Memilih Bata Konstruksi Bangunan Hebel Batako atau Bata Merah

Posted by purnosidi
on 13/01/2016

Bingung ketika harus memilih bata konstruksi bangunan hebel batako atau bata merah? Nikifour kontraktor terbaik akan membantu Anda untuk menentukan sekaligus membantu guna menyediakan kebutuhan bata sebelum Anda melakukan pembangunan gedung. Mengapa dalam hal ini Anda membutuhkan pendampingan? Bukankah dapat langsung dipercayakan pada para tukang yang Anda sewa?

Memilih Bata Konstruksi Bangunan

Bukan hal yang mudah untuk mengetahui penggunaan tepat sekaligus penyediaan bata merah, bata ringan atau batako. Terutama sekarang ini perkembangan teknologi bidang rekayasa sipil dan bangunan sudah berhasil menemukan bahan-bahan bangunan baru yang terus menerus bermunculan. Ada begitu banyak inovasi yang dihadirkan dalam dunia konstruksi, termasuk di dalam rancangan bangun hingga ketersediaan barang.

Sehingga khusus bahan yang digunakan sebagai pengisi dinding bangunan sekarang ini terbagi menjadi beragam pilihan material dinding rumah. Mulai dari bata merah, bata beton ringan dan batako press. Dimana masing-masing memiliki kekurangan maupun kelebihannya sendiri. Tidak hanya berbeda dalam segi kualitas maupun ukuran, namun sebenarnya diantara ketiga jenis di atas juga memberikan kesan berbeda dari segi kenyamanan hingga biaya. Oleh karena itu Anda butuh ahli layaknya Nikifour untuk menjatuhkan pilihan dan memudahkan Anda dalam mencari ketersediaan bahan bangunan ini.

Bata merah

Untuk bahan pengisi dinding yang satu ini sudah sangat umum dalam berbagai macam gedung atau bangunan sejak jaman dahulu. Hingga sekarang ini bahan bangunan yang dibuat secara sangat tradisional ini masih banyak digunakan oleh masyarakat. Sekalipun masyarakat sendiri mengetahui banyaknya teknologi terbaru melalui batako press, bata ringan dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan bahan merah sudah teruji kemampuannya, selain itu untuk mendapatkan material yang satu ini juga bukan faktor yang sulit.

Karena umumnya tanah yang digunakan untuk membuat bata merah bukanlah sembarang tanah, maka tidak heran jika bangunan yang dinginnya menggunakan bahan material batu merah lebih merasa nyaman sekaligus sejuk. Tentunya selain itu sangat kokoh sehingga sangat jarang terjadi keretakan dinding bata merah.

Batako Press (Batako Semen PC)

Material dinding yang menggunakan jenis batako ini biasanya dibuat menggunakan campuran pasir kasar dan semen yang kemudian dicetak ataupun di press. Namun ada juga yang memilih untuk menggunakan kapur, batu tras dan juga air. Bahkan sekarang ini juga banyak beredar adanya batako hasil pencampuran pasir, semen dan batubara.

Dengan berbagai bahan yang digunakan untuk membuat, batako ini memiliki kelemahan yang sangat jelas yakni terletak pada kekuatannya yang lebih rendah dibandingkan dengan kekuatan bata merah. Sehingga bangunan dengan material batako press rawan mengalami retak dinding, terlebih lagi ketika bagian kosong yang ada sebelumnya tidak terlebih dahulu diisi adukan spesi. Bangunan yang menggunakan batako press umumnya juga menjadikan bangunan terasa lebih hangat, namun terkadang cenderung panas dan pengap.

Hebel (bata ringan)

Hebel atau bata ringan dibuat menggunakan mesin pabrik. Jenis bata yang satu ini cukup halus, ringan sekaligus memiliki tingkat kerataan yang menjanjikan. Bata ringan sengaja diciptakan guna memperingan beban suatu struktur dari bangunan konstruksi, meminimalisir sisa-sisa material, mempercepat pelaksanaan proyek dan lain sebagainya yang terjadi ketika proses guna pemasangan dinding sedang berlangsung.

Namun apakah bata ringan atau hebel ini sudah tepat digunakan oleh masyarakat? Tentu saja dengan tujuan menggantikan keberadaan dari bata merah. Dengan tidak melupakan mengenai tingkat efisiensi maupun biaya yang harus dikeluarkan. Untuk lebih jauhnya mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan material bangunan semacam ini memang lebih baik menghubungi Nikifour kontraktor terbaik.

Demikianlah sedikit tips dalam memilih bata konstruksi bangunan.

About The Author: purnosidi

I'm a blogger and an engineering worker purnosidi@nikifour.co.id, mobile : 0819232252 Informasi tentang kami : Jl. Proklamasi No. 241, Jati Ilir II rt.01 rw.06 Kel. Tunggak – Jati Kec. Karawang Barat Kab. Karawang – Jawa Barat 41351 Telp. ( 0267 ) 8632104, Fax. ( 0267 ) 8451587 E-mail : nf@nikifour.co.id www. nikifour.co.id