dan tidak tertipu dengan penawaran harga beton yang lebih rendah.
  • Kesesuaian ukuran antara diameter dengan panjang beton tersebut tentu perlu anda perhatikan dengan baik karena akan berkaitan dengan tegangan kekuatan yang dihasilkan saat menopang sebuah konstruksi. Maka ada ukuran ideal yang harus menjadi patokan pertimbangan anda seperti misalnya untuk besi beton dengan panjang 10 meter idealnya memiliki diameter sebesar 10 mm. Jika tidak sesuai maka sudah tentu besi beton tersebut tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Dalam mengenal besi beton dan memilih kualitas terbaik, sangat penting bagi anda untuk mempertimbangkan dengan baik pemilihan kualitas pada besi beton yang akan digunakan. Apalagi jika diaplikasikan pada sebuah bangunan maka harus dipertimbangkan tingkat keamanan yang nantinya berada di dalam gedung atau bangunan tersebut.

Demikianlah mengenal besi beton dan memilih kualitas terbaik. Karena itu sehingga anda tidak bisa sembarangan memilih besi beton dan menganggap semua memiliki kekuatan yang sama, padahal harus ada perencanaan yang tepat dan penyesuaian kebutuhan besi beton agar sesuai dengan kekuatan yang ingin anda dapatkan dalam konstruksi tersebut.

 

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id