Pahami Prinsip dalam Mengembangkan Kawasan Industri

Sebuah kawasan industri bisa disebut sebagai kawasan perdagangan yang terdiri dari area yang memang sengaja dibuat dan direncanakan untuk pengembangan industri. Kawasan industri juga bisa dikenal sebagai versi lain dari kawasan bisnis ataupun kawasan perkantoran biasanya area tersebut banyak diisi oleh perkantoran dan beberapa industri ringan lainnya. Banyak hal yang bisa anda temukan di kawasan industri tersebut. Di Indonesia, salah satunya di kota Karawang – anda bisa menemukan Kontraktor Konstruksi Industri Karawang.

Untuk kawasan industri sendiri biasanya berdiri di sekitar tepi ataupun luar area pemukiman dari kota tertentu dan sudah dilengkapi dengan akses transportasi yang baik untuk menunjang aktivitas di dalamnya. Salah satu contoh kawasan industri di luar negeri ada di tepian Sungai Thames di Thames Gateway yang ada di London. Nah, jika anda penasaran dengan cara atau bagaimana mengembangkan kawasan industri agar lebih maksimal, anda bisa simak informasi lengkapnya disini.

Semakin meningkatnya kebutuhan manusia membuat semakin banyak perusahaan atau pabrik di Indonesia. Namun ketersediaan tanah sendiri juga semakin berkurang. Anda harus tahu jika Presiden menganjurkan tetap menyediakan adanya green area sehingga diharapkan perusahaan atau pabrik bisa mendukung program tersebut. Mengapa industri-industri tersebut berada dalam satu kawasan? Jawabannya agar mereka bisa berkumpul menjadi satu tanpa mencemari kawasan atau daerah lainnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali kawasan industri yang tersebar di berbagai daerah.

PENGERTIAN KAWASAN INDUSTRI

Kawasan industri merupakan kawasan atau area sebagai pusat kegiatan industri yang sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sudah dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh perusahaan tersebut. Kawasan industri juga bisa didefinisikan sebagai tempat berlangsungnya suatu kegiatan industri dari berbagai bidang yang dikembangkan ataupun dikelola oleh perusahaan yang sudah mempunyai izin usaha. Di kawasan tersebut biasanya sudah banyak perusahaan yang kebanyakan berasal dari industri manufaktur.

APA SAJA TUJUAN PEMBANGUNAN KAWASAN INDUSTRI?

Ada beberapa tujuan  dari pembangunan industri yang bisa anda lihat di dalam Keppres Nomor 41 th 1995 terkait dengan kawasan industri. Pasal 2 menyatakan jika pembangunan di kawasan Industri mempunyai tujuan untuk:

  • Menyediakan kemudahan untuk berbagai kegiatan industri
  • Mempercepat pertumbuhan industri di suatu kawasan atau daerah
  • Membantu meningkatkan upaya pembangunan industri dengan wawasan lingkungan
  • Mendorong berbagai kegiatan industri yang ada di kawasan tersebut

Anda harus tahu jika kawasan industri yang ada di Indonesia menjadi hal penting untuk keberlangsungan aktivitas industri yang lekat dengan masyarakat. Di setiap aktivitas kegiatan yang dilakukan masyarakat tentunya membutuhkan pemenuhan untuk berbagai barang supaya aktivitas bisa berlangsung secara lancar. Seiring dengan perkembangan dan peningkatan menjadikan kawasan industri juga semakin berkembang dan membutuhkan proses keberlangsungan untuk aktivitas produksi. Tak heran jika ada beberapa cara untuk mengembangkan kawasan industri.

Seiring dengan banyaknya permintaan untuk berbagai kebutuhan yang ada di masyarakat, tentunya membuat banyak para pelaku usaha juga membutuhkan suatu tempat atau lokasi untuk aktivitas produksi dalam memenuhi kebutuhan pokok untuk masyarakat. Untuk memberikan solusi tersebut, para pelaku bisnis atau usaha dan pemerintah sudah membuat area atau kawasan yang berfokus untuk proses produksi massal untuk berbagai kebutuhan tersebut.  

Kawasan industri biasanya sudah banyak bangunan yang memang dibuat khusus untuk proses arus logistic ataupun distribusi untuk berbagai kebutuhan pokok melalui aktivitas pengiriman barang tersebut. Sebut saja untuk berbagai jenis bangungan seperti gudang, pabrik, ataupun warehouse hingga kantor yang bisa menunjang proses operasional. Tak heran jika anda melewati kawasan industrial, anda akan melihat banyak gedung dan pabrik yang tersebar di area tersebut. Anda juga bisa memilih Kontraktor Konstruksi Industri Karawang terbaik di sana.

Dari hal tersebut, kawasan industri memiliki peran penting, tak hanya untuk sektor memenuhi kebutuhan pokok ataupun distribusi barang saja, namun mempunyai peran untuk roda perekonomian di daerah tersebut sampai memberikan kontribusi untuk perekonomian nasional. Adanya kawasan industri di tengah-tengah kehidupan masyarakat  bisa menjadi sebuah lokasi yang bisa memproduksi berbagai barang kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

PRINSIP-PRINSIP DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN INDUSTRI

Anda harus tahu jika pengembangan kawasan industri sudah diatur di dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 35 di th 2010, anda harus memperhatikan beberapa prinsip dasar yang harus diterapkan.

Untuk pemilihan, penataan dan proses menggunakan lahan untuk kebutuhan kawasan industri juga harus sesuai standar dan mengacu pada ketentuan yang sudah ditetapkan Rencana Tata Ruang Wilayah Kota atau Kabupaten di mana area tersebut berada. Untuk kesesuaian tata ruang juga menjadi dasar pokok untuk proses pengembangan kawasan industri untuk menjamin kepastian dalam proses pelaksanaan pembangunan, sehingga nantinya tak ada masalah di kemudian hari karena sudah sesuai standar yang ditentukan.

Adanya prasarana dan sarana pengembangan di dalam kawasan industri harus mempunyai sarana dan prasarana yang sesuai dan memadai untuk memfasilitasi masyarakat dan pekerja. Oleh karena itu, jika ingin mengembangkan area atau kawasan industri harus menimbang beberapa faktor terkait sarana dan prasarana. Anda bisa dapatkan informasi tersebut di artikel kali ini.

TERDAPAT AKSES JALAN YANG MEMADAI

Harus ada akses jalan yang bisa memenuhi kebutuhan transportasi dan kelancarannya untuk kegiatan industri.  Ada pula ketersediaan energi atau listrik yang dapat memenuhi kebutuhan berbagai aktivitas industry baik dari segi kualitas, ketersediaan, kuantitas dan kepastian dalam pasokan.

TERDAPAT SUMBER AIR

Seperti yang kita tahu jika sumber air yang dipakai sebagai air baku industri dapat bersumber dari PDAM, air permukaan, air tanah, dll.

TERDAPAT JARINGAN KOMUNIKASI

Seperti yang kita tahu jika adanya telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan pokok untuk berkomunikasi. Adanya fasilitas penunjang seperti unit pemadam kebakaran, kantor pengelola, bank, kantor pos, dll juga bisa digunakan sebagai sarana penunjang yang sesuai berdasarkan kebutuhan masing-masing.

RAMAH LINGKUNGAN

Untuk pengembangan kawasan industri, lebih baik jika bagian pengelola kawasan industri tersebut bisa melakukan pengendalian dan pengelolaan lingkungan berdasarkan aturan atau undang-undang yang berlaku. Kawasan industri wajib mempunyai semua dokumen terkait AMDAL/ Analisis Mengenai Dampak Lingkungan seperti adanya kajian terkait dampak kegiatan tertentu terhadap lingkungan hidup yang membutuhkan proses mengambil keputusan terkait penyelenggaraan usaha. AMDAL juga menjadi sebuah perangkat kebijakan yang harus disiapkan pihak perusahaan untuk mengurangi adanya dampak lingkungan suatu kegiatan dari awal tahap perencanaan, jika tidak sesuai dengan gerakan dukung lingkungan, maka keputusan tersebut seharusnya diubah menjadi lebih baik lagi.

BEBERAPA FUNGSI AMDAL SEBAGAI BERIKUT:

  • Memberikan pedoman sebagai upaya pengendalian, pencegahan, dan monitoring adanya dampak tertentu pada lingkungan hidup.
  • Memberikan masukan untuk mengambil keputusan terbaik
  • Menyediakan informasi dan data untuk perencanaan pembangunan tertentu di suatu area atau wilayah

BEBERAPA MANFAAT AMDAL SEBAGAI BERIKUT:

  • Menghemat adanya penggunaan sumber daya alam
  • Mengetahui adanya dampak positif dan negatif akibat aktivitas tertentu lebih awal
  • Dapat menjamin aspek keberlanjutan untuk proyek pembangunan tertentu
  • Memberikan kemudahan untuk mendapatkan kredit bank

LEBIH EFISIEN

Efisiensi menjadi salah satu landasan utama dalam mengembangkan kawasan industri. Untuk pengguna biasanya mendapatkan area atau lokasi tertentu untuk kegiatan industri yang sudah ditata dengan baik. Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan seperti perijinan, adanya sarana dan prasarana, dll. Untuk pemerintah daerah sendiri juga menjadi lebih efisien untuk merencanakan pembangunan terkait prasarana yang bisa mendukung kawasan industrial tersebut.

ADANYA KENYAMANAN DAN KEAMANAN DALAM BISNIS

Kondisi keamanan yang stabil adalah salah satu hal penting untuk keberlangsungan kegiatan yang ada di kawasan industrial. Tak heran jika pelaku usaha atau bisnis membutuhkan jaminan terkait keamanan dan kenyamanan seperti tindakan anarkis, gangguan ketertiban, dll. Kawasan industrial tersebut seharusnya bisa melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah tersebut. Jika merasa perlu, pemerintah mungkin bisa memberikan ketetapan agar kawasan industri tersebut mendapatkan perlakuan khusus faktor keselamatan yang menjadi aspek yang tidak bisa disepelekan. Harus ada beberapa hal terkait keselamatan yang tidak bisa dilewatkan, seperti adanya K3L dan menerapkan prinsip keselamatan kerja yang sudah ditetapkan. Jika anda membutuhkan jasa konstruksi di kawasan karawang, ataupun kawasan industrial, anda bisa langsung hubungi Kontraktor Konstruksi Industri Karawang seperti PT Nikifour Karawang yang menyediakan solusi terbaik untuk masalah konstruksi, seperti penyediaan gudang atau bagunan di kawasan industry tersebut.

Sekarang ini, sudah banyak jasa kontraktor dan anda bisa menemukannya dengan mudah, terlebih lagi jika anda berada di kawasan industri. Namun jasa konstruksi yang kompeten tidak mudah didapatkan dan harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Anda bisa pertimbangkan beberapa hal di bawah ini sebelum menentukan mana jasa Kontraktor Konstruksi Industri Karawang yang akan anda ajak bekerja sama. Hal utama yang harus anda perhatikan adalah mulai dari keahlian penyedia jasa kontraktor dan berapa lama pengalamannya.

Persiapan untuk melakukan proses pembangunan untuk kebutuhan industri, misalnya saja ingin membangun gudang baru sebenarnya membutuhkan waktu lama karena ada banyak persiapan yang harus anda lakukan terlebih dahulu. Hal tersebut untuk menjamin bahwa tak ada pengeluaran darurat dalam jumlah banyak. Anda harus tahu jika anda banyak sekali kalangan yang kehabisan dana di tengah-tengah proses pembangunan karena suatu hal yang tidak dilakukan dengan hati-hati.

Sebelum anda memilih jasa konstruksi mana yang sesuai, akan lebih baik jika anda bertanya tentang masukan dan saran. Pastikan anda tidak hanya tergiur dengan harga murah saja. Anda harus bisa fokus dengan kualitas dan layanan yang mereka tawarkan karena hal tersebut bisa berpengaruh pada bagus atau tidaknya bangunan yang sudah anda rencanakan. Lalu anda juga bisa periksa portofolio mereka yang menjadi catatan dari pekerjaan mereka. Hal tersebut terkadang menjadi kendala jasa kontraktor yang biasanya tidak mempunyai banyak portofolio. Untuk jasa konstruksi yang resmi biasanya mereka sudah mempunyai banyak portofolio di website resminya.

Anda bisa juga pertimbangkan lokasinya. Jika anda tertarik untuk membangun di kawasan industri seperti karawang, akan lebih baik jika anda juga memilih Kontraktor Konstruksi Industri Karawang juga. Seperti PT Niki Four sebagai jasa konstruksi esmi dan bagus dengan berbagai portofolio yang disajikan di website resminya. 

SUMBER:

  1. https://kargo.tech/blog/bagaimana-cara-mengembangkan-kawasan-industri-dengan-sektor-logistik-di-indonesia/ 
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Kawasan_industri 
  3. http://iap-sumut.org/post/prinsipprinsip-pengembangan-kawasan-industri 
  4. https://nikifour.co.id/page/2/?s=kawasan+industri 
  5. https://pp-presisi.co.id/tips-memilih-jasa-konstruksi-yang-baik-dan-benar 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.