Mengecat Rumah Menyambut Lebaran Agar Tampil Kinclong

Posted by purnosidi
on 06/05/2015
Mengecat Rumah Menyambut Lebaran

Bagaimana cara dan adakah tips mengecat rumah menyambut lebaran? Menjelang lebaran, bukan hanya baju yang harus disiapkan. Budaya memperbaiki dan mengecat ulang rumah adalah kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Tidak heran jika tepat pada hari raya, bukan hanya baju yang baru melainkan rumah juga memiliki tampilan yang baru.

Sayangnya diantara rumah yang memiliki tampilan baru tersebut tidak semua memiliki tampilan yang elegan. Akibat tidak mengetahui tips mengecat rumah untuk menyambut lebaran dengan tepat, tampilan rumah justru kelihatan norak dan tidak nyaman dilihat.

Persiapan Mengecat Rumah Menyambut Lebaran

Mengubah penampilan rumah dengan cara mengecat tidak bisa dilakukan pada tampilan eksterior saja. Tampilan interior juga harus menjadi pertimbangan untuk menerapkan warna-warna cat yang akan mengubah penampilan rumah Anda. Karena itu sangat dianjurkan untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini sebelum mengecat rumah Anda menjelang lebaran:

Rumah adalah unity atau sebuah kesatuan.

Meskipun memiliki banyak ruang dengan fungsi yang berbeda-beda, Anda tidak boleh memisahkan masing-masing ruang begitu saja.

Sehingga saat mengecat rumah Anda, pilih sebuah skema warna keseluruhan yang akan menentukan ciri khas rumah Anda yang tidak bertentangan dengan masing-masing ruang dalam rumah Anda.

Fungsi ruangan harus menjadi pertimbangan Anda saat mengecat rumah.

Beberapa warna tertentu sesuai untuk ruangan keluarga. Sementara warna-warna lainnya tidak sesuai untuk ruang makan. Anda harus jeli memilah warna-warna ini untuk rumah Anda.

Tren warna yang populer

Mengabaikan tren warna adalah sebuah kesalahan. Mengikuti tren bukan berarti akan membuat rumah Anda sama dengan rumah milik orang lain.

Anda boleh melakukan kreasi warna sebanyak mungkin dengan beberapa macam tren warna yang ada sehingga rumah Anda tetap unik tidak sama dengan lainnya.

Tips Mengecat Rumah

Jika Anda sudah memiliki pertimbangan yang matang sebelum mengecat rumah Anda menjelang lebaran, kini saatnya melakukan semua perhitungan Anda pada rumah yang akan Anda ubah tampilannya. Untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pengecatan rumah Anda, berikut adalah beberapa tips mengecat rumah untuk menyambut lebaran:

  • Warna atap yang dipakai rumah harus menjadi penentu cat untuk dinding rumah Anda.
  • Jika atap rumah Anda netral seperti abu-abu, Anda bisa menggunakan cat apa saja untuk dinding rumah.
  • Sebaliknya, Anda tidak bisa menggunakan cat dinding seenaknya jika atap rumah Anda memiliki warna coklat atau bahkan merah.
  • Anda harus menentukan pilihan cat yang tepat untuk dinding rumah sehingga tidak bertabrakan dengan atap.
  • Tentu tidak menarik melihat rumah yang tidak serasi dalam memilih cat dinding dan atapnya.
  • Penggunaan warna interior rumah juga harus menjadi patokan Anda saat melakukan pengecatan pada dinding rumah.
  • Jika warna interior Anda adalah netral, maka penggunaan cat apapun akan sesuai untuk dinding rumah Anda. Sedikit menjadi masalah jika interior rumah Anda tidak netral, cenderung gelap seperti biru.
  • Untuk nuansa biru interior Anda, menggunakan cat warna lebih muda seperti abu-abu muda sangat sesuai untuk dinding rumah Anda.
  • Sesuaikan dengan konsep rumah yang Anda inginkan.
  • Jika Anda memilih cat sembarangan, konsep rumah yang ingin Anda bangun tentunya tidak akan terwujud. Bisa jadi konsep rumah Anda justru lain dengan tampilannya.
  • Karena itu sebelum melakukan pengecatan, pikirkan warna yang tepat untuk menunjukkan konsep rumah yang hendak Anda bangun.
  • Jika Anda termasuk orang yang sangat tergla-gila pada konsep rumah minimalis, maka sesuaikan cat yang Anda gunakan dengan kesan minimalis yang dapat ditonjolkan oleh warna cat tertentu seperti merah atau orange.

Jadi itulah beberapa tips langkah tepat mengecat rumah menyambut lebaran.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : +62816627452 | +62817627452 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id